Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Setting Remote AC Universal Beserta Kodenya

Banyak orang yang belum mengetahui bagaimana cara setting remote AC universal, karena seringkali remote asli dari AC tersebut hilang, rusak ataupun bermasalah sehingga harus menggantinya dengan remote universal seperti Chunghop yang bisa digunakan hampir untuk semua merk AC. Sebelum mengatur remote AC, tentunya Anda harus mengetahui kode yang sesuai dengan merk AC yang dimiliki.

Pada umumnya, setiap AC tentunya dilengkapi dengan remote bawaan masing-masing yang bisa langsung digunakan untuk mengatur suhu, mengatur arah swing atau mengatur kecepatan blowernya. Ternyata, ada cara yang lebih praktis untuk mengatur banyak AC dengan merk berbeda dengan satu remote, yaitu Universal. Anda hanya tinggal memasukan kode remote yang sesuai dengan merk ACnya.

cara setting remote AC universal


Biasanya, kertas yang berisi kumpulan kode remote AC akan tersedia didalam kotak remote universal yang baru dibeli, terdapat banyak merk AC beserta kode remotenya, seperti Akari, Samsung, Sharp, Panasonic dan lain lain. Pada artikel kali ini, kami akan membahas tutorial mengenai cara setting remote AC universal, berikut ini langkah-langkahnya:

Cara Setting Remote AC Universal


Untuk setting remote AC universal bisa Anda lakukan dengan mudah, berikut ini tutorialnya:

  • Langkah pertama yaitu menghidupkan AC secara manual didalam ruangan (indoor)
  • Kemudian, cari kode remote AC sesuai merk yang Anda miliki (kodenya akan kami cantumkan dibawah)
  • Selanjutnya Anda harus memasukan kode tersebut dengan cara menekan tombol "SET" pada remote selama 3 detik sampai 3 digit angka yang berada pada pojok kanan bawah layar remote berkedip.
  • Jika 3 digit angka tersebut sudah berkedip, langkah selanjutnya adalah tekan tombol "TEMP" (temperatur) kebawah dan keatas sampai menuju kode AC berdasarkan merk (kode akan kami cantumkan dibawah)
  • Misalnya, AC merk Panasonic, maka kodenya adalah 660-689, maka Anda harus menekan tombol "TEMP" (temperatur) sampai menuju kode tersebut, yaitu 660-689.
  • Terakhir, jika sudah benar maka buzzer pada indor (dalam ruangan) akan berbunyi, tekan tombol "OK" untuk keluar dari menu pengaturan.

Baca juga: Cara Memasukan Kode Remote TV

Setelah mencoba langkah-langkah diatas, Anda harus memastikan apakah remote tersebut berfungsi dengan baik atau tidak, Anda juga dapat melihat video tutorialnya jika langkah-langkah diatas dirasa kurang jelas:


Kode Remote AC Universal


Setiap merk AC tentunya memiliki kode remote yang berbeda-beda, kami sudah menyediakan daftar kode remote AC universal berbagai merk yang bisa Anda coba untuk remote AC universal:

cara setting remote AC universal

Baca juga: Kode Remote TV Lengkap Untuk Semua Merk

Demikian artikel singkat yang dapat kami bagikan mengenai cara setting remote AC universal lengkap beserta kodenya. Jangan lewatkan artikel menarik lainnya hanya di JandelaTV. Terimakasih sudah berkunjung, semoga bermanfaat.
Gabung Forum Teknisi Indonesia Sekarang! Klik Tombol "Gabung" untuk saling berbagi pengalaman dengan Teknisi Indonesia.

close