Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kode Error Mesin Cuci LG: Arti dan Cara Mengatasinya

Kode Error Mesin Cuci LG. Jika Anda memiliki mesin cuci LG, kemungkinan Anda sudah tidak asing lagi dengan kode error yang seringkali muncul ketika ada masalah pada mesin cuci tersebut. Ada beberapa model mesin cuci LG yang menampilkan kode error untuk membantu pengguna mengetahui penyebab kerusakan yang terjadi.

Umumnya, kode error mesin cuci LG terdiri dari dua atau tiga huruf yang merupakan singkatan dalam bahasa inggris. Kode-kode ini ada pada model front-loading, turbo drum, 1 tabung atau inverter yang dapat membantu Anda untuk mengetahui dan memperkirakan apakah kerusakannya masih bisa diperbaiki sendiri atau perlu memanggil teknisi profesional.

Pada artikel ini kami akan memberikan beberapa contoh kode error yang sering muncul pada mesin cuci LG lengkap dengan penyebab dan cara mengatasinya.  Termasuk kode error PE, LE, IE, UE, OE dan AE.

Arti Kode Error Mesin Cuci LG Terlengkap


Daftar isi


arti kode error mesin cuci lg


Kode Error dE1


Pintu tidak tertutup rapat. Pastikan mesin cuci tertutup dengan rapat dan tidak ada yang mengganjal dibawah tutup.

UE (Unbalanced)


Mesin cuci tidak seimbang. Jika kode error ini muncul pada mesin cuci LG Anda, berarti alas mesin cuci tidak seimbang (goyang) atau bisa juga disebabkan karena beban melebihi batas maksimal.

DE (Drain Error)


Sistem pembuangan air bermasalah. Mesin cuci LG yang tidak bisa membuang air akan menampilkan kode error ini. Anda perlu memastikan bahwa tidak ada kotoran yang menyumbat filter pembuangan air. Pastikan juga posisi selang tidak terlalu tinggi.

Kode Error CL


Mode "Child Lock" aktif CL atau Child Lock berarti mode keamanan mesin cuci aktif. Ini menyebabkan mesin cuci LG Anda tidak dapat berfungsi sampai mode ini dinonaktifkan.

Cd (Cooling Down)


Ini bukanlah error. Kode Cd akan muncul ketika proses pengeringan selesai namun pakaian tidak dikeluarkan. Sebenarnya ini adalah proses pendinnginan agar pakaian tidak berkerut.

Kode Error IE


Mesin cuci tidak bisa menampung air. Mesin cuci mendeteksi tidak adanya penambahan level air selama 12 menit saat proses pengisian air. Pastikan tidak ada kotoran atau benda apapun yang menyumbat filter air dan aliran air harus deras.

Kode Error OE


Mesin cuci tidak bisa membuang air. Mesin cuci mendeteksi tidak adanya pengurangan level air selama 2-5 menit saat proses pembuangan air. Pastikan filter dan saluran pembuangan tidak tersumbat dan periksa juga motor drain.

tCL (Tub Clean Cycle)


Jika kode ini muncul, berarti Anda perlu membersihkan tabung mesin cuci dengan cara menjalankan proses Tub cCean.

Kode Error PE


Sensor level air bermasalah. Periksa bagian komponen water level, pastikan kabel atau soket sensor sampai ke modul mainboard tidak bermasalah. Periksa tegangan suplai, jalur output dari IC penguat sinyal water level sampai ke micom.

Kode Error FE


Perlu dicatat, kode error FE pada mesin cuci LG biasanya muncul ketika tabung mesin cuci diisi air atau ketika dalam mode pembilasan dan pencucian.

Jadi, arti dari kode error FE ini adalah menandakan bahwa tabung mesin cuci sudah terlalu penuh dengan air. Itu berarti air yang Anda isi terlalu banyak.

Jika air terlalu penuh maka sensor ketinggian air pada mesin cuci LG otomatis akan bekerja dan mengirimkan sinyal berupa kode error FE. Untuk mengatasinya, cobalah matikan mesin cuci LG dan kurangi air yang ada didalam tabung.

Selain itu, kode error FE mesin cuci LG juga muncul bisa disebabkan karena deterjen atau sabun terlalu banyak sehingga tabung mesin cuci penuh dengan busa. Jadi, pastikan Anda juga memasukan deterjen secukupnya.

Kode Error dE2


Kode error mesin cuci LG dE2 menandakan bahwa pintu mesin cuci belum tertutup sempurna. Perlu diketahui, pada setiap mesin cuci umumnya dilengkapi dengan switch didekat pintu mesin cuci yang berfungsi sebagai sensor apakah pintu sudah tertutup rapat atau belum.

Nah pada mesin cuci LG, jika pintunya masih renggang dan belum terkunci maka secara otomatis akan muncul kode error dE2. Untuk mengatasinya, Anda bisa mencoba mencabut kabel mesin cuci LG sekitar 10 detik, pastikan pintu tertutup rapat dan kemudian nyalakan mesin cucinya kembali.


Lihat juga kode error untuk mesin cuci merk lain:

Kerusakan Mesin Cuci LG yang Tidak Ditandai dengan Kode Error


Tidak semua kerusakan pada mesin cuci bisa diketahui dengan kode error. Berikut ini kerusakan yang sering terjadi pada mesin cuci LG:

1. Mesin Cuci LG Bocor


Mesin cuci LG yang bocor atau tidak bisa menampung air umumnya disebabkan karena ada kotoran, pakaian atau logam pada katup karet mesin cuci. Kotoran yang mengganjal katup karet akan menyebabkan air mengalir terus sehingga terjadi kebocoran.

2. Suara Gesekan Selama Pengeringan dan Pencucian


Suara nyaring pada mesin cuci LG ini biasanya disebabkan karenalapisan  rem yang sudah menipis sehingga menghasilkan suara gesekan yang cukup keras. Biasanya kasus ini terjadi pada mesin cuci LG yang sudah lama digunakan.

Cobalah untuk membersihkan rem dari kotoran atau karat. Jangan lupa untuk meneteskan sedikit oli agar suara gesekan rem tidak terlalu berisik. Namun tetap disarankan untuk mengganti bearing dan membersihkan permukaan rem dengan cairan tiner.

3. Rem Mesin Cuci Tidak Berfungsi


Tabung, Spin atau drum mesin cuci LG akan membutuhkan waktu lebih lama sampai berhenti jika ada masalah pada rem. Penyebab kerusakan ini adalah karena torsi pengereman yang terlalu besar. Sama seperti kasus kedua, Anda bisa memperbaikinya dengan cara mengganti bearing lengkap.

Demikian artikel yang bisa kami bagikan kali ini mengenai daftar kumpulan kode error mesin cuci LG terlengkap beserta penyebab dan cara memperbaikinya. Semoga bermanfaat.
Gabung Forum Teknisi Indonesia Sekarang! Klik Tombol "Gabung" untuk saling berbagi pengalaman dengan Teknisi Indonesia.

close