Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tabel Kode Warna Resistor dan Cara Menghitungnya

Kode Warna Resistor. Nilai resistor sering ditunjukan dengan kode warna pada setiap gelangnya. Hampir semua resistor kecil dengan daya minimal 1 watt ditandai dengan gelang warna. Setiap kode warna pada gelang resistor menentukan nilai resistansi dan toleransi. Jumlah gelangnya juga bervariasi, mulai dari tiga hingga enam gelang resistor.

Ada banyak jenis resistor yang dapat digunakan untuk rangkaian elektronik sebagai pengontrol aliran arus atau untuk menurunkan tegangan dengan berbagai cara. Tetapi untuk bekerja dengan baik, resistor membutuhkan kode warna untuk menunjukan nilai resistansi. Resistor tersedia dalam kisaran nilai resistansi yang berbeda-beda dengan pecahan ohm (Ω).

Nilai resistansi, toleransi dan ukuran watt umumnya dicetak ke badan resistor berupa gelang warna atau cetakan angka. Tetapi kebanyakan resistor kecil jenis karbon atau film (1/4 watt) ditandai dengan gelang warna karena lebih mudah untuk dibaca nilainya dibandingkan dengan cetakan angka dibadan resistor.

Tabel kode warna resistor sudah dikembangkan sejak lama dan merupakan cara paling efektif untuk menghitung nilai resistor Ω (ohm) dengan gelang warna yang masih utuh tentunya. Gelang warna dibaca mulai dari kiri ke kanan. Oleh karena itu Anda harus mengetahui daftar kode warna resistor lengkap agar pada saat menghitungnya akan lebih mudah dan cepat.

Tabel Kode Warna Resistor Lengkap



Dibawah ini terdapat rumus tabel kode warna resistor lengkap yang memudahkan Anda untuk membaca kode warna resistor sehingga bisa menentukan nilai resistansi, toleransi dan koefisien suhunya.

Warna Nilai Pengali Toleransi Koefisien Suhu

Hitam (Hanya 3/4 Gelang)

0 x1 - -
Coklat 1 x10 ±1% 100 ppm/ºC
Merah 2 x100 ±2% 50 ppm/ºC
Oren 3 x1000 ±3% 15 ppm/ºC
Kuning 4 x10000 ±4% 25 ppm/ºC
Hijau 5 x100000 ±0.5% -
Biru 6 x1000000 ±0.25% 10 ppm/ºC
Ungu 7 x10000000 ±0.10% 5 ppm/ºC
Abu-abu 8 x100000000 ±0.05% -
Putih 9 x1000000000 - -
Emas - - ±5% -
Silver - - ±10% -

Cara Menghitung Kode Warna Resistor yang Benar


  4 pita 5 pita 6 pita
Pita 1 Pita Signifikan ke 1 Pita Signifikan ke 1 Pita Signifikan ke 1
Pita 2 Pita Signifikan ke 2 Pita Signifikan ke 2 Pita Signifikan ke 2
Pita 3 Pengali Pita Signifikan ke 3 Pita Signifikan ke 3
Pita 4Toleransi Pengali Pengali
Pita 5- Toleransi Toleransi
Pita 6 - - Koefisien Suhu

Kami akan memberikan rumus cara menghitung nilai resistor 4 warna hingga 6 warna yang benar. Tetapi sebelum itu disarankan untuk mempelajari beberapa tips berikut ini sebelum mulai membaca nilai resistor:
  • Gelang emas atau perak (toleransi) selalu ada paling belakang.
  • Jika ragu dengan nilai resistor yang Anda hitung manual, disarankan menggunakan bantuan alat ohm meter untuk hasil yang lebih akurat. Cara ini sangat berguna jika kode warna resistor terhapus atau terbakar.

Cara Menghitung Resistor 4 Gelang Warna


tabel kode warna resistor

Bagaimana cara menghitung nilai resistor 4 warna yang benar? dibawah ini akan dijelaskan contoh soal dan penyelesaiannya, jadi simak artikel ini sampai selesai.

