Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

TV LED Sony Berkedip? Ini Kode Kedipannya

Seperti yang kita ketahui, ada beberapa merk televisi yang kerusakannya bisa diketahui melalui kedipan lampu indikator yang biasanya berwarna merah, seperti tv sharp dan juga tv led sony bravia, berikut ini kami akan membahas mengenai tv led sony berkedip.

Sebenarnya masalah kedipan ini lebih dikenal dengan protek, yang artinya ada salah satu atau beberapa komponen yang bermasalah, yang bisa diketahui melalui jumlah kedipan pada lampu indikator merah, ini tentunya memudahkan tugas teknisi dalam mencari penyebab kerusakan tersebut.

Kasus seperti ini sering terjadi pada tv led Sony Bravia, belum lama ini admin sendiri sudah berhasil memperbaiki kasus seperti ini yang ternyata kerusakannya hanya disebabkan karena ada salah satu lampu backlight yang mati, penasaran apa saja kode kedip tersebut? silakan baca artikel ini sampai selesai.

Kode Kedip TV LED Sony


tv led sony berkedip

Yang harus Anda ketahui, setiap kedipan atau Blinks tersebut memiliki kode yang berbeda beda, dan tentunya kerusakannya pun tidak sama, menurut Admin hal ini wajib diketahui oleh para teknisi, karena bisa dapat menemukan permasalahannya dengan cepat.

TV LED Sony Kedip 2 Kali


Kedipan pertama ini memang yang paling sedikit, yaitu hanya 2 kali saja. Anda harus mengitung kedipan itu pada saat lampu berwarna merah, bukan berwarna hijau. Jadi jika lampu tersebut hanya berkedip 2 kali saja, itu menandakan ada masalah pada Power Supplay tersebut.

Anda bisa segera melakukan pemeriksaan pada bagian board power supplay untuk menemukan komponen mana yang bermasalah, jadi ini adalah titik fokus pemeriksaan pada tv tersebut.

TV LED Sony Kedip 3 Kali


Tidak jauh berbeda dengan yang pertama, lampu indikator yang berkedp 3 kali itu kerusakannya masih ada pada bagian Power Supplay ataupun Papan Regulator, silakan lakukan pengecekan pada bagian tersebut.

Baca juga: Cara Masuk Factory Mode TV Samsung

TV LED Sony Berkedip 5 Kali


Nah kami harap Anda tidak mendapatkan kasus dengan kode 5 kali kedip, pasalnya penyebab kerusakannya biasanya ada pada panel LCD yang bermasalah, itu bisa jadi ada yang short saat masuk ke T-Connya, atau tegangan lcd ke T-Con hilang, solusinya silakan lakukan pengecekan test poin ke jalur panel lcd atau led tv tersebut.

TV LED Sony Berkedip 6 Kali


Kode protek ini yang sering terjadi, kedipan 6x sudah bisa dipastikan bahwa penyebab kerusakannya ada pada backlight, biasanya ada beberapa lampu yang mati, solusinya silakan ukur satu persatu setiap lampu dengan menggunakan multitester, langsung lakukan penggantian jika ada lampu yang mati.

Jika memang backlight atau inverter board normal, lanjutkan pemeriksaan kebagian papan power supplay dan mainboar.

Baca juga: Cara Membuka Service Mode TV Sharp

Kode kedipan tersebut biasanya paling banyak adalah sampai 14 kali, nah untuk mengetahui lebih jelasnya, kami akan membuatkan tabel dibawah ini:

Kode Kedip Keterangan
7 Kali Main Board
8 Kali Main Board atau Papan Board
11 Kali Main Board
12 Kali Panel LCD atau T-Con
13 Kali Panel LCD, Inverter Boards dan Balancer Boards
14 Kali Panel LCD atau T-con

Kesimpulannya, dengan ada kode kedip atau tanda protek tersebut dapat memudahkan kita dalam menemukan penyebab kerusakannya, ini juga berlaku pada tv Sharp, LG dan Samsung.

Baca juga:


Demikian artikel singkat mengenai masalah TV LED Sony berkedip, jangan lupa baca artikel menarik lainnya hanya di JandelaTV, terimakasih.
Tengku Khamzah Fauzi
Tengku Khamzah Fauzi I'm passionate about Tech, Electronics, How-to-Guides, and I'm thrilled to have you here.
Gabung Forum Teknisi Indonesia Sekarang! Klik Tombol "Gabung" untuk saling berbagi pengalaman dengan Teknisi Indonesia.