Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kerusakan TV SHARP dan Cara Memperbaikinya

Sekarang ini sudah banyak merk televisi yang ada dipasaran, salah satu yang paling populer hingga saat ini adalah TV Sharp. Untuk seorang teknisi sangat disarankan untuk mengetahui kerusakan tv Sharp agar mudah saat memperbaikinya, kami akan membahas secara lengkap pada artikel berikut ini.

Banyak sekali macam-macam kerusakan tv sharp yang sering terjadi namun masih jarang yang mengetahui cara mengatasinya, seperti halnya tv sharp bergaris vertikal lalu protek yang ternyata disebabkan karena kerusakan yang ada pada blok vertikal.


Selain itu juga, Anda dapat menemukan berbagai kumpulan buku elektronik yang didalamnya berisi kerusakan dari beberapa merk tv beserta solusinya, namun untuk TV Sharp Anda tidak perlu membeli bukunya, karena kami akan membahasnya disini.

Kerusakan TV SHARP


kerusakan tv sharp

1. TV Sharp Tidak Menerima Siaran


Permasalahan yang satu ini tergolong sering terjadi, tidak sedikit teknisi yang belum mengetahui dan masih bingung mencari penyebabnya. Pada umumnya jika tv sharp tidak dapat menerima siaran tetapi AV-IN normal kemungkinan disebabkan karena kerusakan pada IC IXC844.

Anda bisa melakukan pengecekan terlebih dahulu dengan cara mengukur tegangan pada PIN 50-AGC filter, jika memang drop atau tidak ada tegangan, kemungkinan besar IC tersebut rusak dan harus diganti.

Pada saat artikel ini dibuat, IC tersebut dijual dengan harga sekitar Rp. 130.000 di toko online, jika Anda ingin tahu lebih jelasnya, silakan langsung lihat harga IC tersebut di internet.

Baca juga: Cara Setting TV Sharp Aquos

2. TV Sharp Protek Vertikal


Selain itu juga, tv sharp protek sering dijumpai dan tergolong sulit untuk diperbaiki, karena biasanya penyebabnya tidak hanya satu komponen saja, tetapi terkadang ada beberapa komponen yang rusak secara bersamaan

Sesuai pengalaman anggota grup facebook, kerusakan ini biasanya disebabkan karena tidak ada Supply tegangan VCC dari Flyback ke IC Vertikal-Out, Dioda Zener D503 short, jalur pulsa-pulsa dari PIN-3 IC Vertikal-Out ke PIN-83 short (putus), jadi silakan lakukan pengecekan pada komponen tersebut.

Baca juga: Kerusakan TV LG Lengkap dengan Solusinya

3. TV Sharp Tidak Ada Tegangan B+


Jika TV Sharp tidak ada tegangan B+ tetapi tegangan 300V normal, itu berarti disebabkan karena beberapa komponen yang rusak, yaitu kemungkinan jalur B+ pada Sekunder putus yang disebabkan karena Transistor HOT atau Dioda B+ rusak.

Selain itu, Anda juga harus melakukan pengecekan pada Resistor Startup R702 150K yang berfungsi sebagai supplyer VCC PIN-4 IC STR-W6654.

Artikel terkait:


Untuk saat ini, kami hanya dapat membagikan 3 kerusakan saja, tetapi kami akan terus memperbarui artikel ini, kesimpulannya Anda bisa dengan mudah memperbaiki berbagai kerusakan tv sharp jika sudah mengetahui penyebabnya. Terimakasih sudah berkunjung.
Tengku Khamzah Fauzi
Tengku Khamzah Fauzi I'm passionate about Tech, Electronics, How-to-Guides, and I'm thrilled to have you here.
Gabung Forum Teknisi Indonesia Sekarang! Klik Tombol "Gabung" untuk saling berbagi pengalaman dengan Teknisi Indonesia.