Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ciri Ciri Flyback TV Rusak Dan Gejala Yang Ditimbulkan

Salah satu komponen penting pada mesin tv adalah Flyback yang memiiki fungsi untuk menekan tegangan agar layar dapat menampilkan gambar, ada beberapa ciri ciri flyback rusak pada tv yang mungkin belum Anda ketahui dan harus Anda ketahui, adapun gejala yang ditimbulkannya, pada artikel kali ini saya akan membahas tema tersebut.

Kerusakan flyback tv adalah salah satu hal yang cukup sulit untuk diperbaiki, yang membuat sulitnya adalah terkadang kita tidak tahu bahwa kerusakan tersebut adalah karena flyback yang bermasalah, ntah itu bocor atau yang lainnya, jadi banyak yang menunda pekerjaan karena memang belum mengetahui penyebab pastinya.


Menurut saya, jika Anda adalah seorang teknisi sangat wajib mengetahui ciri ciri kerusakan komponen tv salah satunya flyback agar Anda tidak kebingungan ketika ingin memperbaiki televisi dan sekaligus belajar lebih dalam lagi agar bisa menjadi teknisi yang handal.

Oke pada kesempatan kali ini saya akan memberikan beberapa ciri ciri flyback rusak yang perlu Anda ketahui, ternyata ada banyak ciri dan gejala yang mungkin masih sedikit yang mengetahuinya, untuk informasi lebih jelasnya silakan baca artikel ini sampai selesai.

Ciri Ciri Flyback Rusak Dan Gejalanya


ciri ciri flyback rusak

Dibawah ini akan ada beberapa ciri yang gejalanya juga bervariasi, mungkin Anda pernah menemukan permasahan yang persis seperti ciri dibawah yang berarti penyebabnya adalah kerusakan pada flyback TV.

1. Tegangan Naik Turun


Yang pertama, jika Anda pernah menemukan kasus TV yang tegangannya naik turun atau fokus pada flyback tidak berfungsi itu berarti FBT memang rusak, Anda bisa dengan mudah melihat kerusakan ini yang ditandai dengan gambar pada layar tv terkadang fokus dan terkadang blur dengan sendirinya  ketika tv dalam posisi menyala.

Bukan rahasia umum lagi, melalui flyback kita bisa mengatur fokus gambar yang tampil pada layar tv, dan juga tingkat kecerahan layar, jadi jika tv terkadang fokus dan terkadang tidak atau berubah ubah dengan sendirinya berarti ini termasuk ciri cirinya.

2. Gulungan Kawat Short Atau Terbakar


Pada rangkaian flyback terdapat sebuah gulungan kawat, sudah banyak teknisi yang memperbaiki persamalahan seperti ini,, kerusakannya ditandai dengan lilitan kawat yang terbakar karena short (konslet), tanda yang paling jelas biasanya akan ada retakan dibagian body flyback dan tidak jarang mengeluarkan lelehan benda berwarna kuning.

3. Kebocoran Tegangan Tinggi


Ketika tv dinyalakan dan posisi flyback masih terpasang, terlihat jelas akan ada semburan seperti api berwarna biru dan mengeluarkan suara yang cukup nyaring seperti konsleting listrik, jika Anda mengalami permasalahan ini lebih baik mencabut tv dan jangan terus dicolokkan karena kemungkinan besar akan merambat ke komponen lainnya yang masih dekat dengan flyback.

Awalnya kerusakan seperti ini hanya ditandai dengan mengeluarkan bunyi saja dan belum sampai menyemburkan listrik tegangan tinggi, kerusakan ini sering disebut flyback bocor, jika kebocoran itu dari body, maka mau tidak mau Anda harus mengganti flyback dengan yang baru karena tidak bisa dengan cara yang lain lagi.

4. Kebocoran Pada  Kabel Tegangan Tinggi


Jika Anda menemukan kabel tegangan tinggi yang terbakar atau bahkan sampai terkelupas itu berarti salah satu ciri ciri flyback rusak dan kasus yang satu ini sering juga terjadi, penyebab kenapa kabel terbakar bisa karena sudah terlalu lama sehingga kualitas menurun atau karena terlalu sering menerima tegangan yang tinggi.

Masalah ini juga termasuk serius dan harus segera ditangani, jika semakin parah biasanya akan ditandai dengan kabel yang terkelupas dan ketika dalam keadaan gelap akan terlihat percikan api dari tengan tinggi yang keluar disertai dengan suara nyaring.

5. Tegangan Tinggi Anoda Konslet (Short)


Kerusakan ini bisa terjadi karena terjadi kebocoran hubungan ketika diukur antara kop dengan tegangan yang tinggi dan pin Ground atau ABL menggunakan multitester dengan ukuran skala X10.

Selain itu, gejala kerusakan seperti ini dapat menyebabkan tengan fokus dan screen tidak keluar atau tidak berfungsi walaupun Anda sudah mengatur pada flyback, dan tidak akan terjadi perubahan apapun, lalu terkadang akan terdengar suara bunyi pada flyback dan juga dapat menyebabkan tegangan B+ menjadi drop.

Setelah mengenal 5 ciri kerusakan seperti diatas, Anda juga harus mengetahui gejala umum yang sering terjadi jika flyback tv rusak, yaitu antara lain sebagai berikut:


  • Regulator atau power supplay biasanya akan mengeluarkan bunyi yang nyaring.
  • Terbakarnya resistor bagian ABL, jika parah akan ditandai dengan bekas terbakar yang bisa sampai benar benar hitam.
  • Transistor horizontal akan lebih panas dari biasanya dan tegangan B+ akan menurun (Drop) gejala ini akan terjadi jika flyback hanya setengah konslet saja, tidak full.
  • Kerusakan pada transistor horizontal dan ketika diganti akan selalu jebol kecuali Anda mengganti flybacknya terlebih dahulu.


Baca Juga:


Akhir Kata


Cukup sampai disini artikel yang bisa saya bagikan untuk Anda, semoga ciri ciri flyback rusak ini bermanfaat bagi Anda dan pembaca lainnya, jika artikel ini dirasa bermanfaat saya akan sangat berterimakasih jika Anda berkenan untuk membagikannya. ajukan pertanyaan langsung dan akan segera saya respon jika ada waktu luang, terimakasih...
Terakhir diperbarui: 19 Juli 2019.
Gabung Forum Teknisi Indonesia Sekarang! Klik Tombol "Gabung" untuk saling berbagi pengalaman dengan Teknisi Indonesia.

close