Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kode Warna Resistor dan Cara Menghitung Yang Benar

Kode warna resistor memang banyak belum yang paham khususnya cara membaca setiap warna tersebut, karena setiap gelang warna yang ada pada resistor dibuat bukan hanya untuk mempercantik tampilan saja tetapi memiliki nilai yang berbeda beda, untuk menghitungnya Anda perlu mengetahui tabel kodenya terlebih dahulu dan mempelajari rumusnya.

Kode Warna Resistor
Pada umumnya resistor ini sering ditemukan pada rangkaian elektronik terutama mesin televisi, tetapi tidak jarang ditemukan pada rangkaian lainnya, karena memang memiliki peran dan fungsi yang cukup penting, ciri khusus dari komponen ini adalah setiap warna yang menentukan nilai resistansinya.


Komponen ini pada dasarnya dibagi lagi menjadi 3 bagian, yaitu 4 warna, 5 warna dan 6 warna yang masing masing memiliki rumus untuk membaca nilai resistansinya, oleh karena itu Anda harus mengetahui kode warna resistor agar pada saat menghitungnya akan lebih mudah dan cepat, dibawah ini saya sudah menyediakan kode lengkap beserta cara menghitungnya.

Kode Warna Resistor


Dibawah ini sudah tersedia tabel untuk sampai yang 6 gelang warna, jadi jika Anda ingin menghitung resistor 4 atau 5 warna bisa melihat tabel kode dibawah ini:

Kode Warna Resistor

Terlihat diatas ada 6 baris kode yang mana bisa digunakan untuk membaca nilai resistor, seperti gambar diatas ada beberapa warna diantaranya adalah hitam, cokelat, merah, orange, kuning, hijau, biru, ungu, abu-abu, putih, emas dan perak yang masing masing memiliki nilai berbeda.

Sebenarnya seperti tabel diatas, hanya ada sedikit perubahan angka pada pita ke satu sampai dengan  ke enam, jadi untuk menghitungnya tidak sulit, sebelumnya saya sudah membahas rumus beserta penyeselesaiannya, jadi jika Anda ingin bisa mengetahui nilai warna pada resistor, bisa membaca artikel dibawah ini:

Kode Warna Resistor Beserta Nilainya


Berbeda dengan yang diatas, dibawah ini lebih lengkap karena Anda bisa dengan mudah mengetahui nilai pada setiap percampuran warna pada gelang resistor, berikut tabelnya:

Tabel Kode Warna Resistor

Tabel diatas memudahkan kita jika ingin langsung mengetahui nilai pada setiap gelang warna, jadi jika Anda ingin cepat mengetahui nilainya bisa langsung melihat tabel diatas, atau bisa menyimpannya pada galeri ponsel Anda.

Cara Menghitung Resistor 4 Gelang Warna


Selain kode, pada artikel kali ini juga saya akan memberikan penjelasan bagaimana cara menghitung untuk yang 4 gelang warna, dibawah ini akan dijelaskan contoh soal dan penyelesaiannya, jadi simak artikel ini sampai selesai.

  • Contoh Soal:


Diketahui ada sebuah resistor 4 gelang warna, diantaranya adalah pita kesatu = hijau, pita kedua= ungu, pita ketiga= hitam dan pita keempat= emas, hitunglah nilai resistor beserta rumusnya!

  • Penyelesaian:


Diketahui:

  1. Pita pertama: Hijau
  2. Pita kedua: Ungu
  3. Ketiga: Hitam
  4. Pita keempat: Emas


Untuk rumusnya bisa melihat tabel yang sudah saya sediakan diatas, untuk penyeselesaian lanjutannya seperti dibawah ini:

  1. Pita pertama: Hijau=5
  2. Pita kedua: Ungu=7
  3. Ketiga: Hitam=100
  4. Pita keempat: Emas/toleransi-=5%

Jadi nilai pada setiap warna resistor tersebut adalah 57Ohm dengan toleransi 5%.

Masih belum paham? tenang saja saya akan menyelesaikan semua cara perhitungannya, jadi untuk lebih lengkapnya Anda bisa membaca artikel dibawah ini:


Demikian artikel mengenai Kode Warna Resistor dan cara membacanya, jika diarasa artikel tersebut bermanfaat maka jangan lupa untuk membagikan agar orang lain juga tahu, jangan lupa untuk membaca artikel lainnya hanya disini, Anda bisa mengajukan pertanyaan melalui email dan jika ada waktu luang pasti akan saya respon, terimakasih sudah berkunjung...
Gabung Forum Teknisi Indonesia Sekarang! Klik Tombol "Gabung" untuk saling berbagi pengalaman dengan Teknisi Indonesia.

close