Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Layar Mi Band Redup? Ini Penyebab dan Solusinya

Sekarang ini sudah banyak orang yang lebih memilih menggunakan jam tangan digital, bahkan ada beberapa yang sudah memiliki fitur canggih, seperti halnya Mi Band yang merupakan salah satu Smartwatch terbaik, namun kekurangannya adalah layar Mi Band redup setelah beberapa bulan pemakaian.

Sebenarnya bukan hanya Anda saja yang mengalami masalah seperti ini, kami sudah membaca keluhan lainnya diforum xiaomi dan memang cukup banyak yang mengeluhkan masalah serupa, itu tandanya pengguna Mi Band banyak dan ini merupakan salah satu kekurangannya.


Selain layar Mi Band redup, tidak sedikit juga yang mengalami masalah lebih parah bahkan layar mati, iyaps betul! jika redup mungkin masih bisa terlihat walaupun samar-samar, tapi kalau mati berarti tidak ada display dilayar, hanya menjadi pajangan pergelangan tangan saja.

Layar Mi Band Redup


Dari cukup banyaknya orang yang mencari cara memperbaikinya, kami bertujuan untuk memberikan pencerahan untuk Anda dan pembaca lainnya dengan cara memberitahu penyebab kerusakan layar Mi band yang redup dan juga cara memperbaikinya, jadi silakan simak artikel ini sampai selesai.

Penyebab Layar Mi Band Redup


layar mi band redup

Tentunya Anda harus mengetahui penyebabnya terlebih dahulu agar bisa menyimpulkan apakah masalah ini bisa diatasi sendiri atau memang harus ada komponen yang diganti, jadi kami berharap Anda tidak melewati penjelasan berikut ini:

Kami membaca jawaban dari keluhan yang sama mengenai masalah Mi Band di forum Xiaomi, ternyata memang ini adalah hal yang sudah biasa, umumnya layar Mi Band hanya bisa bertahan kurang lebih 1 tahun saja, karena teknologi layar yang digunakan masih OLED.

Berbeda dengan layar LED dan LCD, OLED sendiri cenderung tidak memiliki polarisi, warna yang dipancarkan oleh layar OLED tergantung pada molekul, sedangkan cahayanya tergantung pada voltase yang masuk.

Karena Mi Band menggunakan layar OLED, masalah ini mungkin merupakan hal yang wajar, karena pasalnya layar OLED memiliki molekul-molekul yang setiap waktunya akan terus menurun, khususnya pada molekul warna biru, inilah yang menyebabkan layar Mi Band menjadi redup.

Solusi Layar Mi Band Redup


Dilihat dari penyebabnya, tentu saja solusi yang paling tepat adalah mengganti layar Mi Band dengan yang baru, karena jika sudah rusak seperti itu akan sulit untuk diperbaiki lagi, jadi intinya memang layar OLED memiliki umur yang lebih pendek.

Tetapi yang perlu diketahui, Anda akan kesulitan ketika ingin mengganti layarnya, karena memang sangat sedikit sekali yang menjual sparepart layar Mi Band, kalaupun Ada mungkin harganya tidak jauh berbeda dengan harga jam tangan tersebut, kalau kami sarankan sih mending beli yang baru.

Nah Anda bisa mengambil pelajaran dari masalah ini, jika Anda memilih untuk membeli Mi Band baru, agar masalah yang sama tidak terulang lagi, kami sarankan untuk mencoba tips dibawah ini:


  • Matikan fitur menyala otomatis
  • Jangan terlalu sering menyalakan layar Mi Band
  • Nonaktifkan fitur yang sekiranya tidak terlalu penting


Tips diatas adalah upaya untuk menambah umur layar Mi band Anda agar tidak cepat rusak, jadi intinya gunakan seperlunya saja, jangan terlalu sering menyalakan layar jika memang tidak terlalu perlu.

Itulah artikel singkat mengenai penyebab dan solusi layar Mi Band redup, kami berharap artikel ini bermanfaat, jangan lupa untuk membaca artikel menarik lainnya hanya di JandelaTV, jika dirasa menarik dan berbobot, jangan sungkan untuk membagikan artikel ini ya! terimakasih.
Tengku Khamzah Fauzi
Tengku Khamzah Fauzi I'm passionate about Tech, Electronics, How-to-Guides, and I'm thrilled to have you here.
Gabung Forum Teknisi Indonesia Sekarang! Klik Tombol "Gabung" untuk saling berbagi pengalaman dengan Teknisi Indonesia.