Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Menyalakan TV Tanpa Remote dan Tombol Power

Cara menyalakan TV tanpa remote dan tombol power bisa menjadi solusi jika remot TV bawaan hilang ataupun rusak. Metode ini bisa Anda coba pada berbagai merk TV, termasuk Samsung, Coocaa, Polytron, Sharp, LG dan lainnya.

Remot TV adalah salah satu alat elektronik yang mudah sekali rusak, baik itu karena sudah digunakan terlalu lama, sering terjatuh, tersiram air atau lain sebagainya. Bahkan karena bentuknya yang kecil, remot TV juga seringkali hilang. 

Jika masalah itu terjadi, maka mencoba cara menyalakan TV tanpa remote adalah langkah yang tepat. Jadi pada artikel ini kami akan memberikan 3 cara menyalakan TV tanpa menggunakan remot atau tombol power, salah satunya adalah dengan memanfaatkan aplikasi remot TV. Untuk lebih jelasnya, simak tutorial dibawah ini:

Cara Menyalakan TV Tanpa Remote dan Tombol Power



cara menyalakan tv tanpa remot

1. Cabut dan Colokan Kabel TV ke Stopkontak


Cara pertama yang paling mudah untuk menyalakan TV tanpa remote atau tombol power adalah dengan mencabut dan mencolokan kabel TV. Metode ini seringkali berhasil untuk menyalakan dan mematikan TV tanpa remote.

Perlu catat, agar metode ini berhasil pastikan TV Anda memang sudah dalam kedaan menyala sebelum mencabut kabel daya TV. Jika TV memang dalam kondisi mati, maka metode ini tidak akan berfungsi.

Selain itu cara mematikan dan menyalakan TV tanpa menggunakan tanpa remote dengan metode ini tidak disarankan untuk jangka waktu yang lama, karena kabel TV yang sering dicolok dan cabut terus menerus dapat menyebabkan stopkontak rusak atau kabel yang mudah putus.

2. Menyalakan dan Mematikan TV Tanpa Remote dengan Aplikasi


cara menyalakan tv tanpa remot

Sebelum mengikuti tutorial ini, pastikan Anda memiliki smartphone yang sudah mendukung fitur remote dan dilengkapi sensor IR blaster. Sebagai contoh, kami menggunakan ponsel Xiaomi pada tutorial kali ini, berikut langkah-langkahnya:
  • Buka aplikasi [Mi Remote] di hp Xiaomi Anda.
  • Klik icon tambah (+) dibagian pojok kiri atas.
  • Pilih [TV] dan cari merk TV yang Anda gunakan.
  • Jika ada pertanyaan "Apakah TV Menyala?" Pilih [Off] atau seperti pada gambar diatas.
  • Kemudian arahkan bagian sensor IR di hp ke TV.
  • Tekan tombol [Power] pada aplikasi Mi Remote hingga TV menyala.
Nah, Anda juga bisa mencoba pada smartphone lainnya dengan mendownload aplikasi remote yang ada di playstore, dan pastikan ponsel Anda sudah mendukung fitur remote itu sendiri. 

3. Menyalakan TV Tanpa Tombol Power dengan Playstation 4


Secara umum, game konsol populer seperti Nitendo, Sony dan Microsoft sudah merancang perangkatnya sedemikian rupa untuk bermain game di TV. Sehingga mereka menambahkan fitur khusus pada konsol gamenya yang mana bisa mematikan dan menyalakan TV tanpa remote.

Jika Anda mempunyai salah satu dari ketiga konsol game tadi, maka kemungkinan Anda bisa memanfaatkannya untuk menyalakan dan mematikan TV tanpa remot. Sebagai contoh, kami menggunakan PS4 untuk menyalakan TV tanpa tombol power atau remot, berikut langkah-langkahnya:
  • Pertama, Anda harus menghubungkan PS4 ke TV lain dulu. Lalu buka [Pengaturan], pilih [Sistem] dan centang pada kotak [Enable HDMI Device Link].
  • Lalu hubungkan PS4 ke TV yang ingin dinyalakan tanpa remote, lalu nyalakan PS4 dengan menekan tombol power yang biasanya ada dibagian depan PS.
  • Jika berhasil, maka TV akan menyala secara otomatis ketika PS4 dinyalakan.
Mungkin Anda bisa mencoba cara diatas menggunakan PS2 atau PS3 asalkan tersedia pengaturan Enable HDMI Device Link seperti pada tutorial diatas.

BACA JUGA: Cara Membuka TV yang Terkunci Dengan dan Tanpa Remot

Remote TV Bawaan Rusak? Coba Pakai Remote Universal


Jangan khawatir jika remot TV bawaan rusak atau hilang, karena Anda masih bisa menggunakan remote universal sebagai gantinya. Remote universal hampir bisa digunakan untuk semua merk TV dengan memasukan kode remot yang sesuai.

Jadi remot universal ini akan berfungsi jika Anda memasukan kode remot yang sesuai dengan merk TV Anda. Sebelumnya kami sudah membahas beberapa artikel mengenai remote TV universal, Anda bisa membacanya disini:

Kesimpulan


Perlu Anda ketahui, tidak semua merk TV tersedia pada aplikasi Mi Remote, tetapi untuk TV kabel seperti LG, Sharp, Samsung, Polytron, Coocaa, Sanken, Digitec, Akira, Akari, Coocaa dan merk TV lainnya yang terkenal sudah pasti tersedia.

Demikian artikel singkat yang bisa kami bagikan mengenai cara menyalakan TV tanpa remote. Jadi Anda bisa mencoba 3 metode diatas jika ingin menghidupkan TV tanpa tombol power dan remot. Jika ada pertanyaan terkait topik ini, silakan tinggalkan dikolom komentar.
Tengku Khamzah Fauzi
Tengku Khamzah Fauzi I'm passionate about Tech, Electronics, How-to-Guides, and I'm thrilled to have you here.
Gabung Forum Teknisi Indonesia Sekarang! Klik Tombol "Gabung" untuk saling berbagi pengalaman dengan Teknisi Indonesia.