Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Reset TV LED Polytron Tanpa Remot dengan Flashdisk

Cara Reset TV LED Polytron. Ada beberapa alasan kenapa orang memilih untuk mengatur ulang TV ke pengaturan pabrik, baik itu ada kerusakan software ataupun hanya sekedar ingin menghapus data saja. Khusus untuk tipe LED, Anda bisa mereset TV Polytron tanpa remot jika terjadi masalah pada TV tersebut, kami akan membahas tutorial lengkapnya disini.

Pada umumnya, hampir semua TV LED sudah terinstall software atau perangkat lunak dengan versi yang berbeda-beda, penggunanya dapat memperbarui software tersebut jika pembaruan sudah tersedia, biasanya semakin baru versi software maka akan semakin banyak fitur yang tersedia.

Hal ini tentunya memudahkan pengguna TV LED untuk menginstall software melalui Flashdisk (hard reset) jika memang tidak mendapatkan pembaruan, atau terjadi masalah pada TV seperti hang, standby, atau yang mengalami tanda-tanda kerusakan software.

Cara reset TV LED Polytron bisa dilakukan dengan mudah tanpa masuk factory mode, yaitu menggunakan flashdisk yang sudah diisi firmware sesuai tipe TV Polytronnya. Ini merupakan cara paling mudah dan praktis untuk mengatasi kerusakan TV LED Polytron pada bagian software.

Cara Reset TV LED Polytron


cara reset tv led polytron

Sebelum mengikuti langkah-langkahnya, Anda harus menyiapkan Firmware yang sesuai dengan tipe TV LED Polytron Anda, Anda bisa langsung download Firmware TV LED termasuk Polytron pada artikel yang sudah kami publikasikan sebelumnya.

Pada artikel kali ini, kami menggunakan Flashdisk merk Sandisk berukuran 16GB, Anda juga harus menyiapkan Flashdisk yang masih berfungsi dengan baik, dengan ukuran minimal 8GB dan sudah diformat terlebih dahulu.

Pertama, silakan download Firmware TV LED Polytron sesuai tipe melalui link yang sudah kami sediakan diatas.

Kemudian, pindahkan Firmware tersebut ke laptop atau PC jika Anda mendownload melalui HP.

Setelah di pindahkan, silakan masukan Flashdsik ke laptop atau PC Anda, dan pindahkan Firmware hasil download tadi ke Flashdisk. Pastikan Flashdisk sudah diformat terlebih dahulu, jangan ada file lain selain Firmware.

Untuk memindahkan Firmware ke Flashdisk, silakan klik kanan pada file Firmware, kemudian Send to > USB Drive (F:) (sesuai nama Flashdisk Anda), perhatikan gambar berikut:

cara reset tv led polytron

Setelah berhasil dipindahkan, silakan cabut Flashdisk dari laptop, lalu masukan Flashdisk ke Port USB pada TV LED Polytron Anda, biasanya ada dibelakang dengan keterangan "USB".

cara reset tv led polytron

Sebelum reset TV LED Polytron ke pengaturan pabrik, cabut kabel TV terlebih dahulu.

Jika kabel sudah dicabut dan flashdisk sudah dipasang, tekan dan tahan tombol Power pada panel TV sambil mencolokan kabel TV ke listrik.

cara reset tv polytron tabung

Lepas tombol power jika layar TV LED menunjukan proses install Firmware, tunggu sampai selesai, biasanya memakan waktu beberapa menit saja. Kurang lebih tampilannya seperti ini:

cara reset tv led polytron

Saat proses reset TV Polytron berlangsung, jangan coba-coba untuk mematikan TV, karena dapat menyebabkan reset gagal atau bahkan TV menjadi mati.

Terakhir, matikan TV jika proses sudah selesai, Anda harus mengatur ulang TV Polytron, seperti channel, gambar dan pengaturan lainnya.

Kesimpulan


Sebenarnya, cara reset TV LED Polytron bisa dilakukan dengan mudah dan tanpa remot, namun sebelum itu pastikan Anda menggunakan Firmware yang sesuai, karena kami tidak bertanggung jawab jika terjadi kesalahan saat proses reset ulang TV Polytron.

Lihat juga:
Gabung Forum Teknisi Indonesia Sekarang! Klik Tombol "Gabung" untuk saling berbagi pengalaman dengan Teknisi Indonesia.

close