Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Arti Kode Error Mesin Cuci Samsung dan Cara Mengatasinya

Kode Error Mesin Cuci Samsung. Samsung adalah salah satu merk mesin cuci yang kerusakannya bisa diketahui dengan kode error. Kode tersebut biasanya terdiri dari angka atau huruf tertentu. Mesin cuci Samsung keluar kode error juga bisa memudahkan Anda untuk menemukan penyebab kerusakan dan memperbaiki setiap permasalahan yang ada pada mesin cuci Samsung.

Tetapi tidak semua mesin cuci Samsung dilengkapi dengan peringatan kode error, hanya mesin cuci keluaran terbaru saja. Kode error ini secara otomatis akan tampil pada display mesin cuci Samsung Anda setiap kali ada masalah yang terdeteksi. Seperti mesin cuci tidak berputar, tidak bisa menampung air, membuang air dan lain-lain.

Pada artikel ini, kami akan membahas daftar kode error mesin cuci Samsung untuk semua tipe lengkap dengan cara memperbaikinya. Berikut daftar kode error termasuk e1, front loading dan top loading yang bisa membantu Anda menyelesaikan masalah jika mesin cuci Samsung keluar kode error.


Kode Error Mesin Cuci Samsung dan Cara Mengatasinya


kode error mesin cuci samsung

1E dan E7


Kode error 1E dan E7 pada mesin cuci samsung menandakan bahwa sensor ketinggian air bermasalah. Periksa apakah selang menuju sensor ketinggian air (water level sensor) tidak lepas, tersumbat atau bocor. Jika tidak ditemukan masalah pada selang, kemungkinan sensor ketinggian air yang bermasalah.

3E1 (Motor overload)


Pastikan cucian tidak melebihi batas maksimal. Masalah ini juga bisa disebabkan karena kerusakan pada PCB atau terminal sensor tidak terhubung.

3E2 (Malfungsi pada sistem motor)


Kode error mesin cuci Samsung 3E2 muncul dikarenakan ada masalah pada sistem motor, baik itu relay yang tidak stabil atau sudah lemah. Untuk memperbaiki kode error ini, disarankan menyerahkan kepada teknisi yang sudah berpengalaman.

4E dan E1 (Kesalahan pada sistem suply air)


Pastikan keran air dihidupkan dan tekanan air harus memadai, tidak boleh terlalu kecil. Periksa juga setiap selang, pastikan tidak ada yang terlipat/tertekuk, periksa filter inlet diujung katup karet (pembuangan air), periksa juga selang dari tabung mesin cuci ke sensor.

4E1 dan 4ED (Masalah pada temperatur air)


Pastikan selang inlet mesin cuci Samsung Anda terhubung ke pasokan pendingin (cold supply) dan tidak boleh tersambung ke pasokan pemanas (hot supply). Jika berhasil, maka kode error mesin cuci Samsung ini akan hilang.

5E dan E2 (Sistem pembuangan air)


Periksa filter pembuangan mesin cuci Samsung Anda, pastikan tidak ada kotoran, logam atau benda apapun yang menyumbat filter, periksa juga selang pembuangan, pastikan posisinya tidak terlalu tinggi dari mesin cuci yang menyebabkan air pembuangan tidak bisa keluar.

8E (Tegangan berlebih)


Kode error 8E mesin cuci Samsung muncul karena masalah tegangan yang berlebih. Cobalah untuk mencabut kabel mesin cuci selama kurang lebih 30 detik, kemudian hidupkan lagi. Jika mesin cuci Samsung Anda dilengkapi inverter, periksa secara berurutan dan pastikan tidak ada open circuit.

8E1 (Sensor MEMS error)


Periksa semua koneksi ke sensor MEMS yang biasanya ada diatas tabung mesin cuci. Tetapi disarankan untuk mengganti sensor MEMS tersebut.

bE (TRIAC short)


TRIAC termasuk golongan pengendali atau switching, untuk mengatasinya, Anda bisa mematikan mesin cuci beberapa detik, kemudian hidupkan lagi. Jika kode error mesin cuci Samsung ini masih muncul, disarankan untuk mengganti PCB.

