Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Servis TV Berbagai Macam Kerusakan (Dari A-Z)

Anda tidak perlu membeli buku panduan mengenai cara servis TV, karena saya sudah menyediakan beberapa kerusakan yang sering terjadi dan solusi untuk memperbaikinya, jadi Anda harus sudah mengetahui dasar dasarnya terlebih dahulu.

Beberapa alasan seseorang mencari artikel seperti ini yaitu cara servis tv adalah karena banyak yang ingin belajar mengenai elektronik salah satunya adalah televisi, apalagi kita seorang lelaki yang menurut saya harus mengetahui tentang elektronik walaupun tidak terlalu mendalam, termasuk cara memperbaiki tv.


Jika dilihat, sekarang semakin banyak orang yang menggunakan televisi dan semakin banyak juga merk merk baru yang mengeluarkan produk elektronik ini, karena memiliki manfaat yang besar, kita bisa memperoleh informasi terbaru melalui televisi, oleh karena itu keahlian untuk memperbaiki TV perlu kita ketahui agar tidak selalu bergantung kepada orang lain yang mungkin lebih paham mengenai ini.

Oke langsung saja, pada artikel kali ini saya tidak akan menjelaskan semuanya didalam satu artikel tetapi sebelumnya saya sudah membuat beberapa artikel megenai televisi yang masing masing kerusakan dan cara memperbaikinya berbeda beda, jadi disini akan saya cantumkan daftar linknya saja yang bisa langsung Anda baca.

Panduan Cara Servis TV Dari A-Z


Cara Servis TV

Dibawah ini akan saya bagi sesuai merk tv, jenis tv yaitu tabung led dan lcd juga akan saya deskripsikan untuk setiap artikelnya, jadi saya akan membuat artikel didalam artikel atau saya hanya memberikan linknya saja, tidak menjelaskan semuanya dalam 1 artikel ini, apa Anda paham maksud saya?

1. Mengenal Penyebab Dan Cara Memperbaiki TV Mati Total


Yang pertama, jika Anda ingin belajar memperbaiki TV maka harus mengetahui langkah apa yang harus dilakukan jika mendapatkan orderan tv yang mati total, mungkin bagi pemula akan menggap kerusakan semacam ini sulit diperbaiki, namun faktanya tidak seperti itu, bahkan ada kerusakan tv yang bukan mati total (masih hidup) tetapi lebih sulit dari permasalahan yang pertama ini.

Sebelumnya saya sudah menyediakan artikel mengenai masalah TV mati total dan hal yang harus Anda lakukan, untuk mengetahui lebih jelas tentang artikel 1 ini, silakan klik link TV mati total.

2. Cara Membuka Televisi Yang Terkunci (Semua Merk)


Kerusakan seperti ini umumnya sering terjadi pada televisi jenis led dan lcd, namun tidak jarang tv tabung juga mengalami kasus yang sama, umumnya tv yang terkunci bisa karena salah menekan tombol pada remote dan juga bisa karena ada komponen hardware yang rusak.

Permasalahan Bab 2 ini masih tergolong mudah untuk diperbaiki, untuk info lebih jelasnya silakan langsung menuju ke membuka tv yang terkunci.

3. Panduan Memperbaiki TV Tidak Ada Suara


Suara adalah salah satu hal penting pada rangkaian elektronik televisi, karena fungsinya adalah menyajikan gambar dan audio, jika audio tidak berfungsi maka akan membuat televisi Anda tidak berguna, kecuali Anda menggunakan komponen pihak ketiga seperti speaker active.

Untuk memperbaiki tv tidak ada suara, Anda bisa langsung membaca artikel berikut ini.

4. Solusi TV LED Gambar Gelap Suara Normal


Pembahasan keempat ini lebih mengutamakan TV led, karena sekarang hampir semua orang menggunakan televisi jenis ini, bahkan pengguna tv tabung tidak sedikit yang beralih menggunakan Led karena teknologinya yang lebih canggih dan juga tampilan minimalis, tidak berat jika dibawa kemana mana.

