Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Persamaan Transistor BC547 Terlengkap

BC547 adalah Transistor NPN yang seringkali ditemukan dalam berbagai rangkaian elektronik, seperti untuk Amplifier dan Switch. Ini adalah Transistor yang memiliki terminal Basis, Emitor dan Colector. Selain itu, ada beberapa persamaan Transistor BC547 yang bisa dijadikan pengganti ketika Anda sulit menemukan yang aslinya, karena memang terkadang Transistor yang kita cari sudah sulit ditemukan dipasaran.

Pada umumnya, tidak semua Transistor bisa dijadikan pengganti jika Anda tidak menemukan yang aslinya, karena memang banyak sekali jenis Transistor dengan berbagai fungsi yang berbeda. Khusus untuk BC547 sebenarnya masih tergolong mudah ditemukan, dan Anda bisa mendapatkannya dengan harga yang murah.

persamaan transistor bc547

Tetapi walaupun begitu, tentu saja Anda harus tetap mengetahui apa saja persamaan dari Transistor yang satu ini, karena bisa jadi sewaktu-waktu Anda akan sulit menemukan BC547, sehingga Anda harus mengetahui tipe mana saja yang cocok dijadikan sebagai pengganti. Pada artikel kali ini, kami akan membagikan beberapa pengganti Transistor BC547 yang bisa Anda coba, berikut pembahasan lengkapnya:

Persamaan Transistor BC547


Ada beberapa tipe transistor yang memiliki persamaan dengan BC547, berikut daftarnya:

  • BC548
  • BC549
  • BC550

Baca juga: Persamaan Transistor Horizontal D5024

Nah, data diatas kami kutip dari salah satu komentar di forum elektronik, Anda bisa mencoba untuk mengganti dengan persamaan tersebut, berikut ini komentarnya:

persamaan transistor BC547

Prinsip Kerja Transistor BC547


Ini adalah Bipolar Junction Transistor (BJT) yang memiliki prinsip kerja cukup sederhana, ketika tegangan input mengalir pada kaki terminal, beberapa arus mulai mengalir dari kaki Basis ke Emitor dan mengontrol arus pada kaki Colector.

Baca juga: Pengganti Transistor C1815

Agar memiliki gambaran yang lebih jelas, Anda bisa melihat bagaimana polaritas tegangan yang diterapkan untuk setiap persimpangan pada Transistor ini:

pengganti transistor bc547

Baca juga: Persamaan Transistor C945 Terlengkap

Nah, demikian artikel singkat yang bisa kami bagikan mengenai persamaan Transistor BC547 beserta prinsip kerjanya. Sekarang Anda sudah menemukan tipe TR yang cocok digunakan sebagai pengganti. Jangan lupa untuk membaca artikel menarik lainnya hanya di JandelaTV, semoga bermanfaat.
Tengku Khamzah Fauzi
Tengku Khamzah Fauzi I'm passionate about Tech, Electronics, How-to-Guides, and I'm thrilled to have you here.
Gabung Forum Teknisi Indonesia Sekarang! Klik Tombol "Gabung" untuk saling berbagi pengalaman dengan Teknisi Indonesia.