Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Solusi Youtube Pause Sendiri di Android (AMPUH)

Sebagian orang sering dibuat kesal karena Youtube pause sendiri khususnya di Android, hal ini tentunya dapat mengganggu aktivitas streaming Anda bukan? agar tidak terjadi lagi, kami sarankan Anda untuk membaca artikel ini sampai selesai.

Youtube adalah salah satu media informasi berbentuk di video yang dibuat oleh jutaan kreator di dunia, tidak heran, Youtube menjadi aplikasi penting yang wajib diinstal di Android Anda, kita bisa dengan mudah menonton, menemukan informasi dari berbagai chanel berbeda.

Namun terkadang, masalah youtube pause sendiri di Android tidak bisa dihindari, penyebabnya bisa jadi karena jaringan yang tidak stabil, atau masalah lainnya yang akan kami bahas lengkap disini, sebenarnya untuk mengatasi masalah buffering youtube sangatlah mudah, yuk lanjut bacanya!


Beberapa orang dibuat kesal ketika sedang menonton video di youtube, salah satunya adalah video youtube selalu berhenti sendiri, masalah ini lebih dikenal dengan sebutan " Buffering " yang terjadi karena beberapa penyebab, mau tau? berikut ini penyebabnya:

Penyebab Youtube Pause Sendiri


Tidak ada salahnya Anda mengetahui penyebab kenapa masalah ini bisa terjadi, sebenarnya tidak hanya Android saja, iOS atau laptop juga seringkali mengalami hal ini, Admin akan membagikan pengalaman kenapa sering pause sendiri, diantaranya adalah:


  • Jaringan internet tidak stabil
  • Pengaturan kualitas video terlalu tinggi, 1080P keatas.
  • Gangguan jaringan pada Provider yang Anda gunakan.
  • Bug pada aplikasi youtube (biasanya masih menggunakan versi lama)


Setelah mengetahui penyebab kenapa video youtube bisa berhenti sendiri, sekarang kami akan memberikan solusinya yang bisa Anda praktekan sekarang juga:

Solusi Youtube Pause Sendiri


youtube pause sendiri

Berikut ini beberapa langkah yang bisa Anda coba untuk mengatasi masalah tersebut, beberapa solusi dibawah kami dapatkan dari sumber terpercaya, kami sarankan Anda untuk membacanya sampai selesai, jangan sampai ada yang kelewat ya!

1. Periksa Jaringan Internet


Penyebab umum yang sering terjadi adalah karena jaringan internet tidak stabil, pasalnya, untuk menonton video youtube diharuskan menggunakan jaringan dan kuota internet yang lumayan cepat agar tidak sering berhenti sendiri, pastikan jaringan internet atau sinyal bagus, tidak ada gangguan.

Biasanya, gangguan pada jaringan terjadi ketika sedang cuaca buruk, misalnya hujan, dan angin kencang, namun ada beberapa provider yang tahan dari masalah tersebut, jadi coba untuk akses yang lainnya, apakah lebih terasa lambat atau tidak.

2. Atur Kualitas Video


Jika dirasa jaringan lebih lambat dari sebelumnya, kami sarankan Anda untuk mengubah resolusi video yang ditonton menjadi lebih rendah agar proses loading video tidak berat, jika sebelumnya sering menonton dengan resolusi 720p, cobalah untuk mengubahnya ke mode Otomatis, atau kualitas dibawahnya.

youtube pause sendiri


Diatas adalah gambar cara mengubah resolusi atau kualitas video youtube di Android, kami sarankan Anda untuk menggunakan mode otomatis saja, karena akan menyesuaikan dengan tingkat kecepatan internet Anda.

3. Bersihkan Cache dan Data Youtube


Selain cara diatas, Anda juga bisa mencoba untuk membersihkan cache dan data pada aplikasi youtube di Android, jika data dan file sampah semakin menumpuk, biasanya akan menyebabkan kinerje aplikasi menjadi lebih lambat dan banyak masalah, salah satunya adalah lag saat memutar video.

Anda bisa membuka menu pengaturan > aplikasi > youtube > hapus data dan cache >, jika Anda menghapus data maka secara otomatis aplikasi youtube akan kembali seperti pengaturan semula, dan semua video yang sudah Anda download dan tersimpan di Offline akan terhapus, kecuali jika hanya menghapus Cache saja, video Offline tidak akan hilang.

4. Perbarui Aplikasi Youtube


Cara terakhir adalah dengan memastikan bahawa aplikasi youtube yang terinstal di Android Anda sudah versi terbaru, jika belum silakan update melalui google play store, biasanya jika Anda masih menggunakan versi lama, akan terdapat banyak bug, apalagi jika sudah cukup lama tidak diperbarui.

Beda halnya jika masalah pause sendiri terjadi setelah Anda memperbarui aplikasi youtube, bisa jadi versi baru tidak cocok dengan Android Anda, dan solusinya adalah dengan menggunakan versi sebelumnya, atau dikenal dengan sebutan "Downgrade".

Cukup sekian artikel singkat yang bisa kami bagikan dengan judul solusi youtube pause sendiri di Android, Anda juga bisa menerapkan tips diatas di youtube versi iOS, atau bahkan desktop atau komputer, jika dirasa bermanfaat, jangan lupa untuk membagikannya ya! terimakasih.
Gabung Forum Teknisi Indonesia Sekarang! Klik Tombol "Gabung" untuk saling berbagi pengalaman dengan Teknisi Indonesia.

close