Jika Anda menemukan kasus tv led gambar tidak muncul namun suara tetap ada, kerusakan seperti ini disebabkan karena beberapa hal, bisa karena IC dekat tcon rusak, backlight mati atau kerusakan software yang mengharuskan And update firmware (baca pembahasan 5), untuk lebih lengkapnya baca solusi tv led gambar gelap.

5. Cara Update Firmaware TV Sharp


Pembahasan ini khusus untuk televisi yang mengalami kerusakan pada software (perangkat lunak) bukan hardware (perangkat keras) sebenarnya pembahasan ini tidak hanya berfokus pada merk tv sharp saja, tetapi Anda juga bisa menerapkan untuk merk lain seperti samsung, toshiba, tcl dan merk lainnya karena metode yang tidak terlalu beda.

Sekilas informasi, update firmware adalah menginstall ulang sistem yang sudah tertanam pada IC memori televisi, biasanya tanda tv harus diflash adalah lampu standby menyala namun gambar dan suara tidak ada, baca panduan lengkapnya disini.

6. Mengenal Apa Itu Flyback Dan Ciri Ciri Kerusakannya


Flyback adalah salah satu komponen penting pada sebuah televisi, bisa diibaratkan sebagai jantungnya mesin TV, karena jika flyback rusak biasanya akan merambat kekomponen lain, untuk itu Anda diharuskan mengetahui fungsi dan ciri ciri kerusakan pada komponen ini agar ketika servis TV Anda sudah paham, baca ciri ciri kerusakan flyback.

7. TV Led LG Tidak Ada Gambar


Pembahasan yang ketuju berfokus pada televisi merk LG, dimana banyak orang yang menggunakannya karena dikenal dengan kualitas dan harga yang murah, ada beberapa penyebab kenapa gambar tidak muncul pada tv lg, agar Anda lebih paham silakan simak artikel ini.

8. Panduan Memperbaiki TV Bergaris Horizontal


Sering sekali mendapatkan orderan servis tv dengan gejala muncul garis ditengah layar, baik itu horizontal ataupun vertikal, pasti Anda akan kebingungan memperbaiki kasus seperti ini jika belum membaca artikel cara memperbaiki tv rusak horizontal.

9. TV Bergaris Vertikal


Tidak jauh berbeda dengan panduan sebelumnya, jika Anda adalah seorang teknisi pemula yang baru memulai memperbaiki TV, pasti akan menemukan salah satu kerusakan dengan tanda garis vertikal pada panel, penyebab dan cara memperbaikinya, sudah kami bahas diartikel sebelumnya.

10. Penyebab TV Gambarnya Setengah


Ini adalah masalah yang bisa dibilang sering terjadi, dan untuk memperbaikinya cukup membutuhkan kesabaran dan ketelitian, karena penyebab kerusakan ini bervariasi, silakan baca tv gambarnya setengah.

Penutup


Saya rasa Anda perlu mempelajari pembahasan diatas, karena walaupun hanya 8 tetapi tidak cukup waktu singkat untuk memahami setiap pembahasannya, jadi saya sarankan Anda untuk mempelajari secara bertahap dan pastikan benar benar paham setiap pembahasan sebelum lanjut ke pembahasan yang lainnya, jika ada pertanyaan silakan hubungi saya via email dimenu kontak bawah.

Itulah beberapa panduan cara servis TV, semoga artikel yang saya buat ini membawa manfaat bagi Anda dan pembaca lainnya, atas kunjungannya saya ucapkan terimakasih...
Tengku Khamzah Fauzi
Tengku Khamzah Fauzi I'm passionate about Tech, Electronics, How-to-Guides, and I'm thrilled to have you here.
Gabung Forum Teknisi Indonesia Sekarang! Klik Tombol "Gabung" untuk saling berbagi pengalaman dengan Teknisi Indonesia.