Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

TV Sharp Standby Tidak Bisa Start/Menyala? Ini Solusinya

Bukan hanya kami, mungkin Anda pernah menemukan kasus tv sharp standby tidak bisa start, karena kerusakan seperti ini memang umum terjadi pada tv sharp, walaupun standby namun terkadang bisa mau menyala, hal ini tentunya memiliki penyebab dan cara memperbaikinya, kami akan membahasnya pada artikel kali ini.

TV Sharp Standby Tidak Bisa Start

Sudah cukup banyak para teknisi yang menemukan kasus kerusakan tv sharp seperti ini, dan tidak sedikit orang yang dibuat kebingungan karena belum tahu apa penyebabnya, oleh karena itu mungkin salah satu alasan Anda berkunjung kesini adalah ingin mengetahui solusi dan penyebabnya bukan?

Pada artikel sebelumnya kami sudah membahas beberapa kerusakan tv sharp, dan sekarang kami juga akan memberitahu penyebab dan cara memperbaiki tv sharp standby tidak bisa start atau menyala, oleh karena itu Anda harus menyimak artikel ini baik baik:

TV Sharp Standby Tidak Bisa Start


Sebelum lanjut ke solusinya lebih baik Anda mengetahui beberapa penyebab agar mudah saat ingin memperbaikinya, dibawah ini kami akan memberitahu beberapa komponen yang sering menyebabkan tv sharp sulit untuk menyala:

Short Pada IC Croma



TV Sharp Standby Tidak Bisa Start

Jika TV Sharp yang rusak adalah tipe Picollo slim 21 inch maka Anda bisa mencurigai kerusakan ada pada IC Croma tepatnya tipe IXD067WJZZQ yang tanda kerusakannya adalah panas ketika disentuh, tepatnya ketika tv sedang dalam kondisi menyala atau tersambung listrik, jika saat disentuh terasa panas sekali maka ini bisa menjadi pertanda bahwa Anda harus menggantinya.

Tetapi Anda akan dibuat kewalahan ketika ingin mencari IC pengganti sesuai tipe yang sudah kami sebutkan diatas, karena ternyata pihak sharp tidak menjual belikan IC tersebut tanpa alasan yang jelas, tetapi Anda tidak usah khawatir karena bisa menggunakan persamaan IC dengan tipe IXC844WJZZQ tetapi tidak bisa langsung dipasang, dan ini juga berlaku bagi Anda yang kesulitan mencari tipe aslinya.

Sebelum memasang persamaan IC tersebut, Anda terlebih dahulu harus melepas beberapa komponen diantaranya adalah dua transistor Q1000 dan Q755 dengan tujuan agar ketika start travo regulator tidak mengeluarkan bunyi menderik, hal ini wajar karena Anda menggunakan persamaan, bukan IC aslinya.

Elco Dekat IC Vertikal Mati


Penyebab kedua yang masih jarang diketahui adalah kerusakan pada komponen elco berukuran 33uF atau 250V didekat IC vertikal, terkadang elco tersebut memang tidak terlihat tanda tanda kerusakan, biasanya menggelembung, pecah dan retak, tetapi ada juga yang kondisi fisiknya baik baik saja padahal komponen tersebut sudah rusak.

Tetapi Anda tidak boleh langsung mengganti begitu saja, tetap harus melakukan pengecekan terlebih dahulu yang bisa dilakukan menggunakan multitester analog ataupun digital, jika memang keadaan rusak rusak Anda baru bisa melepas dan mengganti dengan yang baru, tetapi jika normal, berarti kerusakan ada pada komponen lainnya.

Short Pada Dioda 605


Penyebab terakhir yang bisa menjadi solusi adalah kerusakan pada D605, jika Anda sudah melakukan pengecekan pada komponen lain seperti R605, B+125V ternyata dalam keadaan normal, Anda bisa mengecek Dioda tipe 605 yang bisa menjadi penyebab tv sharp tidak bisa start namun tetap standby.

Jika dirasa memang benar rusak, Anda tidak usah bingung karena hanya tinggal melakukan penggantian saja, dan terakhir bisa menyalakan ulang tv sharp, jika menyala dengan normal berarti masalah sudah teratasi.

Baca Juga:




Kesimpulannya ada beberapa penyebab tv sharp standby tidak bisa start yang bisa Anda jadikan sebagai solusi untuk memperbaikinya, semoga artikel ini bermanfaat, dan jangan lupa untuk membaca artikel menarik lainnya hanya disini, atas kunjungan dan dukungannya, kami ucapkan terimakasih...
Tengku Khamzah Fauzi
Tengku Khamzah Fauzi I'm passionate about Tech, Electronics, How-to-Guides, and I'm thrilled to have you here.
Gabung Forum Teknisi Indonesia Sekarang! Klik Tombol "Gabung" untuk saling berbagi pengalaman dengan Teknisi Indonesia.