Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengatasi Meteran Listrik Periksa, Tulisan Langsung Hilang!

Tidak sedikit orang yang dibuat kebingungan dan belum mengetahui cara mengatasi meteran listrik periksa, biasanya masalah seperti ini terjadi pada meteran rumah yang baru saja dipasang atau setelah diperbaiki karena ada kerusakan, beberapa penyebab kenapa tulisan periksa pada meteran bisa Anda temukan disini.
Bukan hanya Anda saja yang dibuat kebingungan karena masalah meteran ini, tetapi terkadang para teknisi juga belum paham kenapa itu bisa terjadi, biasanya setelah mereka memasang meteran ada beberapa penyebab yang belum diketahui yang menyebabkan meteran listrik error, berikut beberapa penyebabnya:

Cara Mengatasi Meteran Listrik Periksa


meteran listrik periksa

Dibawah ini kami akan menjelaskan beberapa langkah untuk menghilangkan tulisan periksa pada meteran listrik dirumah Anda, karena ini adalah salah satu masalah serius, pasalnya rumah tidak akan mendapatkan aliran listrik jika masalah ini tidak segera ditangani.

Sebenarnya untuk menghilangkan tulisan mengganggu tersebut tidak sesulit yang kita pikirkan, hanya dengan meminta bantuan pada PLN saja masalah akan segera diatasi, lalu apakah kita harus mendatangi kantor PLN? tidak, cara ini bisa dilakukan dirumah.

Pada dasarnya satu-satunya cara untuk mengatasi ini adalah dengan memasukan kode Reset Meteran Listrik berupa 20 digit angka, sama seperti token, tetapi ini khusus untuk reset meteran dengan tulisan "Periksa", untuk mendapatkan kode tersebut kita harus meminta pada pihak PLN, berikut langkah-langkahnya:

  • Pertama, siapkan pulsa ponsel minimal RP.10.000 agar tidak terputus saat menghubungi PLN.
  • Kedua, sebelum menelpon, lebih baik Anda mencatat terlebih dahulu nomer meteran listriknya, karena PLN pasti akan menanyakan hal itu.
  • Ketiga, Anda harus menelpon nomer PLN, yaitu (kode area+123).
  • Misalnya lokasi Anda berada dibogor, berarti 053123 lalu call.
  • Langsung saja Anda jelaskan keluhannya, maka pihak PLN akan meminta nomer meteran yang bermasalah, dan selang beberapa waktu akan langsung memberikan kode reset berupa 20 digit untuk dimasukan ke meteran agar tulisan periksa hilang, jika Anda kebingungan bagaimana cara memasukan kodenya, bisa membaca artikel tentang cara mengisi token listrik, karena caranya sama saja.

Catatan:

Jika telepon sulit tersambung, Anda bisa langsung mencoba menghubungi 123 dengan menggunakan kode area, tetapi jika bingung bagaimana cara mendapatkan kode area, Anda bisa mencari info sendiri di internet, karena sudah cukup banyak yang membahasnya.

Penyebab Meteran Listrik Periksa


Setelah berhasil menghilangkan tulisan error tersebut, lebih baik Anda mengenal beberapa penyebab ini masalah itu bisa terjadi, agar Anda bisa dengan mudah mengatasinya sendiri, karena selain meteran error, penyebabnya juga bisa karena:

Masalah Tombol Temper Terbuka


Penyebab yang sering terjadi namun jarang disadari adalah karena tombol temper yang rusak atau ada seseorang yang mencoba untuk membuka meteran, karena secara otomatis temper akan menyala dan menampilkan tulisan error "Periksa" pada display meteran ketika cover dibuka, oleh karena itu Anda tidak boleh sembarangan ketika ingin membuka cover meteran pulsa ini.

Kesalahan Ground


Tidak boleh dispelekan, kesalahan pemasangan ground meteran juga dapat menyebabkan error seperti ini, Anda bisa memeriksa ground yang letaknya dibawah meteran listrik, perhatikan apakah sudah tersambung dengan benar atau tidak, lebih baik pasang ground terlebih dahulu sebelum memasang KWh meter.

Masalah Kabel


Ketika memasang meteran listrik usahan menggunakan kabel dengan kualitas baik, bukan abal-abal, ukuran kabel standar untuk meteran listrik adalah sekitar 1.5 mili meter, jika Anda menggunakan dengan ukuran dibawah standar tadi biasanya tulisan periksa akan muncul karena kabel tidak sesuai yang sudah ditetapkan, hal ini juga berpengaruh pada keamanan listrik rumah Anda.


Kesimpulan


Kesimpulannya ada cara mengatasi meteran listrik periksa dan ada beberapa penyebab seperti yang sudah kami cantumkan diatas, jadi Anda hanya perlu meminta bantuan kepada pihak PLN saja, bantuan ini tidak dipungut biaya atau gratis, kecuali ada komponen yang harus diganti, sekian dan terimakasih.
Tengku Khamzah Fauzi
Tengku Khamzah Fauzi I'm passionate about Tech, Electronics, How-to-Guides, and I'm thrilled to have you here.
Gabung Forum Teknisi Indonesia Sekarang! Klik Tombol "Gabung" untuk saling berbagi pengalaman dengan Teknisi Indonesia.