Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jenis Jenis Dioda Dan Fungsinya Yang Jarang Diketahui

Ketika kita ingin mengetahui lebih jelas tentang dunia elektronik tentunya terlebih dahulu harus memahami pengetahuan dasarnya, seperti pengertian dari setiap komponen, jenis, dan fungsinya, termasuk jenis jenis dioda dan fungsinya yang wajib Anda ketahui jika ingin lebih mengenal elektronik.

Sudah banyak komponen elektronik yang sering kita temukan pada setiap rangkaian yang berbeda beda, didalamnya terdapat banyak sekali alat yang memiliki fungsinya masing masing, pada artikel kali ini yang menjadi topik pembahasan adalah Dioda, pernahkah Anda mendengar kata tersebut? sudahkah Anda mengetahui pengertian dioda?


Apa Itu Dioda?


Pertanyaan ini wajib saya cantumkan disini, karena saya akan membahas semua apapun tentang komponen yang satu ini, mulai dari pengertian, jenis jenis dan fungsinya masing masing agar Anda paham dan tahu jika ingin mengganti komponen ini.

Menurut beberapa sumber yang sudah saya rangkum menjadi satu pengetian, dioda bisa diartikan salah satu komponen yang aktif dan bahannya juga terbuat dari bahan semikonduktor, perangkat ini terdiri dari dua elektroda yaitu Anoda dan Katoda, bagian ini tidak boleh tertukar ketika proses pemasangannya karena dapat menyebabkan kesalahan fungsi, atau hanya menambah kerusakan saja.

Pada umumnya dioda dibagi menjadi beberapa jenis dan versi yang berbeda beda, setiap jenis memiliki fungsi dan bentuk yang berbeda juga, singkatnya adalah:

  • Dioda zener
  • Dioda bridge
  • Dioda penyearah (receiver)
  • Dioda led
  • Dioda tunnel
  • Dioda varactor
  • Shootcky diode
  • Dan lain lain...

Simbol Anoda Dan Katoda


Diatas sebenarnya belum semua jenis saya sebutkan, kenyatannya dari setiap dioda yang sudah saya sebutkan diatas ada yang dibagi lagi, jadi pembagian ini masih cukup banyak dan saya akan jelaskan semuanya jika sanggup, jadi untuk mendapatkan info lebih jelasnya Anda bisa membaca artikel ini sampai selesai.

Sebelum melangkah ke pembahasan utama, saya rasa Anda juga harus mengetahui hal yang lainnya yang tentunya masih berkaitan dengan dioda, yaitu simbol, Yaps betul sekali! komponen ini memiliki simbol atau tanda tersendiri yang berfungsi untuk memberi tahu kita bagian mana yang Anoda dan bagian mana yang termasuk Katoda karena kedua simbol ini tidak boleh tertukar.

Simbol anoda dan katoda tersebut bisa diilustrasikan dengan gambar dibawah ini:

Jenis Jenis Dioda


Anda juga bisa mengakurkan skema diatas dengan dioda yang sudah Anda miliki (nyata) maka akan terlihat tanda dibagian sisi kanan dan sisi kiri, dimana tanda tersebut diberi nama katoda dan anoda atau (+) dan (-)

Setelah membaca tambahan diatas, sekarang lanjut lagi untuk mengetahui jenis jenis dioda dan fungsinya, jadi biar ilmu Anda tentang dioda tidak setengah setengah.

Tetapi sebelum itu jangan lupa juga untuk mengetahui bagaimana cara mengukur komponen itu, Anda tidak usah khawatir karena sebelumnya saya sudah membahas artikel mengenai tutorial mengukur dioda, berikut link artikelnya:

Baca Juga: Cara Mengukur Dioda Dengan Multitester

Jenis Jenis Dioda Lengkap


Dibawah ini akan diulas beberapa jenis dari komponen elektronik diode yang perlu Anda ketahui, apa sajakah itu?

1. Dioda Zener


Fungsi Dioda Zener

Menurut wikipedia, zener diode adalah komponen elektornik yang unik, karena dapat menyalurkan tegangan listrik ke arah yang berlawanan jika tegangan yang diterima  terlalu besar atau melampaui batas maksimal, Anda bisa dengan mudah menemukan jenis dioda yang satu ini pada beberapa barang elektronik, seperti mesin hp,dan biasanya dipasang untuk membuat tegangan stabil dan tidak berlebih, tanpa dioda zener mungkin setiap rangkaian elektronik tidak akan bisa berfungsi dengan baik.

Fungsi Dioda Zener



  • Sebagai penstabil tegangan listrik
  • Biasa digunakan sebagai pengatur tegangan baterai ataupun power supplay


2. Dioda Penyearah (Receiver Diode)


Fungsi Dioda Penyearah

Seperti nama panggilannya yaitu "penyearah" dioda jenis ini memang memiliki karakteristik sebagai penyearah arus  bolak balik atau tegangan yang fungsi utamanya adalah merubah tegangan arus listrik dari AC ke DC ataupun sebaliknya, jadi peran yang satu ini memang cukup penting, tidak sedikit rangkaian elektronik yang menggunakan dioda jenis ini.

