Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

TV Bergaris - Penyebab & Cara Memperbaikinya

Sebagai seorang teknisi tentunya kita harus mengetahui berbagai macam kerusakan televisi, salah satunya adalah masalah TV bergaris, sebenarnya artikel ini dibuat untuk siapapun yang mencari bagaimana cara memperbaiki tv bergaris, oleh karena itu kami menyarankan Anda untuk menyimak artikel ini sampai selesai.

Ada banyak sekali kerusakan TV yang mungkin belum kita ketahui, berbicara mengenai masalah layar tv bergaris, diantaranya adalah garis horizontalz vertikal, trapesium dan masih banyak lagi. Setiap kerusakan tv tentunya memiliki penyebab yang harus diketahui.

Sebelumnya kami sudah membahas bagaimana cara memperbaiki tv bergaris, namun pada artikel tersebut kami pisahkan menjadi dua artikel, tetapi sekarang kami akan menyatukannya menjadi satu artikel agar mudah dipahami dan lebih berbobot. berikut ini pembahasannya:

Cara Memperbaiki TV Bergaris


kerusakan tv bergaris

Sebelum memperbaikinya, terlebih dahulu Anda harus mengetahui penyebab layar tv bergaris, baik itu vertikal, horizontal, Trapesium dan lain lain. Berikut ini beberapa penyebab umum yang sering ditemukan:

Penyebab TV Bergaris



  • Kerusakan IC Vertikal
  • Resistor dibagian vertikal
  • Elco dekat IC Vertikal short
  • Elco dibagian Horizontal kendur
  • Kawat Yoke (jug/konde) ada yang putus
  • Solderan bagian IC Vertikal kendur
  • Elco bagian Horizontal short (biasanya ukuran voltnya besar)


Diatas adalah berbagai macam penyebab tv bergaris, diantaranya horizontal, vertikal dan trapesium, untuk cara memperbaikinya, silakan simak tutorial dibawah ini:

1. TV Bergaris Horizontal


tv bergaris 1

Sebenarnya ini adalah masalah umum yang sangat sering terjadi dan memang sudah banyak yang membahasnya, ada beberapa macam kerusakan horizontal pada layar TV, diantaranya adalah muncul gambar sedikit ketika dicolakan antena, dan ada juga yang hanya garis saja tanpa gambar.

Biasanya penyebab kerusakan garis horizontal terletak pada kendurnya solderan IC Vertikal, jadi yang pertama kali harus dilakukan adalah menyolder ulang IC Vertikal sampai benar-benar tidak ada yang kendur dan retak.

Jika cara itu tidak berhasil, Anda bisa mengecek bagian Elco dekat IC Vertikal, jika ada yang short segera ganti dengan yang normal, jangan lupa juga untuk mengecek resistor dibagian vertikal dan segera ganti jika menemukan tanda-tanda kerusakan.

Bagaimana kalau cara diatas belum berhasil juga? berarti langkah terakhir yang bisa dicoba adalah dengan mengganti IC Vertikal, biasanya tipe LA 78141, Anda juga bisa mencari dan menggunakan persamaan IC Vertikal pada artikel yang sudah kami publikasikan sebelumnya, yaitu persamaan IC LA 78141.

2. TV Bergaris Vertikal


tv bergaris 2

Tidak jauh berbeda dengan kerusakan pertama, garis vertikal adalah kebalikan dari horizontal, dan biasanya penyebab kerusakan ini ada pada elco bagian horizontal yang kendur ataupun short, jadi jangan lupa untuk melakukan pengecekan pada komponen tersebut.

Biasanya elco dibagian horizontal yang sering short memiliki tegangan volt yang tinggi, contohnya adalah 250V, oleh karena itu silakan lakukan pengecekan dengan teliti, segera ganti dengan yang normal jika Anda menemukan tanda-tanda kerusakan.

Baca juga: Cara Memperbaiki TV LED Bergaris Verikal

3. TV Bergaris Trapesium


tv bergaris 3

Mungkin Anda jarang sekali menemukan dan mendengar kerusakan tv bergaris trapesium, namun ini memang benar-benar bisa terjadi, singkatnya gambar menjadi seperti bentuk trapesium dan tentunya gambar menjadi tidak beraturan, mengecil dibagian bawah.

Penyebab garis trapesium adalah ada Kawat yoke (jug/konde) ada yang putus, jadi silakan cari bagian kawat yang putus lalu sambungkan lagi, maka kerusakan garis trapesium akan segera teratasi, mudah bukan?

4. TV Bergaris-garis Dibagian Atas / Blanking


tv bergaris 4

Yang terakhir sebagai tambahan adalah layar tv bergaris-garis dibagian atas, kerusakan ini terjadi karena ada masalah pada elco didekat IC Vertikal yang drop dan sudah kembung, lakukan pengecekan sampai Anda menemukan elco yang bermasalah tersebut, untuk pengukurannya bisa dilakukan dengan menggunakan Avometer.

Baca juga:




Demikian artikel singkat mengenai penyebab dan cara memperbaiki TV Bergaris, kesimpulannya Anda bisa dengan mudah mengatasi kerusakan-kerusakan tersebut, jangan lupa bagikan artikel ini jika bermanfaat, sekian dan terimakasih.
Tengku Khamzah Fauzi
Tengku Khamzah Fauzi I'm passionate about Tech, Electronics, How-to-Guides, and I'm thrilled to have you here.
Gabung Forum Teknisi Indonesia Sekarang! Klik Tombol "Gabung" untuk saling berbagi pengalaman dengan Teknisi Indonesia.