Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Memperbaiki TV LED Gambar Gelap Suara Normal

Untuk memperbaiki TV LED gambar gelap tentunya kita harus mengetahui maksud gelap itu seperti apa, bisa saja backlight atau lampu belakang benar benar tidak menyala atau menyala namun hanya menampilkan dominan warna hitam saja sehingga gambar tidak nampak namun suara normal.

Kasus kerusakan semacam ini yaitu TV LED tidak ada gambar biasanya menyerang TV LED merek toshiba, samsung, LG dan sharp yang sebenarnya penyebab kerusakan ini tidak jauh berbeda dan pada umumnya lampu backlight yang mati dan harus diganti.

Tetapi bukan hanya rusak pada lampu backlight saja, ada penyebab lain yang harus Anda ketahui, didalam artikel ini Anda akan segera mengetahui bagaimana cara memperbaiki TV LED gambar geap suara normal, beserta penyebabnya agar pengetahuan Anda mengenai elektronik terutama rangkaian televisi menjadi lebih matang.

Cara Memperbaiki TV LED Gambar Gelap Suara Normal


Sebelumnya Anda harus mengenal kenapa bisa terjadi kerusakan seperti ini, untuk penyebabnya hanya 3 saja, kemungkinan bisa lebih namun ini yang sering sekali terjadi, diantaranya adalah:

  • Lampu Backlight Mati
  • Kerusakan IC dibagian modul Tcon
  • Kerusakan Software.

Lampu Backlight Mati


Kenapa lampu backlight bisa mati? apakah itu short semua? Anda harus tahu, dibalik layar tv led Anda ada beberapa lampu LED yang berfungsi untuk memberi cahaya kepada panel agar gambar terlihat, jika salah satu lampu led putus maka semuanya tidak akan menyala, jadi Anda tidak perlu mengganti satu set backlight.

Untuk mengeceknya terlebih dahulu Anda harus memeriksa tegangan DC untuk menyuplai kepada panel LED, pada tv merek samsung, biasanya tegangan suplai untuk panel LED akan dihasilkan oleh  rangkaian bernama Boost Converter yang dapat menghasilkan tegangan DC kurang lebih sebesar 135V , fungsi utama dari rangkaian ini yaitu untuk menaikkan tegangan DC menjadi lebih tinggi.

Tegangan sebesar 135V tersebut bertujuan untuk mensuplai kurang lebih 45 lampu led backlight yang dirangkai secara seri, jadi inilah alasan kenapa jika ada satu lampu yang putus maka semuanya akan mati, itu karena dirangkai secara seri.

Untuk mengukur tegangan 135V tersebut Anda bisa menggunakan AVO meter manual ataupun digital melalui dua kaki elektroda eco filter tegangan tersebut, yaitu C9801 (22uF/250V) untuk mengukurnya terlebih dahulu Anda harus mengatur AVO meter ke angka DCV250.

Rusaknya rangkaian lampu LED bisa ditandai jika tegangan yang Anda ukur tadi menunjukan angka sekitar 230V, karena angka sebesar itu bisa terukur karena tegangan yang dikeluarkan oleh rangkaian bernama Buck- Converter tanpa terbebani.

Jika sudah dipastikan lampu LEDnya yang bermasalah, maka Anda harus segera membongkar TV tersebut, letak lampu LED tentunya ada dibelakang panel, jadi ketika membongkar Anda harus sangat berhati hati, jangan sampai merusak panel, jika sudah rusak tidak akan bisa diperbaiki kecuali diganti dengan yang baru dan harganya pun tidak murah.

TV LED Gambar Gelap Suara Normal

Kalau Anda sudah membongkar panel akan terlihat seperti gambar diatas, selanjutnya Anda harus mengukur lampu led satu persatu sampai menemukan yang putus (short) untuk cara mengeceknya tidaklah sulit, Anda akan segera paham ketika melihat gambar dibawah ini:

TV LED Gambar Gelap Suara Normal

Untuk mengganti bagian yang mati tidak harus diganti satu set, tetapi Anda bisa mengganti bagian yang mati saja, caranya adalah dengan membuang lampu led yang mati dan diganti dengan yang baru, disarankan diganti dengan tipe yang sesuai, namun jika ukurannya tidak jauh beda, Anda bisa mengganti dengan LED berbeda tipe.

Sebelum dipasang kembali, jangan lupa untuk mengetes apakah lampu menyala atau tidak, ketika pengetesan jangan lupa untuk memperhatikan apakah ada lampu yang redup atau tidak, jika ada kemungkinan lampu tersebut umurnya tidak panjang lagi, dan saya sarankan untuk diganti.

Kerusakan IC Dibagian Modul Tcon


TV LED gambar gelap juga bisa karena ada bagian IC yang short, Anda bisa mengeceknya dengan menyentuh bagian IC dekat modul Tcon, biasanya jika IC itu bermasalah ketika disentuh akan terasa panas, bahkan panas sekali, jika iya dipastikan Anda harus mengganti IC tersebut yang tentunya memiliki tipe yang sama, Anda bisa mencari spartpart di toko online atau mungkin toko offline langganan Anda.

Kerusakan Software

Saya pernah mendapatkan servisan TV yang memiliki keluhan layar gelap namun led standby menyala, tv led tersebut bermerek Sharp Aquos 24 Inchi, setelah ditelusuri, ternyata kerusakannya bukan dari hardware melainkan masalah pada software (perangkat lunak) yang bermasalah.

Untuk memperbaikinya Anda harus segera flash tv tersebut menggunakan firmware yang baru dan cocok untuk tipe tv led Anda, jika kerusakan dan merek tvnya sama, Anda bisa membaca artikel sebeumnya:

Baca Juga:




Itulah beberapa penyebab dan langkah untuk memperbaiki tv led gambar gelap suara ada alias normal, saya harap setelah Anda mengikuti tutorial pada blog ini permasalah layar tv led gelap segera bisa ditangani, jangan ketinggalan artikel mengenai tutorial memperbaiki TV disini.
Tengku Khamzah Fauzi
Tengku Khamzah Fauzi I'm passionate about Tech, Electronics, How-to-Guides, and I'm thrilled to have you here.
Gabung Forum Teknisi Indonesia Sekarang! Klik Tombol "Gabung" untuk saling berbagi pengalaman dengan Teknisi Indonesia.