Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Menghidupkan HP Tanpa Baterai, Ajaib!

Berbicara mengenai cara menghidupkan hp tanpa baterai sebenarnya bukan hanya omong kosong saja, pada faktanya memang benar hampir setiap hp bisa dinyalakan hanya dengan menggunakan charger, hal ini tentunya sangat menarik dan harus Anda praktekan sekarang juga.

Untuk menyalakan hp tanpa baterai bukanlah hal yang baru, trik ini sudah ada sejak lama dan masih bisa berfungsi sampai sekarang. Tetapi kami tidak menjamin ponsel terbaru bisa menggunakan cara ini, karena kebanyakan ponsel keluaran terbaru memang sulit untuk diakali.

Sudah banyak HP yang dicoba untuk dihidupkan hanya dengan charger dan berhasil, jadi hal ini bisa Anda coba ketika memiliki HP yang tidak ada baterainya atau sudah langka dipasaran, maka bisa dihidupkan menggunakan charger dan sedikit komponen untuk memodifikasi.

Sudah banyak yang membahas artikel seperti ini, oleh karena itu kami merasa tertantang dan tidak ingin ketinggalan berbagi pengalaman untuk Anda dan pembaca lainnya. Untuk tutorial kali ini kami menggunakan sedikit komponen elektronik agar hp bisa menyala dan bertahan lama tanpa menggunakan baterai.

Cara Menghidupkan HP Tanpa Baterai


cara menghdiupkan hp tanpa baterai

Kami sudah menyediakan skema singkatnya yaitu rangkaian elektronik yang terdiri dari beberapa komponen elektronik pendukung yaitu:


  • Resistor ukuran 33 kilo
  • Kapasitor atau Elco ukuran 220 uF/16Volt


Baca juga:




cara menghidupkan hp tanpa baterai

Kami sudah menyediakan skema khusus diatas yang dibuat sendiri oleh tim JandelaTV, dengan adanya skema Fake Battery HP tentunya bisa mempermudah dalam mempraktekan tutorial yang sudah kami berikan.

Seperti yang disebutkan sebelumnya, setidaknya Anda harus memahami sedikit mengenai elektronik karena disini memang membutuhkan sedikit keahlian seperti menyolder, jadi selain Elco dan Resistor Anda juga membutuhkan alat alat tambahan yaitu Solder dan Timah.

Skema diatas adalah rangkaian untuk konektor pada HP, jadi untuk bagian (+) melewati elco terlebih dahulu, dan untuk bagian (-) arus melewati Resistor seperti pada skema diatas.

Agar berhasil dan tidak merusak HP, Anda harus teliti ketika memodifikasinya, jangan sampai kutub (+) dan kutub (-) terbalik, karena bisa menyebabkan konsleting yang tentunya dapat merusak komponen HP.

Kesimpulan


Tutorial diatas bukanlah benar-benar tanpa baterai (arus listrik) melainkan harus menggunakan charger, jadi usahakan menggunakan charger yang Amperenya besar agar HP tidak mati tiba-tiba.

Kesimpulannya Anda bisa menghidupkan hp tanpa baterai hanya menggunakan charger saja! ajaib bukan? nantikan artikel menarik lainnya dari JandelaTV, terimakasih sudah berkunjung dan semoga bermanfaat.
Tengku Khamzah Fauzi
Tengku Khamzah Fauzi I'm passionate about Tech, Electronics, How-to-Guides, and I'm thrilled to have you here.
Gabung Forum Teknisi Indonesia Sekarang! Klik Tombol "Gabung" untuk saling berbagi pengalaman dengan Teknisi Indonesia.