Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Penyebab Kenapa TV Tidak Merespon Remote dan Solusinya

Ketika TV tidak merespon remote tentunya Anda harus menggunakan tombol fisik pada TV ketika ingin menyalakannya, mengganti channel atau menyesuaikan volume TV. Ada beberapa penyebab kenapa remote TV tidak berfungsi, kami akan membahasnya dalam artikel ini.

Biasanya penyebab kenapa TV tidak bisa di remote adalah karena baterai remote yang sudah mulai lemah. Pastikan juga untuk mengarahkan remote ke TV setiap kali ingin mengontrol TV. Tetapi selain itu masih banyak kemungkinan lainnya yang menyebabkan TV tidak merespon remote, diantaranya adalah sebagai berikut:

Penyebab Kenapa TV Tidak Merespon Remote



tv tidak merespon remote

Solusi dibawah ini bisa dicoba untuk semua merk TV, termasuk Polytron, LG, Samsung dan Sony.

1. Baterai Remote Lemah


Setiap remote TV membutuhkan setidaknya dua buah baterai AA/AAA. Ketahanan baterai tergantung dengan penggunannya. Jika Anda sering menekan tombol remote, maka baterai akan semakin cepat habis.

Ingat kapan terakhir kali Anda mengganti baterai remote TV. Jika ternyata sudah lama tidak diganti, maka tindakan pertama untuk mengatasi TV tidak merespon remote adalah mengganti baterainya terlebih dahulu.

Selain karena baterai yang habis, Anda juga harus memperhatikan beberapa kemungkinan seperti:
  • Salah memilih jenis baterai.
  • Pemasangan baterai yang tidak benar.
  • Baterai longgar.

2. Sensor Remote Bermasalah


Kebanyakan remote TV menggunakan sensor IR (infra red) untuk mengirimkan sinyal ke televisi. Remote TV akan mentransfer sinyal IR melalui lampu LED yang biasanya ada dibagian depan remote.

Ketika ada masalah pada sensor IR, remote tidak akan bisa mengirim sinyal ke TV. Cahaya infrared yang dipancar dari remote ke TV tidak bisa dilihat oleh mata telanjang, tetapi Anda bisa melihatnya melalui kamera hp.

Ini juga salah satu cara untuk memastikan apakah sensor remote masih berfungsi atau tidak. Untuk melihat cahaya infrared remote TV dengan kamera hp, Anda bisa mengikuti langkah-langkah dibawah ini:
  • Buka kamera hp.
  • Arahkan bagian depan remote TV ke lensa kamera.
  • Tekan salah satu tombol pada remote.
  • Cahaya infrared akan terlihat pada kamera hp setiap kali tombol remote TV ditekan.
  • Jika cahaya infrared terlihat, berarti sensor remote TV Anda berfungsi dengan baik.

CATATAN: Tutorial diatas mungkin tidak berfungsi pada kamera iPhone atau iPad, karena kamera perangkat tersebut memiliki filter IR.

Bagaimana jika cahaya infrared tidak terlihat sama sekali walaupun sudah mengikuti langkah-langkah diatas? Solusinya Anda harus mencoba remote TV yang lain.

3. Housing Baterai Remote Berkarat


Housing atau tempat baterai remote TV biasanya dilengkapi dengan per yang terbuat dari kaleng. Jika kaleng tersebut kotor atau berkarat, maka arus dari baterai tidak akan sampai ke komponen remote TV.

Karat pada housing baterai remote bisa disebabkan karena terkena air atau memang sudah lama tidak dibersihkan. Anda bisa menggunakan cutter dan sedikit cairan tinner untuk menghilangkan karat pada kaleng housing baterai remote.

4. Kode Remote TV Tidak Cocok


Jika Anda menggunakan remote TV universal, pastikan kode remote yang disetting cocok dengan merk dan model TV Anda. Karena setiap merk TV memiliki kode remot yang berbeda-beda. Contoh adalah TV Polytron dan LG kode remotnya berbeda walaupun sama-sama terdiri dari 3 digit angka.