Diketahui ada sebuah resistor 4 gelang warna, diantaranya adalah gelang pertama (hijau), gelang kedua (biru), gelang ketiga (merah) dan gelang keempat (emas). Hitunglah nilai resistor tersebut beserta rumusnya.

Warna hijau berarti (5) dan biru berarti (6), sedangkan warna merah atau gelang ketiga berperan sebagai pengali pangkat 2 (100). Jadi nilai resistor tersebut adalah 56 x 100 = 5600 Ω (ohm).

Sementara itu, warna emas atau gelang terakhir sebagai toleransi (5%). Hasil 5600 ohm dengan nilai toleransi 5%. Maka nilai toleransi minimumnya adalah 5.320 Ω dan toleransi maksimum 5.880 Ω.

Cara Menghitung Resistor 5 Gelang Warna


daftar kode warna resistor

Resistor 5 gelang warna memiliki tekanan yang lebih tinggi dan 3 warna pertama adalah nilai signifikan (utama), sedangkan gelang keempat berperan sebagai faktor perkalian dan gelang warna yang kelima sebagai toleransi. 

Sebagai contoh, ada resistor yang terdiri dari 5 gelang warna, diantaranya: coklat (1), kuning (4), ungu (7), hitam (x1), hijau (0,5%). Maka resistor ini memiliki nilai 147 Ω (ohm) dengan toleransi 0.5%.

Cara Menghitung Resistor 6 Gelang Warna


kode warna resistor 6 gelang

Rumus menghitung kode warna resistor 6 warna umumnya tidak jauh berbeda dengan resistor 5 gelang warna, yang membedakan hanyalah gelang 6 yaitu sebagai nilai koefisien suhu dari resistor tersebut. 

Sebagai contoh ada resistor 6 warna, diantaranya adalah: oren (3), merah (2), coklat (1), coklat (x10), hijau (1%), merah (50 ppm/°C). Maka nilai resistor tersebut adalah 3.21k Ω (ohm) dengan toleransi 1% dan koefisien suhu 50 ppm/°C.

Cara Mengukur Nilai Resistor Tanpa Kode Warna


kode warna resistor

Nilai resistansi dari sebuah resistor juga bisa diketahui dengan multimeter digital atau analog. Anda hanya perlu memutar selector multimeter ke arah ohm (Ω) kemudian sambungkan kedua probe ke kaki resistor. Maka secara otomatis nilai resistansi akan muncul pada display multimeter.

Untuk hasil yang akurat, disarankan untuk melepas resistor dari rangkaian PCB, karena terkadang resistor yang belum dilepas dari papan PCB ketika langsung diukur dengan multimeter hasilnya tidak akurat akibat terpengaruh oleh komponen lainnya, termasuk kapasitor.

Cara Menggunakan Kalkulator Kode Warna Resistor


Selain menggunakan alat ohm meter, ada cara lain yang bisa mempermudah Anda untuk menghitung nilai kode warna resistor, yaitu menggunakan bantuan kalkulator resistor yang bisa mengetahui nilai dari resistor 4 warna, 5 warna dan 6 warna.

Tetapi walaupun begitu, Anda tetap harus memahami rumus menghitungnya secara manual, inilah alasannya kenapa kami memberikan metode kalkulator tabel kode warna resistor ini setelah rumus manual, tujuannya agar Anda bisa mempelajari dan menghitungnya tanpa bantuan alat apapun.

Sebenarnya ada banyak kalkulator untuk menghitung nilai resistor secara otomatis, salah satunya adalah dari calculator.net, Anda bisa langsung mencobanya [Disini]. Pada bagian [Band] pilih jumlah gelang resistor yang ingin dihitung nilainya.
Tengku Khamzah Fauzi
Tengku Khamzah Fauzi I'm passionate about Tech, Electronics, How-to-Guides, and I'm thrilled to have you here.
Gabung Forum Teknisi Indonesia Sekarang! Klik Tombol "Gabung" untuk saling berbagi pengalaman dengan Teknisi Indonesia.