6 Cara Mengatasi TV Tidak Ada Sinyal (LENGKAP) - JandelaTV

6 Cara Mengatasi TV Tidak Ada Sinyal (LENGKAP)

Dari berbagai macam kendala pada TV, salah satunya yang paling sering dialami adalah TV tidak ada sinyal atau no signal yang meyebabkan TV tidak bisa menangkap siaran yang ada. Berbicara mengenai masalah ini, kami akan membahas penyebab dan cara mengatasinya, oleh karena itu silakan baca artikel ini sampai selesai.

Sekarang ini, sudah banyak sekali siaran TV yang bisa kita dapatkan bahkan tanpa harus menggunakan parabola, konten yang tersaji didalamnya juga bermanfaat, menghibur dan tentunya bisa dinikmati secara gratis.


Namun terkadang, ketika sedang asik menonton siaran favorit, tiba tiba tv tidak ada sinyal, untuk mengatasi masalah ini bisa dibilang tidak terlalu sulit, karena biasanya hanya disebabkan oleh masalah ringan saja, berikut ini pembahasan lengkapnya:

Cara Mengatasi TV Tidak Ada Sinyal


tv tidak ada sinyal

Baca juga: Cara Memperbaiki TV Tidak Ada Suara

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan sebagai langkah untuk memperbaiki tv yang hilang sinyalnya, tutorial dibawah ini kami dapatkan dari beberapa sumber terpercaya dan juga dari pengalaman pribadi, berikut ini beberapa tips yang bisa Anda coba:

1. Ubah Posisi Antena


Ini adalah penyebab umumnya, seringkali siaran tv terlihat kurang jelas, atau dikenal dengan banyak semutnya, ini lantaran posisi antena yang berubah karena angin, cuaca buruk dan bisa juga karena ada burung yang bertengger di antena tersebut.

Saran kami, apabila Anda sudah menemukan posisi antena yang tepat, agar tidak bergerak lagi disarankan untuk mengikat antena tersebut dengan tujuan agar posisinya tidak berubah lagi, jadi langkah pertama adalah Anda harus mencoba menggeser antena sampai menemukan posisi yang tepat.

Anda juga bisa mencoba untuk meninggikan antena jika dirasa terlalu rendah, tetapi jangan terlalu tinggi karena hembusan angin diatas akan semakin kencang, kecuali jika sudah yakin antena tidak akan tergeser oleh angin.

Baca juga:

2. Periksa Kabel Antena


Tidak jarang kasus ini terjadi karena kabel antena yang rusak atau putus, bisa karena gigitan tikus atau memang sudah terlalu lama tidak diganti, jika kabel putus maka antena tidak akan tersambung dengan TV, inilah yang menyebabkan hilangnya sinyal dan siaran.

Anda bisa melakukan pengecekan pada kabel antena, mulai dari pengecekan fisik dan juga pengukuran menggunakan multitester, jika memang ada tanda-tanda kerusakan, silakan ganti kabel antena dengan yang baru.

Baca juga: Cara Membuka TV yang Terkunci (Child Lock)

3. Periksa Jack Penghubung Antena


tv tidak ada sinyal

Tidak kalah penting untuk melakukan pengecekan pada Jack penghubung kabel antena ke tuner TV, karena ini adalah salah satu bagian yang memiliki peran penting, bisa jadi jack tersebut rusak, biasanya sudah berkarat yang menyebabkan tidak dapat terhubung sempurna dengan tuner TV.

Apabila sudah berkarat, Anda bisa mencoba membersihkannya menggunakan cairan tiner dan sikat gigi, pastikan karat tersebut hilang dan jack antena sudah benar-benar bersih.

4. Periksa Tuner TV


Jika tips diatas belum juga berhasil, Anda harus melakukan pemeriksaan lebih dalam lagi, yaitu mengecek kondisi tuner TV, sama seperti jack penghubung, pastikan tuner TV tidak berkarat ataupun tidak ada kotoran yang menghalanginya.

Selain dibersihkan, disarankan juga untuk melakukan penyolderan ulang pada kaki tuner, biasanya ada beberapa timah yang sudah retak dan tidak menempel lagi.

Kemudian, ukurlah tegangan dengan nilai sekitar 5-12 Vdc yang masuk ke B+ tuner, adapun tegangan lainnya dengan nilai lebih tinggi yang masuk kebagian VT tuner, yaitu sekitar 100-130 Vdc, pastikan tegangan sesuai dan tidak kurang dari yang sudah kami sebutkan tadi.

Jika sudah dilakukan pengukuran dan ternyata tegangan kurang, itu bisa jadi karena ada komponen pada bagian supply diatas yang rusak, seperti resistor dan elco, silakan lakukan juga pengecekan pada komponen tersebut.

Baca juga: Cara Mencari Chanel TV yang Hilang

5. Ganti Tuner TV


Sekiranya tuner tv sudah rusak dan tidak bisa diperbaiki lagi, silakan ganti dengan tipe yang sesuai atau dengan jumlah kaki yang sama, pastikan tuner tv yang diganti masih berfungsi dengan baik, tidak ada karat dan masalah lainnya yang sudah kami sebutkan diatas.

6. Kerusakan IC Program


Terakhir, jika Anda sudah mencoba semua tips diatas tetapi belum juga ada yang berhasil, kemungkinan besar masalahnya ada pada IC utama, yaitu IC Program, solusi yang paling tepat adalah mencoba untuk mengganti IC tersebut dengan tipe yang sesuai.

Penyebab TV Tidak Ada Sinyal


Setelah membaca tips diatas, tidak ada salahnya untuk mengetahui beberapa faktor yang menyebabkan hilangnya sinyal pada televisi, ini juga dapat menambah pengetahuan dan bisa memudahkan Anda untuk mengatasi masalah tersebut.

TV tidak ada siaran umumnya disebabkan karena berkurangnya atau bahkan hilangnya sinyal frekuensi dari sebuah pesawat pemancar yang lebih dikenal dengan sebutan (transmiter) oleh pesawat penerima (receiver), hal itu dipengaruhi oleh beberapa penghambat.

Baca juga: Cara Memperbaiki TV LED LG Tidak Ada Gambar

Kami sudah merangkum penyebabnya dibawah ini, Anda bisa mencatatnya untuk antisipasi jika sewaktu-waktu mengalami masalah yang sama lagi.

  • Cuaca buruk
  • Antena TV rusak
  • Kerusakan Tuner TV
  • Kerusakan IC Program
  • Banyak penghalang sinyal
  • Jarak penerima dan pemancar terlalu jauh
  • Masalah pada kabel antena (biasanya putus)
  • Posisi antena terlalu rendah sehingga tangkapan sinyal tidak maksimal

Baca juga: Penyebab TV Tidak Merespon Remote dan Solusinya

Penyebabnya memang cukup banyak, selain itu juga masih ada faktor lainnya yang membuat tv tidak bisa menangkap siaran, contohnya adalah lokasi yang berada didaerah pelosok, karena biasanya jarak frekuensi terlalu jauh dan cukup sulit dijangkau.

Sekian tutorial singkat yang bisa kami bagikan mengenai masalah TV tidak ada sinyal, kesimpulannya, ada banyak faktor yang menyebabkan masalah ini, dan yang paling sering adalah hanya karena posisi antena bergeser saja. Sekian, semoga artikel ini bermanfaat.
Gabung Forum Teknisi Indonesia Sekarang! Klik Tombol "Gabung" untuk saling berbagi pengalaman dengan Teknisi Indonesia.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close