Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Fungsi Tabung Pada Pompa Air (Pressure Tank)

Tabung pada pompa air atau pressure tank adalah salah satu bagian penting yang dapat meningkatkan tekanan air di rumah Anda. Dengan adanya komponen ini, pompa air akan bekerja lebih maksimal dan dapat memastikan kebutuhan air di rumah Anda terpenuhi. Pada artikel kali ini, kami akan membahas mengenai fungsi tabung pompa air yang perlu Anda ketahui.

Saat ini banyak orang yang lebih memilih untuk menambahkan komponen tabung udara pada pompa air untuk hasil yang maksimal. Namun sebenarnya ini bukanlah hal yang wajib dilakukan, pompa air akan tetap berjalan walaupun tidak menggunakan tabung atau tangki tersebut. Tetapi, tentu saja tekanan air yang dihasilkan tidak akan maksimal.

Pada umumnya, tabung pada pompa air (pressure tank) memiliki bahan, merk dan harga yang berbeda-beda, dan biasanya komponen ini dapat menampung hingga 19 liter air. Untuk lebih jelasnya, Anda dapat membaca pembahasan dibawah ini:


Pengertian Tabung Pompa Air


fungsi tabung pompa air

Pressure Tank dapat mempertahankan tekanan air dirumah Anda dan memperkecil kemungkinan kerusakan pada pompa air. Tabung pompa air menambung beberapa liter air, sehingga ketika pompa dihidupkan air yang keluar akan lebih cepat dan tekanannya lebih kuat, sehingga Anda tidak perlu menunggu lama sampai air keluar, karena sebagiannya sudah tertampung ditabung tersebut.

Dengan memperpanjang waktu antara on dan off, tabung udara tersebut membuat pompa dirumah Anda menjadi tahan lama dan mengurangi aus akibat bekerja dalam waktu yang lama, ini juga dapat menstabilkan tekanan air secara keseluruhan dirumah.

Fungsi Tabung Pompa Air (Pressure Tank)


Perlu Anda ketahui, tabung pompa air berfungsi untuk membuat tekanan air dengan memanfaatkan udara yang berada didalam tangki tersebut. Karena adanya udara, ketika keran dibuka maka yang pertama keluar adalah air dari dalam tangki tersebut.

fungsi tabung pompa air

Baca juga: 5 Penyebab Daya Dorong Pompa Air Lemah

Ketika air didalam tabung atau tangki udara mulai berkurang karena keran dibuka, maka tekanan air pun akan berkurang, tetapi secara otomatis saklar tekanan (pressure switch) diaktifkan untuk menyalakan pompa dan kemudian mengisi ulang tabung pompa air. Dengan adanya pressure tank, pressure switch dan pompa memungkinkan air dirumah Anda mengalir dengan tekanan lebih tinggi.

Sedangkan fungsi saklar tekanan (pressure switch) adalah memantau tekanan air dalam tangki dan memberi tanda pada pompa sumur kapan harus mematikan dan kapan harus menyalakan naik atau turunnya tekanan dalam tangki.  Ketika tekanan air sudah melebihi batas yang ditentukan, secara otomatis pressure switch akan mematikan pompa.

Kesimpulan


Semakin besar ukuran tangki pompa tentunya tekanan air pada sumur rumah Anda akan semakin kuat. Anda juga dapat menemukan ukuran tangki yang bervariasi di toko offline ataupun online dengan harga yang berbeda-beda.

Demikian artikel singkat yang dapat kami bagikan mengenai pengertian dan fungsi tabung pompa air (pressure tank). Semoga bermanfaat.
Tengku Khamzah Fauzi
Tengku Khamzah Fauzi I'm passionate about Tech, Electronics, How-to-Guides, and I'm thrilled to have you here.
Gabung Forum Teknisi Indonesia Sekarang! Klik Tombol "Gabung" untuk saling berbagi pengalaman dengan Teknisi Indonesia.