Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Berhasil! Cara Memperbaiki TV Led LG Tidak Ada Gambar

TV Led LG Tidak Ada Gambar - Pernahkah Anda memiliki tv led atau lcd bermerek LG? Sekarang sudah banyak yang menggunakan merek ini karena dikenal dengan kualitas yang bagus serta harga yang terjangkau, tetapi tidak menutup kemungkinan terjadi kerusakan, baik itu hardware ataupun software seperti gambar tidak ada tetapi suara ada.

Kasus seperti ini memang rentan sekali terjadi pada TV Led LG, keluhannya adalah gambar blank hitam dan tidak ada aktivitas channel satupun, penyebabnya bervariasi, jadi sebelum itu memperbaiki TV Led LG tidak ada gambar Anda harus memahami apa penyebab pastinya.

Cara Memperbaiki TV Led LG Tidak Ada Gambar


TV LED LG Tidak Ada Gambar

Sebelum itu, pasti kerusakan ini terjadi akibat penyebab yang mungkin belum Anda sadari, tidak hanya satu kemungkinan saja, tetapi ada beberapa yang harus Anda perhatikan, berikut beberapa hal yang mungkin menyebabkan gambar hilang di tv lg Anda:


  • Tcon rusak
  • IC didekat Tcon rusak, yaitu bernama IC Gamma AS-15.
  • Kerusakan software
  • Lepasnya kabel LVDS, bisa karena kurang kencang atau belum terpasang.

Baca juga: Cara Setting TV LG

Terlihat diatas lebih dari penyebab kenapa gambar bisa tidak muncul, tetapi disini saya tidak akan membahas semua dari penyebab diatas, yang akan dibahas adalah kerusakan yang benar benar sering terjadi, jadi Anda tidak perlu mengecek banyak komponen, karena itu cukup menguras waktu dan tenaga.

Apakah layar atau panel tv masih mengeluarkan cahaya dari backlight atau benar benar gelap hitam hanya ada suara saja? ada dua kemungkinan, yaitu backlight yang rusak, biasanya karena ada satu dari beberapa lampu LED dibelakang panel yang putus, sehingga mati semua, karena led tersebut dirangkai dengan cara Seri.

Jika backlight benar benar mati dan layar TV tidak mengeluarkan cahaya sedikitpun maka bisa dipastikan kerusakan ada pada lampu LED yang yang letaknya ada dibelakang panel, untuk memperbaiki backlight tv yang rusak, Anda bisa membaca artikel sebelumnya.

Yang selanjutnya, lampu backlight tetap menyala namun tidak mengeluarkan gambar, ini sering terjadi karena kerusakan dibagian IC dekat Tcon, untuk mengeceknya sangat mudah, silakan Anda pegang IC dengan Tcon tersebut sambil menyolokkan TV ke listrik dan menghidupkan TV , jika ketika disentuh panas sekali, maka IC tersebut short dan harus diganti.

Sudah di cek tetapi IC normal dan tidak panas sekali ketika disentuh, lalu apa yang harus saya lakukan lagi? kalau sudah dicoba namun masih belum ditemukan penyebab yang pasti, Anda juga harus mengecek bagian software, caranya adalah dengan Flash TV menggunakan Firmware, Anda tidak usah kebingungan bagaimana langkah untuk memulainya, baca saja artikel dibawah ini:

Cara Flash TV Led Menggunakan Flashdisk

Langkah-langkah yang perlu Anda coba:


  1. Yang pertama Anda bisa memeriksa tegangan pada power supplay dan memastikan semuanya normal-normal saja.
  2. Selanjutnya, jika Anda rasa tegangan power supplay sudah benar benar normal, Anda bisa memeriksa tegangan pada Output driver led.
  3. Jika semuanya terlihat normal, Anda bisa memeriksa bagian yang lainnya.
  4. Jika ternyata tegangan nol ketika di ukur, maka Anda harus segera mengganti IC driver.
  5. Untuk mengetahui IC Driver rusak atau tidak, biasanya ketika di ukur menggunakan multitester akan menunjukan angka sekitar 50 volt.

Akhir Kata

Didalam artikel ini saya sudah menyediakan beberapa langkah yang perlu dicoba, tetapi beberapa langkah dibuat dalam artikel berbeda yang sudah saya buat sebelumnya, seperti contoh adalah cara flash tv led, untuk melihat tutorialnya Anda bisa mengklik link tersebut, itulah cara memperbaiki TV Led LG Tidak Ada Gambar, semoga bermanfaat.
Tengku Khamzah Fauzi
Tengku Khamzah Fauzi I'm passionate about Tech, Electronics, How-to-Guides, and I'm thrilled to have you here.
Gabung Forum Teknisi Indonesia Sekarang! Klik Tombol "Gabung" untuk saling berbagi pengalaman dengan Teknisi Indonesia.