Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Setting Satelit Palapa D dan Telkom 4 dengan Mudah

Indonesia sudah memiliki banyak satelit, termasuk Palapa D dan Telkom 4. Sehingga banyak orang yang mencari cara setting satelit Palapa D. Palapa D sendiri adalah salah satu satelit komunikasi Indonesia yang dioperasikan dan dimiliki oleh PT. Indosat Tbk yang sudah berhasil diluncurkan sejak tanggal 31 Agustus 2009. Sedangkan satelit Telkom 4 dioperasikan dan dimiliki oleh perusahaan PT. Telekomunikasi Indonesia.

Seperti yang diketahui, tujuan peluncuran kedua satelit ini adalah untuk memperlancar akses komunikasi diseluruh wilayah indonesia hingga pulau-pulau terpencil dan pelosok. Dengan adanya satelit Telkom 4 dan Palapa D diharapkan komunikasi di Indonesia lancar dan dapat dengan cepat terkirimkan.

Satelit Palapa D terletak diatas satelit Telkom 4, karena Telkom 4 ini terletak diposisi 108 BT. Sedangkan beam satelit Palapa D mampu menjangkau hingga keseluruh wilayah Indonesia dengan sinyal yang dipancarkan sangat kuat karena satelit ini terletak tepat diatas langit Indonesia.

cara setting satelit palapa d

Berbicara mengenai satelit Palapa D dan Telkom 4, pada artikel kali ini kami akan membahas cara setting satelit Palapa D dan Telkom 4 di Receiver parabola dengan mudah, Anda dapat mengikuti langkah-langkah dibawah ini untuk melakukan tracking pada kedua satelit tersebut:


Cara Setting Satelit Palapa D


Ada dua langkah yang bisa Anda coba pada artikel kali ini, yaitu mengenai cara menambahkan program Palapa D di receiver parabola dan cara menambahkan satelit ini sendiri, berikut tutorial lengkapnya:

Cara Menambahkan Satelit di Receiver Parabola


Untuk setting satelit di receiver parabola, Anda bisa mengikuti langkah-langkah berikut:

  • Pertama, tekan tombol Menu.
  • Pada remote, tekan kursor bagian kanan.
  • Ketika muncul opsi Satelit Pengaturan, Anda bisa memilih Tambahkan Satelit, lalu tekan 1 atau OK.
  • Kemudian akan muncul keyboard yang bisa digunakan untuk mengubah satelit sesuai keinginan.
  • Lalu pilih satelit yang ingin Anda tambahkan.
  • Terakhir, tekan tombol Menu untuk menyimpan.

Lihat juga: Frekuensi NET TV Semua Satelit

Cara Menambahkan Saluran di Receiver Parabola


Berikut ini cara menambahkan lebih banyak program atau saluran di receiver parabola dengan benar dan mudah:

  • Pertama, tekan tombol Menu.
  • Pada remote, tekan kursor bagian kanan.
  • Ketika muncul opsi Pengaktifan Saluran, Anda bisa memilih Buat Saluran, lalu tekan OK.
  • Setelah itu pilih nama sat atau Satelit, kemudian geser kursor kebawah sampai muncul pilihan Tambahkan TP, lalu tekan OK.
  • Kemudian, isi Polaritas, Simbol Rate dan Frekuensi sampai sinyal kualitas muncul.
  • Lalu geser kursor ke opsi Cari.
  • Akan ada dua mode pencarian, yaitu Semua dan Bebas. Pilih bebas untuk tracking siaran acak, atau semua untuk tracking semua siaran.
  • Tekan tombol Exit pada remote setelah pencarian selesai.

Cara Setting Satelit Telkom 4


Untuk setting satelit Telkom 4, seperti menambahkan saluran atau channel bisa Anda lakukan dengan menggunakan Positioner yang berfungsi untuk menggerakan arah secara otomatis. Ini adalah alat yang sangat memudahkan penggunanya ketika tracking.

