TV Tidak Ada Gambar Tapi Ada Suara: 4 Penyebab & Cara Memperbaikinya - JandelaTV

TV Tidak Ada Gambar Tapi Ada Suara: 4 Penyebab & Cara Memperbaikinya

Ketika gambar TV tiba-tiba gelap mungkin Anda sempat berpikir bahwa timer aktif. Tetapi kenapa suaranya tetap ada? Nah, pada kasus ini TV tidak ada gambar bukan berarti TV tersebut benar-benar mati total. Karena suaranya masih bisa terdengar walaupun gambar tidak keluar.

Kerusakan seperti ini sering ditemukan pada TV LED. Jadi semakin banyak pengguna TV tabung yang beralih ke jenis TV ini, maka akan semakin banyak kasus kerusakan serupa dengan penyebab yang tidak jauh berbeda.

Untungnya kerusakan ini bisa diperbaiki dengan mudah, tetapi pada kasus lain mungkin Anda perlu membutuhkan waktu yang lebih lama untuk menganalisa penyebab kerusakannya.


Penyebab dan Solusi TV Tidak Ada Gambar Tapi Ada Suara


Berikut ini beberapa penyebab dan cara memperbaiki TV tidak ada gambar tapi ada suaranya:

1. Lampu Backlight Mati


tv tidak ada gambar

Masalah gambar tidak keluar pada TV LED bisa disebabkan karena backlight yang mati. Lampu ini berada tepat dibelakang lapisan panel LCD yang biasanya dirangkai secara seri.

Artinya walaupun yang mati hanya satu lampu saja, tetapi semuanya akan ikut mati sehingga panel tidak mendapat penerangan dan menyebabkan gambar TV menjadi gelap (no backlight).

Tegangan supply untuk panel LED dihasilkan oleh sebuah komponen yang dikenal dengan nama Boost Converter yang mampu menghasilkan tegangan DC sekitar 135 Volt. Fungsi utama dari rangkaian ini adalah untuk menaikkan tegangan DC menjadi lebih tinggi.

Dibalik panel ada beberapa baris lampu LED yang berfungsi untuk menyinari panel agar gambar terlihat jelas. Tips sederhana untuk memastikan apakah backlight mati atau tidak adalah dengan menggunakan senter.

Ketika TV dalam keadaan menyala, Anda bisa menyorot bagian depan panel dengan senter. Seharusnya jika backlight tersebut mati, maka akan terlihat ada gambar atau terlihat titik-titik raster.

Jika memang masih ada gambar yang terlihat ketika panel disenter, langsung saja bongkar belakang panel LED dengan hati-hati. Kemudian ikuti langkah dibawah ini untuk menganalisa backlight yang short:

  • Siapkan multitester digital atau analog.
  • Ukur satu persatu lampu backlight.
  • Pastikan probe merah ke (+) dan probe hitam ke (-).
  • Segera ganti lampu yang mati, atau ganti semua backlight agar lebih tahan lama.
  • Pastikan lampu pengganti memiliki volt yang sama dengan aslinya. Baik itu 3V atau 6V.


2. Kerusakan Pada Modul T-con


tv tidak ada gambar tapi ada suara

Jika Anda menggunakan TV LED atau LCD ini mungkin penyebab kenapa gambar menjadi gelap. Karena TV LED dan LCD dilengkapi dengan komponen tambahan yang bernama "T-con" yang berfungsi untuk menyalurkan tegangan ke panel.

Kerusakan pada modul T-con juga bisa disebabkan karena banyak hal, seperti IC utama yang bermasalah, fuse dan transistor putus atau ada kapasitor yang short. Untuk mengetahui apakah T-con bermasalah atau tidak, Anda bisa menyentuh pada bagian IC utama di T-con.

Jika memang panasnya tidak wajar, atau semakin lama panasnya semakin bertambah, maka bisa dicurigai bahwa IC tersebut short atau ada komponen sekitar IC yang rusak.

Tanda lainnya adalah gambar TV tidak benar-benar gelap, karena semua backlight sebenarnya masih menyala normal, hanya saja panel tidak bisa menampilkan gambar karena tidak mendapat tegangan dari T-con. Jadi biasanya jika T-con bermasalah gambar TV akan blank dan terlihat berwarna kebiru-biruan.

Baca juga: Penyebab TV Mati Sendiri & Cara Memperbaikinya

3. Panel atau Layar TV Rusak


tv tidak keluar gambar

Selain gambar bergaris, kerusakan panel TV LED juga seringkali ditandai dengan gambar yang gelap namun suara tetap ada. Setelah memastikan bahwa backlight dan T-con masih berfungsi dengan baik. Bisa jadi yang rusak adalah panel LED itu sendiri.

Ini adalah kerusakan serius karena untuk mengganti panel membutuhkan biaya yang cukup mahal bahkan hampir seharga TV tersebut. Layar TV LED yang rusak bisa disebabkan karena flexibel panel yang putus atau IC COF terbakar.

Jika memungkinkan untuk diperbaiki, tidak ada salahnya untuk mencoba mengganti IC COF yang rusak tersebut atau menjumper jalur flexibel yang sobek.

4. Kerusakan Flyback (TV Tabung)


gambar tv gelap tapi suara ada

Untuk tv tabung, penyebab tv tidak ada gambarnya tapi ada suaranya bisa karena flyback yang bermasalah, misalnya tegangan video tidak keluar padahal yang lainnya masih dalam keadaan normal, tanda seperti ini bisa jadi karena kerusakan pada komponen flyback.

Selain karena flyback, masalah yang sering terjadi adalah karena tegangan B115 drop dan biasanya disebabkan oleh elco B+ yang kering sehingga tegangan-tegangan yang disalurkan ke flyback menjadi drop, kasus seperti ini sering terjadi pada TV tabung.

Baca juga: Persamaan Flyback TV Terlengkap

Nah itulah 4 kerusakan yang bisa menyebabkan TV tidak ada gambar tapi ada suaranya. Langkah perbaikan diatas bisa dicoba untuk TV LED, LCD dan tabung. Pastikan Anda mengerjakannya dengan teliti. Semoga bermanfaat.
Gabung Forum Teknisi Indonesia Sekarang! Klik Tombol "Gabung" untuk saling berbagi pengalaman dengan Teknisi Indonesia.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close