Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Memperbaiki TV Bergaris Horizontal Serta Mengenal Penyebabnya

TV Bergaris Horizontal - Bukan hanya TV tabung saja, permasalahan seperti ini juga bisa saja terjadi pada jenis TV terbaru yaitu Led dan Lcd, masalah TV bergaris ditengah atau horizontal sebenarnya sudah menjadi kerusakan umum bagi para teknisi, oleh karena itu tv yang rusak seperti ini mudah untuk di perbaiki dan biasanya selesai dalam kurun waktu yang lumayan cepat.


Penyebab TV bergaris ditengah adalah karena komponen vertikal mengalami kerusakan, dan jika muncul garis vertikal maka kerusakannya ada di komponen horizontal, tetapi Anda tidak boleh hanya berfokus pada satu objek saja, bisa jadi ada penyebab lainnya yang mungkin belum Anda ketahui.

Memperbaiki TV bergaris horizontal sebenarnya mudah, karena seperti yang Admin jelaskan sebelumnya kebanyakan para teknisi memang sudah mengetahui penyebabnya dan akan langsung mengganti dengan yang baru, tetapi tidak jarang juga mereka dibuat kebingungan karena ada penyebab lainnya yang belum diketahui.

Cara Memperbaiki TV Bergaris Horizontal


TV Bergaris Horizontal

Penyebab yang perlu Anda ketahui dan segera di periksa sebenarnya tidak banyak, pada umumnya komponen berikut yang menyebabkan layar tv bergaris ditengah:

  • IC Vertikal
  • Output Vertikal
  • Ocillator Vertikal

Ketiga komponen diatas wajib Anda cek dan jika diketahui mana yang rusak bisa segera Anda perbaiki dengan mengganti yang baru atau yang bekas asalkan masih berfungsi dengan baik dan mampiu bertahan lama agar pelanggan Anda tidak komplain.

Solusi Pertama


Yang pertama, Anda wajib untuk memeriksa bagian IC vertikal karena ini adalah bagian yang sangat rawan rusak dan akhirnya menimbulkan garis garis horizontal pada layar TV Anda, Letak IC vertikal pada umumnya dekat dengan Flyback, IC Croma dan regulator, jadi Anda juga harus berfokus dengan komponen yang dekat dan berhubungan dengan IC Vertikal.

Anda bisa mengukur IC vertikal untuk mengetahui keadaannya apakah masih normal atau memang sudah rusak, caranya silakan Anda siapkan multitester analog dan segera lakukan pengukuran pada kaki (pin) vcc (B+) IC vertikal, apakah Anda sudah tahu berapa tegangan normal B+ IC vertikal? jika di multitester menunjukan angka 24VDC maka dapat dipastikan IC vertikal baik baik saja, namun jika tidak terdapat tegangan sama sekali berarti terjadi kerusakan pada komponen ini.

TV Bergaris Horizontal
Contoh Gambar IC Vertikal TV

Belum selesai sampai disini, Anda masih harus mengukur sumber tegangan yang menuju IC Vertikal, sumber tegangannya adalah dari FBT tepatnya di kaki (pin) flyback 24V. kita dapat mengetahui jika ada komponen yang munuju B+ Vertikal rusak ketika B+ IC vertikal diukur tidak ada tegangan.

Anda harus menelusuri seluruh komponen yang masih satu jalur dengan B+ IC tadi sampai menemukan komponen mana yang rusak, biasanya pada kasus yang sudah terjadi adalah terjadi kerusakan pada resistor daerah tersebut, jika memang iya Anda harus segera mengganti dengan yang baru dan mencobanya apakah garis ditengah tv hilang atau tidak.

Solusi Kedua


Anda perlu membaca solusi kedua jika solusi pertama tidak ditemukan kerusakan, jika ketika Anda mengukur B+ IC vertikal ternyata masih ada tegangan berarti ini tidak perlu diganti, namun Anda harus komponen lainnya yaitu ocillator yang letaknya dekat IC Croma dan masih berhubungan dengan IC tersebut, singkatnya jika IC Croma bermasalah maka komponen vertikal juga akan ikut bermasalah.

Pada solusi kedua ini Anda harus mengetahui tegangan Output IC Croma, pada umumnya IC tersebut memiliki tegangan sekitar 16VDC tetapi jika lebih dari itu berarti bisa jadi IC vertikal rusak, selain itu juga biasanya ditandai dengan IC pendingin yang panasnya tidak wajar dalam artian TV baru dihidupkan tetapi sudah panas , ini berarti Anda harus mencurigai IC tersebut.

Tetapi apabila ketika Anda mengukur IC vertikal dan tidak menunjukan angka atau tanpa volt berarti Anda harus memeriksa komponen Ocilator vertikal out, pada televisi terbaru sekarang biasanya letak Ocillator berada di dekat IC Croma (Menyatu)

Jadi untuk solusi kedua ini Anda harus mengecek keadaan Ocillator, komponen dekat ocillator, IC Croma dan juga IC vertikal, jangan terfokus pada satu penyebab saja karena bisa saja kerusakan sebenarnya terdapat pada komponen yang sering kali rusak yaitu IC vertikal, jadi Anda juga wajib menelusuri komponen satu persatu sampai menemukan penyebab pasti TV bergaris horizontal.

Baca Juga:


Akhir Kata


Cukup sekian artikel kali ini yang bisa saya bagikan untuk Anda, kesimpulannya layar TV Bergaris horizontal seringkali disebabkan karena kerusakan pada IC vertikal, jika tv bergaris vertikal maka kerusakan umumnya terdapat pada IC horizontal, semoga artikel ini bermanfaat dan jangan lupa membaca artikel terkait lainnya di JandelaTV.
Tengku Khamzah Fauzi
Tengku Khamzah Fauzi I'm passionate about Tech, Electronics, How-to-Guides, and I'm thrilled to have you here.
Gabung Forum Teknisi Indonesia Sekarang! Klik Tombol "Gabung" untuk saling berbagi pengalaman dengan Teknisi Indonesia.