Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian AC Split dan Kelebihan AC Split

Ketika cuaca sedang panas biasanya setiap orang memiliki cara yang berbeda agar suhu tetap terjaga, seperti menyalakan kipas angin atau air conditioner (AC). Tetapi cara paling ampuh untuk menjaga suhu ruangan agar tetap sejuk adalah menggunakan AC. Pada artikel kali ini, kami akan membahas tentang pengertian AC Split dan kelebihan AC Split yang perlu Anda ketahui.

Air Conditioner atau sering disebut AC adalah sebuah sistem yang digunakan untuk mendinginkan suhu didalam ruangan (indoor) dengan cara menghilangkan panas dan kelembaban yang ada didalam ruangan. Singkatnya, alat ini bekerja dengan mengubah udara panas dalam ruangan menjadi dingin, tentunya dengan bantuan komponen-komponen didalamnya.

Selama AC dinyalakan, biasanya udara atau air didinginkan oleh penguapan cairan lain, yang disebut pendingin (cooler). AC dapat dengan cepat mengubah gas menjadi cairan yang bertujuan untuk mengurangi udara panas didalam ruangan. Secara sederhana, AC berfungsi untuk mengontrol suhu, kelembaban dan kualitas udara didalam ruangan.

Namun tahukah Anda bahwa AC memiliki banyak jenis? seperti AC Split Wall, AC Split Duct, AC Floor Standing, AC Inverter, AC Central, AC Casette dan AC VRV. Jenis-jenis AC tersebut memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Anda dapat mengetahui pengertian AC Split dan kelebihannya dibawah ini:

Pengertian AC Split


pengertian ac split

Lihat juga: Kode Error AC Daikin Terlengkap

Salah satu sistem pendingin udara yang paling umum dan mampu berjalan tanpa ductwork sebagai tambahan untuk sistem pemanas dan pendingin adalah AC Split.

AC Split terdiri dari unit luar ruangan (outdoor) dan unit dalam ruangan (indoor). Unit outdoor dapat dipasang didekat dinding luar ruangan yang diinginkan. Unit ini menampung kompresor, coil kondensor dan coil ekspansi atau tabung kapiler. Sedangkan unit indoor menampung blower panjang, coil pendingin dan filter udara.

Tidak seperti AC pada umumnya, AC Split mengandalkan satu set pipa untuk menghubungkan unit outdoor ke unit indoor. Refrigerant (Freon) tersebar kedalam pipa tembaga yang masuk melalui sistem untuk menghasilkan udara panas atau dingin. Karena rangkaiannya yang sederhana, AC split sering disebut sebagai ductless mini-split air conditioner installation.

Selain itu, sistem AC Split dengan ENERGY STAR rating (cooling) tidak hanya dapat menghemat energi saja, tetapi juga dapat membantu menjaga agar ruangan tetap bersih dan mampu menurunkan tagihan listrik bulanan Anda dengan menggunakan lebih sedikit energi.

Lalu apa itu unit kondensor dan unit evaporator pada AC Split? berikut penjelasannya:

Unit Kondensor


Unit kondensor adalah bagian dari sistem AC split yang terpisah dan terletak diluar. Dalam penjelasan yang paling sederhana, AC menggunakan listrik untuk mengambil panas dari dalam ruangan dan mentransfernya ke luar (membuat bagian dalam ruangan menjadi dingin).

Kondensor adalah salah satu bagian dari kompresor yang berfungsi untuk mengompresi refrigerant. Sederhananya, kondensor dapat membuang udara panas dari freon. Tanpa adanya komponen ini, bentuk freon yang awalnya gas tidak dapat diubah menjadi cair.

Unit Coil Evaporator


Coil Evaporator adalah salah satu komponen AC yang berfungsi sebagai penukar panas. Pada umumnya, udara yang ada disetiap ruangan ber-AC akan diserap oleh evaporator dan kemudian masuk melalui sirip pipa kapiler, sehingga suhu udara yang dikeluarkan menjadi lebih dingin. Proses sirkulasi ini diatur oleh unit blower indoor.

Fungsi lain dari coil evaporator adalah dapat menurunkan tingkat kelembaban didalam ruangan. Pipa evaporator dilengkapi sirip-sirip alumunium yang bertujuan untuk memperluas udara yang bersinggungan dengan udara dalam ruangan (indoor).

Perbedaan AC Split dengan AC Lainnya


Pemasangan AC Split jauh lebih sederhana karena tidak memerlukan ductwork. Sebaliknya, unit indoor dan outdoor terhubung dengan tabung dan satu set kabel listrik yang mampu menjaga kebersihan ruangan dan menghemat biaya pemakaian listrik.

