Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kerusakan TV LG Lengkap dengan Solusinya

Sebagai seorang teknisi pemula sangat disarankan untuk memahami kerusakan pada setiap merk televisi yang bertujuan agar mempercepat proses perbaikan, salah satunya adalah kerusakan tv LG, karena merk TV ini tergolong memiliki pengguna yang cukup banyak.

Umumnya, walaupun kerusakannya sama namun tidak jarang penyebabnya berbeda, misalkan antara TV Sony dan LG yang masing-masing memiliki tanda kerusakan tertentu. Jadi jangan mengira bahwa penyebab kerusakan pada setiap merk TV sama.
Sudah cukup banyak kami mendapatkan servisan TV LG, dan pada artikel kali ini kami hanya memberikan beberapa kerusakan umum saja, jadi Anda tidak perlu lagi bingung mencari komponen mana yang bermasalah, karena kami akan sekaligus memberikan solusinya.

Kerusakan TV LG


kerusakan tv lg

Seperti yang kita ketahui, sekarang pengguna TV LED lebih banyak dibanding TV tabung, jadi pada artikel ini kami hanya memprioritaskan kerusakan pada TV LED LG saja, namun ada juga beberapa untuk versi tabungnya, yuk simak pembahasan lengkapnya dibawah ini:

1. TV LED LG Gambar Gelap Suara Normal


Umumnya, masalah gambar gelap suara normal disebabkan karena beberapa lampu backlight short, ini adalah kerusakan yang sangat sering terjadi dan tergolong mudah untuk diperbaiki bagi seorang teknisi.

Yang harus Anda ketahui, untuk memastikan kerusakannya ada pada bagian backlight, Anda bisa menyalakan tv lalu senter pada bagian LCD, jika terlihat gambar bergerak-gerak, itu berarti panel normal dan backlight short.
Untuk memperbaikinya, Anda harus melepas panel tv tersebut, karena backlight letaknya ada dibelakang panel, kami sarankan untuk berhati-hati melakukannya, jangan sampai merusak panelnya.

kerusakan tv lg

Jika sudah dibuka, silakan lakukan pengukuran pada semua lampu backlight yang ada dengan menggunakan multitester, jika ada yang putus, Anda bisa menggantinya dengan menggunakan lampu LED yang sesuai, biasanya ada yang berukuran 3 volt dan 6 volt.

Setelah semua lampu LED yang rusak sudah diganti, Anda bisa langsung mencoba mencolokan tvnya ke listrik, maka lampu akan menyala semuanya, terakhir tinggal pasang kembali panel dengan hati-hati.

2. TV LG 21FB3RB Standby


Ini adalah kerusakan yang terjadi pada tv LG versi tabung dengan tipe 21B3RB dengan gejala standby atau gagal start yang disebabkan karena masalah pada Software yaitu data yang corrupt tepatnya pada IC 0224C04.

Baca juga: Cara Setting TV LG yang Benar dan Lengkap

Anda bisa memperbaiki kerusakan tersebut dengan cara Flashing atau langsung mengganti IC yang sudah terisi datanya.

3. TV LG Soundmax Suara Ada Gambar Tidak Ada


Ini juga masalah yang sering dijumpai pada TV LG jenis Soundmax, yaitu gambar tidak ada namun suara ada, biasanya penyebab dari kerusakan ini adalah supply IC vertikal dari Flyback yang bermasalah.

Anda bisa memperbaiki kerusakan ini dengan cara membuat supply tambahan dengan melilitkan email pada ferit FBT, jungnya dihubungkan dengan dioda, lalu ukur tegangan output hingga 12-14 volt dengan cara menambah atau mengurangi lilitan email.

Artikel terkait:




Sementara ini kami hanya sempat membagikan 3 kerusakan TV LG beserta solusinya, sebenarnya masih banyak sekali kerusakan lainnya yang belum kami posting, jadi jangan lupa untuk terus mengunjungi JandelaTV karena kami akan memperbarui artikel ini, terimakasih.
Gabung Forum Teknisi Indonesia Sekarang! Klik Tombol "Gabung" untuk saling berbagi pengalaman dengan Teknisi Indonesia.

close