Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

6 Penyebab TV Mati Sendiri dan Cara Memperbaikinya

Banyak orang yang dibuat bingung karena TV mati sendiri secara tiba-tiba, tidak jarang masalah ini sering terjadi sehingga jika dibiarkan tentu akan mengganggu kenyamanan Anda ketika sedang menonton TV. Lalu bagaimana cara memperbaikinya?

Perlu diketahui bahwa TV yang tiba-tiba mati sendiri tidak selalu disebabkan karena adanya kerusakan pada mesin TV, ini juga bisa terjadi apabila ada fitur yang aktif di TV Anda, fitur tersebut berfungsi untuk mengatur kapan jadwal TV mati dan hidup secara otomatis.

Jadi tidak heran kenapa masalah seperti ini lebih banyak dialami oleh pengguna TV LED atau Smart TV dibandingkan pada TV tabung keluaran lama. Pada artikel kali ini kami akan membahas berbagai kemungkinan penyebab kenapa TV mati sendiri beserta cara memperbaikinya yang bisa Anda coba dirumah:

Penyebab dan Cara Memperbaiki TV Mati Sendiri



tv mati sendiri

1. Cek Pengaturan TV


Jangan langsung mengira bahwa mesin TV rusak, langkah pertama yang perlu dilakukan adalah dengan memeriksa pengaturan TV, bisa jadi masalah ini hanya disebabkan oleh fitur timer atau fitur hemat energi yang dalam posisi aktif.

Fitur seperti ini umumnya sudah ada pada hampir semua merk Smart TV. Jika dalam kondisi aktif, maka TV akan mati sendiri secara otomatis. Jadi cobalah untuk memeriksa pengaturan TV Anda, tepatnya pada bagian "Timer" dan juga "Hemat Energi (Energy Saving)". Segera nonaktifkan jika memang dalam posisi on.


2. Cabut Kabel TV


TV mati sendiri juga kemungkinan bisa disebabkan karena ada malfungsi pada sistem televisi Anda, sehingga pada saat tertentu TV akan mati secara tiba-tiba. Untuk mengatasinya, cabutlah kabel TV sekitar 30 detik, kemudian colokkan dan hidupkan TV kembali.

3. Periksa Kabel dan Stop Kontak


Kabel TV yang sudah rapuh atau stop kontak yang mulai kendor bisa membuat TV mati sendiri secara tiba-tiba. Jadi sebelum melangkah lebih jauh, cobalah untuk memeriksa kondisi kabel TV apakah masih bagus atau tidak.

Selain itu, pastikan stop kontak atau colokkan listrik dirumah Anda tidak longgar. Agar lebih mudah memastikannya, colokkan kabel TV ke stop kontak lain yang masih bagus, jika tidak mati sendiri lagi berarti kemungkinan besar penyebabnya adalah karena stop kontak yang sudah mulai rusak.


4. Komponen Tidak Merekat Sempurna


Penyebab lainnya kenapa TV mati sendiri adalah karena ada beberapa komponen pada mesin TV yang tidak merekat dengan sempurna, maksudnya timah sudah tidak menempel dan bisa dilihat dengan tanda ada retakan disekitar timah.

Jika tidak benar benar merekat maka komponen tidak akan berfungsi dengan baik, lebih tepatnya komponen menjadi longgar, ini adalah alasan kenapa TV tiba-tiba mati sendiri ketika terkena guncangan atau tersenggol.

Untuk megatasi ini Anda wajib untuk membongkar TV dan mengecek satu persatu komponen pada mesin, apakah ada yang longgar atau tidak. Jika ada Anda bisa mencoba dengan menyolder ulang komponen tersebut sampai benar benar merekat.

Selain itu jangan lupa juga untuk membersihkan menggunakan cairan Tenner dan sikat gigi kecil, bersihkan secara merata agar kotoran, karat hilang yang mungkin menjadi salah satu penyebab kerusakan ini.

5. Periksa Transistor Horizontal


Transistor horizontal juga masih berhubungan dengan layar tv, jika ini bermasalah maka tampilan layar juga akan ikut bermasalah, yang kedua ini tidak terlalu rumit, Anda hanya harus memeriksa kondisi fisiknya saja, apakah terlihat terbakar atau panas sekali ketika disentuh.

Jika terlihat ada bekas terbakar kemungkinan memang sudah rusak, tetapi ketika disentuh terasa panas sekali berarti transistor horizontal tersebut memang perlu diganti dan sudah drop, jika tidak segera diganti kemungkinan akan merambat pada komponen yang lainnya.

6. Periksa Komponen Lainnya


Terakhir Anda juga bisa melihat kondisi fisik komponen lainnya seperti Elco, biasanya masalah pada elco bisa dilihat dari fisik yang sudah berubah bentuk yaitu menggelembung, retak, dan terdapat bekas seperti terbakar.

Jika menemukan ciri seperti itu Anda harus menggantinya sesuai dengan ukuran agar tidak ada masalah lagi nantinya, jadi silakan periksa masing masing komponen pada mesin TV sebagai upaya untuk memperbaiki TV yang mati sendiri.


Akhir Kata

 
Demikian artikel mengenai penyebab tv mati sendiri dan cara memperbaikinya, untuk tutorial lebih lengkapnya Anda bisa terus mengikuti JandelaTV, semoga artikel ini bermanfaat, kami ucapkan terimakasih karena Anda sudah berkunjung kesini...
Tengku Khamzah Fauzi
Tengku Khamzah Fauzi I'm passionate about Tech, Electronics, How-to-Guides, and I'm thrilled to have you here.
Gabung Forum Teknisi Indonesia Sekarang! Klik Tombol "Gabung" untuk saling berbagi pengalaman dengan Teknisi Indonesia.