Seperti yang sudah saya jelaskan diatas, dioda penyearah memiliki dua simbol yang masing masing memiliki fungsi yang berbeda juga, yaitu Anoda dan Katoda (baca kembali bagian atas)

Fungsi Dioda Penyearah


  • Menyearahkan dari arus AC menjadi arus DC, atau;
  • Mengubah tegangan dari arus bolak balik menjadi  arus searah (tegangan kecil)


3. Dioda Bridge


Fungsi Dioda Bridge

Sesuai dengan namanya, Bridge yang berasal dari bahasa inggris dan jika diartikan adalah "penghambat" yang merupakan gabungan dari empat buah dioda penyearah, Anda mungkin sering melihat komponen jenis ini pada rangkaian dekat dengan power supplay bukan? jenis yang satu ini termasuk yang sering ditemukan dan juga memang cukup berperan penting, selain itu juga Anda tidak perlu khawatir jika terjadi kerusakan pada komponen ini, karena Anda bisa membelinya dengan harga yang cukup murah dibanding dengan yang lain.

Fungsi Dioda Bridge


  • Sebagai penghambat tegangan listrik
  • Sebagai penyearah gelombang penuh


4. Dioda Varactor (Varicap)


Jenis Jenis Dioda Dan Fungsinya

Terkesan unik dan berbeda dari yang sebelumnya, jenis yang satu ini memiliki ciri khas khusus yaitu memiliki sikap yang berubah ubah, dalam artian akan menyesuaikan sesuai tegangan yang diterima, pada setiap rangkaian frekuensi pasti hampir semua dipasang dioda yang satu ini, karena memang cocok dengan rangkaian elektronik tersebut, selain itu juga tidak jarang ditemukan pada radio dan alat yang membutuhkan frekuensi lainnya.

Fungsi Dioda Varactor


  • Meningkatkan frekuensi pada rangkaian yang membutuhkannya
  • Sebagai variabel kapasitansi


5. Dioda Tunnel


Fungsi Dioda Tunnel

Hampir sama seperti yang lainnya, tunnel diode ini terbuat dari bahan semikonduktor yang dibuat dengan tujuan dapat memberikan daerah deplesi sehingga menjadi sempi, bahan semikonduktor untuk rangkaian ini dibuat dengan sambungan P dan juga N yang katanya memiliki berat 100 kali lebih besar dibanding dengan dioda yang lainnya.

Fungsi Dioda Tunnel


  • Berfungsi sebagai terowongan tegangan atau arus listrik
  • Dan juga dapat berfungsi dengan baik pada gelombang kecil atau micro


6. Dioda Emisi Cahaya


Jenis Jenis Dioda Dan Fungsinya

Sebutan lain dari yang satu ini adalah Dioda LED, mungkin Anda tidak asing dengan sebutan tersebut namun yang sebenarnya adalah Emisi Cahaya yang merupakan perangkat elektronik gabungan antara optik dan juga elektronik.

Bagian LED nya sendiri terbuat dari bahan Galium Arsenida yang dapat mememancarkan cazhay dengan warna yang bervariasi, cahaa yang sering digunakan adalah berwarna kuning, hijau dan terkadang merah.

Fungsi Dioda  Emisi Cahaya (LED)


  • Digunakan sebagai sensor
  • Dapat digunakan sebagai Alarm


7. Dioda Foto


Jenis Dioda

Yang terakhir mungkin masih asing ditelinga Anda, tetapi kenyataannya memang benar ada dioda yang bernama Foto, apakah sering digunakan pada rangkaian elektronik kamera? tidak juga, tetapi justru sering dimanfaatkan untuk sensor cahaya, uniknya jika dioda foto ini terkena pancaran cahaya maka nilai hambatan dalam foto dioda akan menjadi menurun sehingga arus tegangan listrik dapat dengan mudah melewati dioda fhoto tersebut.

Fungsi Dioda Foto


  • Mengubah cahaya menjadi arus listrik
  • Mendeteksi cahaya


Baca Juga:



Demikian artikel singkat mengenai jenis jenis dioda dan fungsinya yang sudah saya rangkum lengkap seperti diatas, segera bagikan artikel ini agar orang lain tahu dan mendapatkan ilmu lebih mengenai elektronik, terimaasih sudah berkunjung dan jangan lupa untuk membaca artikel menarik lainnya disini ya, sampai berkunjung kembali...
Tengku Khamzah Fauzi
Tengku Khamzah Fauzi I'm passionate about Tech, Electronics, How-to-Guides, and I'm thrilled to have you here.
Gabung Forum Teknisi Indonesia Sekarang! Klik Tombol "Gabung" untuk saling berbagi pengalaman dengan Teknisi Indonesia.