Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

TV Polytron Mati Total (Penyebab & Solusinya)

Banyak sekali penyebab kenapa tv polytron mati total, kerusakan ini biasanya ditandai dengan beberapa ciri, contohnya saja adalah mati total dengan suara berdenging dan adapula yang benar-benar mati tidak ada tanda kehidupan, walaupun masalahnya sama, tetapi cara memperbaikinya belum tentu sama.

TV Polytron sudah lama dikenal banyak orang, sampai sekarang masih banyak yang menggunakan TV polytron dirumah, alasannya bervariatif, salah satunya adalah kualitas yang bagus, tidak cepat rusak dan biasanya dijual dengan harga terjangkau.

Polytron adalah salah satu rekomendasi merk tv yang sudah dipercaya banyak orang, tetapi tetap saja semua tv pun pasti akan rusak, jadi Anda jangan berfikir untuk mencari merk tv yang tidak akan pernah rusak.


Walaupun polytron sudah dipercaya, bukan berarti tidak akan rusak, hanya saja dapat bertahan lebih lama daripada merk tv dibawahnya, jika tv polytron rusak, kami sarankan Anda untuk membaca artikel ini sampai selesai agar mengetahui penyebab dan cara memperbaikinya:

Penyebab TV Polytron Mati Total


Sebelum ketopik utama, agar Anda dapat memahami keseluruhannya, tidak ada salahnya untuk mengetahui penyebab umum kenapa tv polytron bisa mati total, berikut ini kami sudah merangkumnya:

  • Kerusakan pada power supplay regulator
  • Output regulator bermasalah
  • Short pada salah satu dioda dumper
  • Elco kering atau Short
  • Transistor horizontal short
  • Transformator flyback rusak atau short
  • Timah retak dan tidak merekat sempurna

Penyebab diatas sering ditemukan pada tv polytron tabung dengan tipe yang berbeda-beda, jadi biasnaya jika tipe berbeda maka penyebab dan cara memperbaikinyapun berbeda, tetapi ada juga yang sama.

Cara Memperbaiki TV Polytron Mati Total


tv polytron mati total

Setelah mengetahui penyebabnya, langsung saja kita ke pembahasan utama, yaitu cara memperbaikinya, disini kami akan membagi lagi dari gejala-gejalanya:

1. TV Polytron Mati Total Lampu Indikator Berkedip


Kerusakan pertama ini memang jarang terjadi, namun ada beberapa tipe tv polytron yang ditandai dengan gejala lampu indikator yang terus berkedip, jika Anda mengalami masalah ini, kami akan mencoba untuk mencari solusinya:

Jika tv dalam keadaan standby saja, dalam artian tidak bisa start dan lampu indikator hanya kedip-kedip, Anda bisa mencoba untuk memeriksa C250 yang berukuran 120J 2KV dan resistor 2'2 Ohm, jika diketahui ada kerusakan pada komponen tersebut, Anda bisa mencoba untuk menggantinya.

Selain itu, jika output mengalami penurunan tegangan sekitar 10 volt (biasanya ditandai dengan lampu indikator yang berkedip lebih cepat) yang disebabkan karena kurangnya masukan daya ke IC utama, Anda bisa melakukan pengecekan pada elco 10 volt sekunder regulator, yaitu elco C503 dengan ukuran 1000uF 25 volt.

2. TV Polytron MX51323 Mati Total


Seperti yang kami katakan sebelumnya, tv polytron tabung memiliki cukup banyak tipe dan biasanya penyebabnya pun berbeda walaupun kerusakannya sama, yaitu mati total. Untuk tipe MX51323 biasanya disebabkan karena ada Dioda yang mati, Anda bisa mencoba mengganti D522 = IN4002, sebelum diganti, jangan lupa untuk dicek terlebih dahulu.

Baca juga: Kumpulan Skema TV Polytron Terlengkap

3. TV Polytron MS14500 Mati Total


Ini berbeda tipe lagi, jika terjadi kerusakan pada tv polytron tipe tersebut, yaitu matot, Anda bisa melakukan pengecekan pada IC TDA 8380A, ini adalah IC utama yang mengatur pasokan daya pada mesin TV, jika rusak, maka secara otomatis tv tidak akan bisa menyala.

4. TV Polytron Slim Mati Total (Berdenging)


Jika kerusakannya disertai dengan bunyi berdenging, itu tandanya power supplay sedang menerima beban yang berat, dan yang membebani power supplay tersebut biasanya adalah IC Power Vertikal atau Transistor Power Horizontal, Anda harus memeriksa komponen tersebut.

Selain itu, kerusakan ini juga bisa disebabkan karena masalah pada Flyback B+ yang short dengan Ground, solusinya silakan ganti dengan tipe flyback yang sesuai, jangan sampai salah menggantinya.

Baca juga: Solusi TV Polytron Hidup Sebentar Mati Lagi

5. TV Polytron Mati Total Bunyi Cit


Yang terakhir, tidak sedikit orang yang mengalami kerusakan pada tv polytronnya, yaitu matot disertai dengan suara mencuit (ciiiittt) kira-kira bergitulah suaranya, kenapa ini bisa terjadi? ternyata bunyi cit tersebut disebabkan karena tegangan + yang terhubung langsung dengan ground.

Untuk memperbaiki masalah ini, Anda bisa mencoba melakukan pengecekan pada beberapa komponen diantaranya adalah Dioda B+ 115 Volt, transistor horizontal, kondensator, flyback  dan IC vertikal.

Artikel terkait:




Demikianlah artikel singkat mengenai penyebab dan solusi tv polytron mati total, jika ada pertanyaan, kritik dan saran silakan tulis dikolom komentar atau hubungi kami melalui menu kontak dibawah, semoga artikel ini bermanfaat, terimakasih sudah berkunjung.
Tengku Khamzah Fauzi
Tengku Khamzah Fauzi I'm passionate about Tech, Electronics, How-to-Guides, and I'm thrilled to have you here.
Gabung Forum Teknisi Indonesia Sekarang! Klik Tombol "Gabung" untuk saling berbagi pengalaman dengan Teknisi Indonesia.