Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kode Remot AC Panasonic Universal Beserta Cara Settingnya

Kode remot AC Panasonic dibutuhkan ketika ingin menggunakan remote AC universal agar bisa berfungsi untuk AC Panasonic Anda. Ketika pertama kali digunakan, remote universal harus disetting terlebih dahulu dengan memasukan kode remot yang sesuai dengan merk AC Anda.

Umumnya ketika membeli AC Panasonic pasti akan mendapatkan remote bawaan yang bisa langsung digunakan. Tetapi apabila remote tersebut rusak atau hilang, maka opsi terbaik adalah membeli remote AC universal dengan memasukan kode remot universal AC Panasonic.

Panasonic termasuk salah satu merk AC yang paling banyak didukung oleh remote universal seperti Chunghop dan Joker. Anda hanya perlu memasukan kode remot AC Panasonic yang terdiri dari 3 digit angka sampai semua tombol pada remote universal bisa berfungsi dengan baik. Berikut daftar lengkapnya:

Daftar Kode Remot AC Panasonic Universal


kode remot ac panasonic

Khusus untuk AC Pansonic hanya memiliki 2 variasi kode remot yang paling cocok digunakan pada remote AC universal merk Chunghop, Joker atau lainnya.
  • 661
  • 671

Cara Memasukan Kode Remot AC Panasonic


Setelah mencatat daftar kode remot diatas, sekarang Anda hanya perlu memasukan kode tersebut ke remote AC universal. Setiap merk remote AC universal biasanya memiliki cara yang sama untuk setting kode remot. Langsung saja ikuti langkah-langkahnya dibawah ini:
  • Tekan dan tahan tombol [SET] pada remote sampai angka "000" muncul di layar remote AC.
  • Kemudian tekan tombol [OK] pada remote AC universal.
  • Setelah itu tekan tombol arah "Temp" untuk mencapai kode remote yang sesuai dengan daftar diatas.

Apabila belum paham dengan langkah-langkah diatas, kami sarankan langsung saja tonton video tutorial setting remote AC Panaosnic universal berikut ini:


Kenapa Remote AC Panasonic Universal Tidak Berfungsi?


Bagaimana jika sudah setting remot AC Panasonic dengan kode diatas namun tidak berfungsi? masalah ini disebabkan oleh beberapa faktor, diantaranya adalah:

1. Kode Remot Tidak Cocok


Diatas tersedia beberapa pilihan kode remot AC Panasonic yang mungkin salah satunya tidak cocok untuk model AC Panasonic Anda. Apabila setelah memasukan kode diatas namun remot AC tidak berfungsi sama sekali maka Anda harus mencoba memasukan kode lainnya.

Setiap model AC Panasonic tentu memiliki sistem yang berbeda dalam membaca sinyal dari kode yang dimasukan diremote AC universal Anda. Jadi cobalah untuk memasukan variasi kode lainnya sampai remote AC universal Panasonic berfungsi dengan normal.

2. Pastikan Remote Berfungsi


Ketika membeli remote universal baru, Anda harus memastikan terlebih dahulu apakah remot tersebut berfungsi dengan baik atau tidak. Cobalah pasang baterai remote dan ikuti cara setting kode remot AC Panasonic diatas.

Biasanya remote AC universal yang berfungsi ditandai dengan lampu indikator LED diremote yang menyala setiap kali tombol pada remote ditekan. Anda juga bisa memanfaatkan kamera ponsel untuk memastikan apakah remote AC universal berfungsi atau tidak. Berikut caranya:
  • Buka aplikasi kamera di hp.
  • Arahkan bagian depan remote AC ke kamera.
  • Lihat kamera hp sambil menekan salah satu tombol diremote AC.
  • Apabila pada layar hp terlihat cahaya dari sensor infrared remote, maka bisa dipastikan remote tersebut masih berfungsi.

3. Lepas dan Pasang Kembali Baterai


Tidak jarang masalah remote AC universal yang tidak berfungsi disebabkan karena pemasangan baterai yang kurang tepat. Anda bisa mencoba untuk melepas baterai dan pastikan posisi pemasangannya sudah benar, setelah itu coba untuk memasukan kode remot AC universal Panasonic kembali.

Sebenarnya ketika membeli remote AC universal Anda akan mendapatkan kertas berisi daftar kode remot dari berbagai merk AC, termasuk Panasonic. Jadi jika ada variasi kode remot AC Panasonic lainnya, Anda bisa mencoba kode tersebut sampai remote AC universal berfungsi untuk AC Panasonic Anda.

Lihat juga:
Tengku Khamzah Fauzi
Tengku Khamzah Fauzi I'm passionate about Tech, Electronics, How-to-Guides, and I'm thrilled to have you here.
Gabung Forum Teknisi Indonesia Sekarang! Klik Tombol "Gabung" untuk saling berbagi pengalaman dengan Teknisi Indonesia.