Jika Anda menggunakan Positioner, ada beberapa langkah yang bisa dilakukan untuk mendapatkan channel di satelit Telkom, yaitu sebagai berikut:

Cara Tracking Telkom 4 dengan Positioner


  • Pertama, Anda harus menambahkan frekuensi atau transponder ke receiver parabola, seperti transponder Trans 7, yaitu 3875 H 6000.
  • Masukan simbol rate, frekuensi transponder dan polaritas ke receiver parabola sebelum mengubah arah.
  • Selanjutnya, Anda dapat menggerakan atau mengubah arah parabola dengan remote Actuator.
  • Gerakan parabola secara perlahan, sambil melihat kualitas sinyal yang didapatkan.
  • Terakhir, jika sudah berhasil mendapatkan sinyal, maka lakukan Pencarian Buta atau Blind Scan pada receiver, sampai Anda mendapatkan semua channel di Telkom 4.

Lihat juga: Frekuensi Indosiar Telkom 4 Terbaru

Cara Tracking Telkom 4 Manual


  • Pertama, atur jarak diantara LNB 1.5 cm - 2 cm diukur dari sisi LNB (Dish ukuran lebih besar, jarak LNB ke LNB lebih renggang), angka titik 0 (nul) lurus barat timur, kedalaman LNB posisi tengah (fokus) 38, LNB Palapa D di fokus posisi barat, kedalaman LNB offset 40 dan LNB Telkom 4 di offset posisi timur, sedangkan antena berada dalam posisi tegak lurus.
  • Kemudian, hidupkan receiver parabola, lalu tracking atau cari posisi satelit Palapa D, masukan nomor Frekuensi TVOne di receiver 3787 H 5630 dan atur Frekuensi LNB 5150. Jika menggunakan switch 22k atur ON/OFF memakai Disegc switch, atur Port 1 dan Port 2, disesuaikan dengan pengaturan receiver Anda.
  • Untuk mempermudah melihat kualitas sinyal, Anda dapat meletakan receiver dan TV dekat antena (minimal 5 meter).
  • Lalu mulai mencari, kendurkan baut utara selatan antena dan penyangga antena, geser antena parabola ke arah barat secara perlahan, diikuti dengan mengatur kemiringan antena utara selatan, lakukan secara berulang.
  • Ketika mengoyangkan antena, sebaiknya remote harus dipegang untuk melakukan cek pengaturan dan lain-lain secara berkala. Cek pengaturan switch 22k ON/OFF ketika tracking di Telkom 4 dan channelnya, atau jika Anda menggunakan Disegc switch, periksa pengaturan Disegc 1:0 port 1, port 2 (diubah-ubah pengaturan tersebut saat proses tracking).
  • Jika channel TVOne sudah muncul, kancing baut utara selatan antena, baut penyangga dan berarti posisi satelit Palapa D sudah ditemukan. Pastikan satelit Telkom 4 terkunci juga.
  • Pengaturan switch 22k Telkom 4 dan Palapa D harus berbeda ON/OFF.

Tutorial diatas kami dapatkan dari salah satu grup Facebook yang membahas mengenai frekuensi parabola, Anda dapat melihat sumber aslinya disini.

Lihat juga: Daftar Frekuensi Trans TV Terbaru

Kesimpulan


Dengan mengikuti tutorial diatas, Anda dapat dengan mudah mencari channel atau satelit Palapa D dan Telkom 4, langkah-langkah diatas dapat Anda praktekan langsung pada receiver parabola. Kami mendapatkan informasi tersebut dari beberapa sumber berbeda.

Demikian artikel yang bisa kami bagikan mengenai cara setting satelit Palapa D dan Telkom 4 dengan mudah, sekarang Anda dapat mencari channel seperti TransTV, NET TV, RCTV, RCTI, TVOne dan lain-lain. Semoga bermanfaat.
Gabung Forum Teknisi Indonesia Sekarang! Klik Tombol "Gabung" untuk saling berbagi pengalaman dengan Teknisi Indonesia.

close