Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Persamaan Transistor A733 yang Cocok Sebagai Pengganti

A733 adalah transistor PNP umum yang sering ditemukan pada rangkaian elektronika, khususnya adalah digunakan sebagai switching atau amplifikasi. Tidak jarang transistor ini sulit ditemukan dipasaran sehingga Anda harus mengetahui persamaan transistor A733 yang bisa digunakan sebagai pengganti.

Transistor A733 mampu menggerakan beban hingga -50V dan 150mA. Tegangan emitor-basis maksimal dari transistor ini adalah 5V sedangkan tegangan saturasi minimum hanya 0.3V. Dilihat dari spesifikasinya, tidak heran kenapa A733 banyak digunakan pada rangkaian amplifier.

Jika Anda kesulitan untuk menemukan transistor ini, baik itu di toko elektronik offline ataupun online, maka Anda perlu mengetahui persamaan yang benar-benar cocok agar bisa digunakan sebagai pengganti transistor A773.



Persamaan Transistor A733 Lengkap


persamaan trasnsistor a733


Sekarang, Anda bisa mengganti transistor A733 dengan transistor 2SA1266, 2N3906, 2N2907 dan A1015. Keempat transistor inilah yang memiliki karakteristik paling mendekati. 

Namun walaupun begitu, tetap disarankan untuk memeriksa konfigurasi PIN dari keempat transistor tersebut sebelum digunakan sebagai pengganti.

Penerapan dan Fungsi Transistor A733


Perlu diketahui, transistor ini bisa digunakan untuk tujuan umum pada rangkaian amplifikasi atau switching. Ketika digunakan sebagai sakelar, transistor ini mampu mendorong beban dibawah 150mA yang tentunya cukup untuk menggerakan relay, LED, transistor daya tinggi dan lain-lain.

Selain itu, transistor A733 juga dapat diterapkan sebagai sirkuit sensor, sirkuit RF, tahap amplifikasi audio (audio amplification stages) atau sebagai amplifier untuk memperkuat sinyal. Frekuensi hingga 180mA memungkinkan transistor ini bekerja dengan baik pada sirkuit RF dibawah 180mA.


Karakteristik dan Pinout Transistor A733


pengganti transistor a733
  • Tipe Transistor: PNP
  • Kemasan Transistor C6090: TO-92
  • Arus kolektor maksimal (IC): 0.15 A
  • Tegangan maksimum kolektor-emitor (VCE): -50 V
  • Tegangan maksimal kolektor-basis (VCB): -60 V
  • Tegangan maksimal emitor-basis (VEBO): -5 V
  • Daya maksmal disipasi kolektor (PC): 0.25 W
  • Frekuensi Transisi maksimal (fT): 180 MHz
  • Maksimal dan minimal penguat arus DC (hFE): -90 hingga 600
  • Suhu operasi maksimal: -55 to +150 °C

Terkait: Persamaan Transistor A1015 Terlengkap

Nah itulah beberapa persamaan transistor A733 yang mudah ditemukan dan bisa Anda coba sebagai pengganti jika memang sulit menemukan yang aslinya. Alasan transistor tersebut bisa dijadikan persamaan adalah karena memiliki karakteristik dan spesifikasi yang mendekati.
Tengku Khamzah Fauzi
Tengku Khamzah Fauzi I'm passionate about Tech, Electronics, How-to-Guides, and I'm thrilled to have you here.
Gabung Forum Teknisi Indonesia Sekarang! Klik Tombol "Gabung" untuk saling berbagi pengalaman dengan Teknisi Indonesia.