TV tidak akan merespon remote jika Anda salah memasukan kode remot TV. Sebelumnya kami sudah membagikan daftar kode remote universal untuk semua merk TV, langsung saja cek artikelnya disini:

5. Masalah Pada Receiver TV


Receiver TV adalah komponen yang berfungsi untuk menerima sinyal IR yang dipancarkan oleh remote TV. Pada semua TV yang masih menggunakan remote IR, receiver biasanya ada dibagian depan TV dekat lampu LED.

Tidak disarankan untuk membongkar TV sendiri jika Anda tidak punya pengetahuan yang baik tentang masalah ini. Jadi solusi terbaik untuk memastikan apakah receiver TV rusak atau tidak adalah membawanya ke teknisi TV.

Sebagai informasi, TV keluaran terbaru sudah menggunakan koneksi bluetooth yang lebih canggih dan tentunya remote TV tersebut tidak lagi menggunakan sensor infrared. Remote bluetooth juga tetap bisa berfungsi walaupun Anda tidak mengarahkannya ke TV.

6. Perhatikan Jarak Remote ke TV


Sinyal dari remote ke TV memiliki batas jarak tertentu, jika terlalu jauh maka remote TV tidak akan berfungsi. Selain itu, sinyal dari remote juga tidak boleh terhalang oleh tembok atau benda padat lainnya.

Jadi pastikan jarak antara remote dan TV tidak terlalu jauh, lalu pastikan juga tidak ada yang menghalangi sinyal infared yang dikirimkan dari remote ke TV.

7. Reset TV


Reset TV yang kami maksud adalah memulai ulang TV dan mencabut semua perangkat eksternal yang terhubung ke televisi. Untuk lebih jelasnya, ikuti langkah-langkah dibawah ini:
  • Cabut semua perangkat eksternal yang terhubung ke TV, seperti kabel HDMI, speaker aktif dan kabel antena.
  • Cabut kabel TV dari stopkontak dan tunggu selama kurang lebih 1 menit.
  • Setelah 1 menit, colokkan kembali kabel TV ke stopkontak, lalu hidupkan TV menggunakan remote.
  • Jika TV tidak merespon remote, tekan tombol power fisik pada TV untuk menyalakannya.
  • Jika TV menyala dan remote berfungsi kembali, Anda bisa memasang perangkat eksternal yang sebelumnya dicabut, seperti kabel HDMI, speaker aktif dan antena TV.

8. Coba Aplikasi Remote TV


Saat ini sudah banyak aplikasi remote TV yang bisa didownload secara gratis. Tetapi perlu dicatat, aplikasi remote TV hanya akan berfungsi pada hp yang sudah dilengkapi dengan sensor infrared. Sebagai contoh, kami menggunakan hp xiaomi sebagai remote TV. Berikut tutorialnya:
  • Buka aplikasi [Mi Remote] di hp Xiaomi Anda.
  • Klik icon plus (+) dipojok kiri atas layar hp.
  • Pilih [TV] dan cari merk TV Anda.
  • Ikuti semua instruksi yang ada sambil mengarahkan bagian depan hp ke TV.

Menggunakan aplikasi bisa menjadi solusi jika TV tidak merespon remote sama sekali. Tetapi walaupun begitu, kami tetap menyarankan Anda untuk membeli remote baru jika memang remote yang lama sudah rusak.

Berapa Jarak Maksimal Antara Remote dan TV?


Jika Anda menggunakan remote infrared, jarak maksimal antara remote dan TV adalah tidak lebih dari 10 meter tanpa adanya penghalang apapun. Sedangkan remote TV bluetooth juga jarak maksimalnya kurang lebih sama, tetapi tetap bisa berfungsi walaupun terhalang dinding atau benda padat lainnya.

Lihat juga:
Itulah beberapa penyebab kenapa TV tidak merespon remote lengkap dengan solusinya. Jadi, remote TV yang tidak berfungsi bisa disebabkan oleh banyak faktor, namun yang paling sering adalah karena baterai remote sudah lemah atau habis.
Gabung Forum Teknisi Indonesia Sekarang! Klik Tombol "Gabung" untuk saling berbagi pengalaman dengan Teknisi Indonesia.

Posting Komentar untuk "Penyebab Kenapa TV Tidak Merespon Remote dan Solusinya"


close