Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

TV Polytron Hidup Sebentar Mati Lagi? Begini Solusinya

Kasus yang sering terjadi pada TV Polytron tabung adalah "protek" yang ditandai dengan TV menyala sebentar dan langsung mati. Protek disebabkan karena ada komponen yang rusak sehingga IC utama tidak bekerja. TV Polytron hidup sebentar mati lagi umumnya bisa diperbaiki dengan mudah.

TV Polytron protek biasanya disebabkan karena ada komponen yang lemah atau rusak tepatnya pada bagian vertikal. Baik itu elco-elco disekitarnya atau IC vertikal itu sendiri yang rusak. Jika kerusakan ini dibiarkan saja, kemungkinan besar akan ada kerusakan lainnya.

Bukan hanya Polytron, merk TV yang lain juga sudah dilengkapi dengan sistem proteksi yang merupakan tanda bahwa adanya kerusakan pada mesin TV. Umumnya sistem protek bisa dilumpuhkan dengan trik khusus. 

Namun pada TV Polytron Anda hanya perlu mengganti salah satu komponen saja untuk melumpuhkan sistem proteksi tersebut agar TV bisa menyala dengan normal.


Penyebab TV Polytron Hidup Sebentar Mati Lagi


tv polytron hidup sebentar mati lagi

Ada beberapa masalah yang menyebabkan TV Polytron susah start atau protek dan akhirnya tidak bisa menyala, yaitu sebagai berikut:

  1. Terjadi malfungsi atau kerusakan pada bagian Elco vertikal yang umumnya memiliki ukuran 1uF 50V , kerusakannya adalah Elco tersebut menjadi lemah yang menyebabkan tv protek.
  2. Kerusakan pada beberapa bagian diantaranya adalah Flyback, vertikal, horizontal, tuner dan suara.
  3. Penyebab umum yang paling sering terjadi adalah rusaknya IC Vertikal yang bisa disebabkan karena turunnya kualitas Elco pendukung pada rangkaian vertikal.

Solusi TV Polytron Hidup Sebentar Mati Lagi


Setelah mengetahui penyebabnya Anda bisa dengan mudah memperbaiki kerusakan ini. Sesuai pengalaman kami, TV Polytron tabung yang diprotek disebabkan karena elco bagian IC vertikal kering, tepatnya elco berukuran 1uF/50v.

Anda bisa langsung menggantinya atau mengukur elco tersebut menggunakan multitester. Selain itu, jangan lupa untuk memeriksa elco lainnya yang berada dekat dengan IC vertikal.

Perhatikan juga bagian belakang mesin, tepatnya pada kaki-kaki elco dekat IC vertikal. Pastikan tidak ada titik solder yang retak. Anda bisa membersihkan PCB dengan cairan tinner dan melakukan penyolderan ulang pada setiap kaki elco dan IC vertikal.

Lihat juga: Kumpulan Skema TV Polytron Terlengkap

Cara Melumpuhkan Sistem Protek TV Polytron


Jenis TVDetectorTerdeteksiTegangan NormalMenonaktifkan Proteksi
DIVA Series, DIPE SeriesPIN NO.62 IC HBT-00-0XVertikal Output5 VoltSuntik Pin No.62 tegangan 5V
Excel SeriesPIN NO.61 STV223XBCL (Beam Current Limiter)5VoltLepaskan J345
BML Chasis (MX5203MS, MX-20323)PIN NO.16 IC701 (HBM-00-XX)Vertikal Output5 VoltSuntik PIN No.16 Tegangan 5 Volt
Pin No.46 IC301 (STV228X)BCL (Beam Currents Limiter) melalui D3045 Volt

Untuk cara kerja protek pada IC HBT-00-02G bisa dibilang tidak berbeda dengan IC Program lainnya, lebih jelasnya apabila tegangan pada PIN protek kurang dari 5 volt, contohnya 0 volt maka secara otomatis IC akan diperintah untuk masuk mode protek.

Lihat juga: Cara Setting TV Polytron LED Terlengkap

Jadi jika Anda ingin membuka TV Polytron yang terproteksi maka harus menonaktifkan fungsi sistem yang membuat TV menjadi protek seperti pada tabel diatas agar bagian yang rusak dapat dengan mudah diketahui.

Catatan:

  • Sebagai contoh, terjadi kerusakan pada bagian IC Vertikal, maka untuk menonaktifkan protek tidak bisa dengan cara melepas IC vertikal atau memotong jalurnya (jumper), hal itu karena tegangan di PIN protek didapat dari sumber frekuensi vertikal. Beda lagi masalahnya jika tegangan protek bersumber dari B+ melalui resistor dan jika ada kerusakan.
  • Jangan lupa untuk memastikan tegangan yang menuju IC program tidak boleh kurang dari 5 volt.
  • Semua tegangan ternyata normal dan tegangan vertikal juga tidak bermasalah setelah mengukur PIN protek HB-00-02G Pin.62 hanya menunjukan angka 2 Volt, ternyata penyebabnya adalah elco ukuran 1uF bermasalah yaitu kering sehingga tidak dapat menghantarkan tegangan AC dengan baik.

Lihat juga: Kode Remot TV Polytron Tabung dan LED

Demikian artikel singkat yang bisa kami bagikan mengenai cara mengatasi TV Polytron hidup sebentar mati lagi. Kesimpulannya, sistem proteksi aktif bisa disebabkan karena ada komponen bagian vertikal yang bermasalah.
Gabung Forum Teknisi Indonesia Sekarang! Klik Tombol "Gabung" untuk saling berbagi pengalaman dengan Teknisi Indonesia.

close