Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Samsung Smart TV Tidak Bisa Connect Wi-Fi? Ini Solusinya

Samsung Smart TV dilengkapi dengan konektivitas internet atau WiFi yang memungkinkan pengguna mengakses internet melalui televisi. Seperti membuka youtube dan browsing. Samsung Smart TV yang tidak bisa terhubung ke Wi-Fi bisa disebabkan karena salah setting atau masalah lainnya.

Konektivitas internet merupakan salah satu fitur andalan dari Samsung Smart TV, dimana pengguna bisa menikmati sajian multimedia lengkap dengan mudah layaknya menggunakan smartphone. Namun pernahkah Anda mengalami masalah dimana fitur ini tidak bisa diaktifkan?


Solusi Samsung Smart TV Tidak Bisa Connect Wi-Fi


samsung smart tv tidak bisa connect wifi

Tentunya jika tidak bisa terhubung ke Wi-Fi atau internet maka Anda tidak bisa lagi streaming youtube, melihat informasi cuaca atau browsing. Masalah ini umumnya bisa diperbaiki dengan mudah. Anda bisa mengikuti tutorialnya dibawah ini:

1. Periksa Router Anda


Hal yang perlu diperiksa pertama kali adalah routernya itu sendiri. Bisa jadi Wi-Fi yang tidak connect disebabkan karena adanya masalah pada router, bukan TVnya. Lalu bagaimana cara memastikan bahwa router tersebut berfungsi dengan baik?

  • Pastikan semua kabel router tersambung dengan benar.
  • Anda bisa mencoba menghubungkan perangkat lain ke router, jika berhasil terhubung berarti Samsung Smart TV Anda bermasalah atau sebaliknya.
  • Cabut kabel router dan tunggu hingga 1 menit, kemudian coba untuk menyalakan router kembali. Hal ini dilakukan sebagai upaya untuk memulai ulang router.

2. Pastikan Jarak Antara Router & TV Tidak Terlalu Jauh


Kami mendapatkan informasi langsung dari situs resmi Samsung terkait masalah ini. Mereka mengatakan bahwa Smart TV yang tidak bisa terhubung ke Wi-Fi bisa disebabkan karena jarak antara router dan Smart TV terlalu jauh.

Jarak yang disarankan oleh Samsung sendiri adalah tidak lebih dari 15.2 m dan tidak boleh ada penghalang yang bisa membuat koneksi tidak stabil (terputus-putus). 

Jika memang Smart TV selalu mendapatkan sinyal lemah padahal jarak router dan TV sudah dekat, berarti Anda perlu memasang Wi-Fi Booster dengan tujuan untuk memperkuat sinyal Wi-Fi sehingga jaraknya pun bisa lebih jauh dibandingkan tanpa booster.

3. Reconnect Wi-Fi (Menyambungkan Ulang Wi-Fi)


Selain cara diatas, Anda juga bisa mencoba untuk memutuskan sambungan Wi-Fi lalu menghubungkannya kembali. Berikut ini langkah-langkahnya:

  1. Pada remote TV, klik tombol Home/Beranda.
  2. Buka menu Pengaturan/Settings.
  3. Pada opsi General/Umum pilih menu Network atau Jaringan.
  4. Lalu pilih Network Status > Disconnect.
  5. Tunggu beberapa detik, lalu pilih Connect untuk menyambungkannya kembali.

4. Ubah Nomor DNS Wi-Fi


Jika semua cara diatas sudah dicoba namun tidak ada yang berhasil, mungkin Anda perlu mengubah nomor DNS (Domain Name Server) pada Smart TV Samsung Anda. Berikut ini cara mengubah DNS di Samsung Smart TV:

  • Pada remote TV, klik tombol Home/Beranda.
  • Buka menu Pengaturan/Settings.
  • Pada opsi General/Umum pilih menu Network atau Jaringan.
  • Lalu pilih Network Status > IP Settings.

samsung smart tv tidak bisa connect wifi

  • Ubah status DNS dari [Auto] ke [Manual].
  • Terakhir, ubah nomor DNS menjadi "8.8.4.4 atau 8.8.8.8".

5. Periksa Pembaruan Software


Bisa jadi masalah konektivitas pada Smart TV Anda disebabkan karena sudah lama tidak melakukan pembaruan software. Biasanya setiap Smart TV termasuk Samsung akan rutin menyediakan pembaruan guna meningkatkan kinerja TV dan mengurangi bug-bug yang ada sebelumnya.

Untuk memeriksa versi software terbaru, Anda bisa membuka menu Pengaturan > Dukungan > Pembaruan perangkat lunak > Perbarui Sekarang.

6. Coba Fitur Self Diagnosis (Diagnosis Mandiri)



Fitur diagnosis sangat bermanfaat karena bisa memudahkan pengguna untuk menemukan masalah pada bagian hardware atau software perangkat. Pada Smart TV Samsung fitur ini sudah lama disematkan dan bisa dimanfaatkan untuk mengetahui penyebab kenapa TV tidak bisa terhubung ke Wi-Fi.

Anda bisa menemukan fitur ini pada bagian pengaturan. Untuk lebih jelasnya, silakan ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Pada remote TV, klik tombol Home/Beranda.
  2. Buka menu Pengaturan/Settings.
  3. Lalu pilih Support > Self Diagnosis.
  4. Cari diagnosis yang berhubungan dengan internet/Wi-Fi.

7. Reset Smart TV ke Pengaturan Pabrik


Ini adalah opsi terakhir yang bisa dicoba namun akan membuat pengaturan Smart TV Samsung Anda kembali seperti semula (versi pabrik), sehingga pengaturan yang sebelumnya sudah Anda ubah akan kembali ke default.

Termasuk pengaturan gambar, suara, channel, jam atau timer akan dikembalikan ke pengaturan pabrik. Tampilan menu mungkin sedikit berbeda jika Anda mengikuti tutorial ini untuk melakukan factory reset.

Ikuti langkah dibawah ini untuk mereset Smart TV Samsung:

  • Pada remote TV, klik tombol Home/Beranda.
  • Buka menu Pengaturan/Settings.
  • Lalu pilih Support > Self Diagnosis > Reset.

samsung smart tv tidak bisa connect wifi

  • Kemudian masukan PIN default 0000 atau PIN yang sudah Anda atur sebelumnya, lalu pilih [YES].
  • Terakhir pilih [OK] untuk memulai pengaturan pabrik.
  • Secara otomatis Smart TV akan mati dan hidup sendiri.

Nah, demikian artikel singkat yang bisa kami bagikan mengenai cara mengatasi Samsung Smart TV tidak bisa connect Wi-Fi. Kesimpulannya, kasus ini bisa disebabkan karena adanya masalah pada router ataupun pengaturan TV itu sendiri.
Tengku Khamzah Fauzi
Tengku Khamzah Fauzi I'm passionate about Tech, Electronics, How-to-Guides, and I'm thrilled to have you here.
Gabung Forum Teknisi Indonesia Sekarang! Klik Tombol "Gabung" untuk saling berbagi pengalaman dengan Teknisi Indonesia.