Sedangkan AC jenis lainnya, seperti AC Central tidak akan berfungsi tanpa menggunakan ductwork yang berarti memerlukan lebih banyak energi untuk pertukaran panas dalam sistem saluran udara. 

Lihat juga: Cara Setting Remote AC Universal

Kelebihan AC Split


Jika rumah Anda tidak memiliki ductwork, maka AC Split adalah pilihan yang terbaik karena Anda tidak perlu biaya tambahan untuk memasang ductwork pada setiap ruangan.

AC ini akan bekerja dengan baik dalam ruangan yang kecil dan akan memastikan pemanasan atau pendinginan yang memadai. Menggunakannya bersama sumber lain dapat membuat rumah Anda menjadi lebih nyaman dan sejuk.

Selain itu, masih banyak kelebihan AC Split yang perlu Anda ketahui, salah satunya adalah tidak mengeluarkan suara yang bising ketika dinyalakan. Umumnya bagian-bagian AC yang paling bising adalah kompresor dan kipas angin yang mendinginkan kondensor.

Tetapi dalam sistem AC Split, kompresor dan kipas pendingin untuk kondensor terletak diluar ruangan, oleh karena itu AC Split dikenal dengan suaranya yang halus.

Dengan menggunakan sistem AC ini, Anda juga dapat memilih sistem multi-split, dimana Anda bisa memasang lebih dari satu unit dalam ruangan yang terhubung ke unit luar ruangan. Hal ini dapat memaksimalkan AC untuk mendinginkan atau menjaga suhu pada ruangan yang besar dengan penggunaan dua unit pendingin dalam ruangan.

AC Split adalah alternatif yang tepat dan mampu menghemat biaya untuk tetap menjaga suhu didalam ruangan rumah Anda. Perlu dicatat bahwa biaya awal pemasangan unit AC ini secara signifikan lebih tinggi dibanding jenis AC yang lain dan memang memerlukan instalisasi profesional.

Cara Memilih AC Split


Anda dapat dengan mudah menemukan AC Split ini ditoko elektronik online ataupun online dengan harga yang bervariasi. Terlepas dari mana Anda membelinya, pastikan sudah mengetahui ukuran yang diperlukan sebelum Anda membeli AC tersebut.

Langkah yang paling penting sebelum memutuskan untuk membelinya adalah mengetahui ukuran AC yang tepat. Anda dapat mengukur luas ruangannya terlebih dahulu. Tetapi jika Anda tidak paham mengenai hal ini, lebih baik tanyakan langsung kepada ahlinya.

Selain itu, pastikan selalu membaca informasi mengenai merk AC Split terbaik yang kira-kira sesuai dengan budget dan kebutuhan rumah Anda. Karena ada banyak merk dari AC ini, seperti produksi SHARP, Samsung, Panasonic dan sebagainya.

Pemasangan AC Split


pengertian ac split

Satu hal penting yang perlu diperhatikan adalah pemasangan yang tepat pada sistem AC Split baru Anda. Jika tidak dipasang dengan benar, tiga hal berikut mungkin akan terjadi:

  • Pertama, sistem AC tidak akan mendinginkan atau memanaskan ruangan secara maksimal. Hal ini bisa terjadi karena instalasi yang keliru.
  • Kedua, karena tidak berjalan dengan semestinya, bisa jadi tagihan listrik rumah Anda akan meningkat.
  • Ketiga, seperti kebanyakan alat elektronik apapun, jika tidak dipasang dengan benar maka akan terjadi kerusakan, konsleting dan lain-lain.

Kesimpulan


Pemasangan sistem AC Split memang lebih mahal dari yang lainnya, tetapi sudah terbukti bahwa AC ini bisa dijadikan sebagai alternatif yang efektif khususnya untuk rumah-rumah yang tidak memiliki ductwork (saluran). AC ini juga dapat meningkatkan kenyamanan rumah Anda dan akan menjaga tagihan listrik rumah Anda tetap stabil.

Demikian artikel singkat yang bisa kami bagikan mengenai pengertian AC Split dan kelebihan AC Split, semoga bermanfaat.
Tengku Khamzah Fauzi
Tengku Khamzah Fauzi I'm passionate about Tech, Electronics, How-to-Guides, and I'm thrilled to have you here.
Gabung Forum Teknisi Indonesia Sekarang! Klik Tombol "Gabung" untuk saling berbagi pengalaman dengan Teknisi Indonesia.