CE dan E8 (Kesalahan pasokan air)


Untuk mengatasi kode error mesin cuci Samsung C3 dan E8 Anda bisa memastikan apakah pasokan air mengalir ke pemanas, pastikan pasokan air panas dan dingin tidak tertukar. Jangan lupa untuk memeriksa sensor suhu pemanas juga.

dE dan Ed (Pintu tidak tertutup rapat)


Pastikan mesin cuci Samsung Anda tertutup rapat dan tidak ada yang mengganjal dibawah tutup mesin cuci tersebut. Jika tidak, maka kode error ini akan terus muncul dan mesin cuci tidak akan bisa berputar.

dE1 (Switch pintu mesin cuci error)


Periksa apakah mesin cuci tertutup rapat, periksa juga kondisi switch. Jika masalah ini belum teratasi, disarankan untuk mengganti switch tersebut.

FE (Pulsator bermasalah)


Periksa kapasitor start dan dinamo pada bagian pulsator mesin cuci. Jika tidak ditemukan masalah lain, coba untuk mengganti kapasitor start.

HE (Temperatur air tidak normal)


Kode error mesin cuci Samsung ini muncul disebabkan karena sensor suhu mendeteksi suhu lebih dari 100°C. Jadi pastikan apakah air yang masuk terlalu panas atau tidak. Kode error ini juga bisa disebabkan karena sensor temperatur air yang error.

HE2 (Pengering atau pemanas bermasalah)


Periksa TCO pemanas atau temperatur switch. Salah satu TCO itu bisa direset ulang. Pastikan juga tidak ada masalah pada pulsator mesin cuci, periksa juga kondensor katup pembuangan air.

OE dan E3 (Air atau busa meluap)


Kode error yang satu ini disebabkan karena terlalu banyak air atau busa didalam tabung mesin cuci. Untuk mengatasinya, Anda bisa mematikan mesin cuci selama 30 detik, lalu nyalakan lagi. Seharusnya pompa pembuangan akan menyala untuk menguras air didalam tabung mesin cuci.

OF (Air meluap atau overflow)


Biasanya masalah ini disebabkan karena pendeteksi level ketinggian air bermasalah, sehingga mesin cuci akan terus memasok air.

Sud (Terlalu banyak deterjen atau busa)


Ini termasuk dalam kondisi normal, karena biasanya peringatan ini secara otomatis akan hilang sendiri setelah busa saat pengeringan atau pencucian mulai berkurang.

t1, t2 dan tSt (Test mode aktif)


Kode ini menandakan bahwa mesin cuci dalam mode test. Untuk keluar dari test mode, Anda perlu mencabut colokan mesin cuci selama 30 detik, kemudian nyalakan lagi.

tE dan EC (Sensor temperatur terdeteksi tidak normal)


Tekan tombol power untuk mematikan mesin cuci, kemudian nyalakan lagi. Jika kode error ini masih belum hilang, periksa sensor temperatur tersebut.

UC (Tegangan listrik tidak stabil)


Kode error pada mesin cuci Samsung Anda ini menandakan bahwa listrik dirumah sedang tidak stabil. Sehingga secara otomatis mesin cuci akan menunda proses pencucian sampai listrik kembali normal, hal ini bertujuan untuk menjaga agar setiap komponen mesin cuci tidak rusak karena tegangan yang tidak stabil. 

UE, E4 (Mesin cuci tidak seimbang)


Pastikan alas mesin cuci Anda seimbang dan tidak miring. Pastikan juga beban pakaian tidak melebihi batas maksimal. Untuk mengatasinya, matikan mesin cuci, lalu atur posisi mesin cuci ditempat yang rata.

LE1 atau LC


Kode error LE1 atau LC pada mesin cuci samsung biasanya muncul dilayar ketika ada kebocoran air dari tabung. Jika kode error ini muncul, maka secara otomatis mesin cuci akan berhenti.

Tindakan pertama ketika kode error LE1 muncul adalah Anda harus segera mematikan daya mesin cuci. Pertama, tekan tombol power pada mesin cuci, selanjutnya cabut kabel dari stop kontak.

Setelah itu Anda harus mencari penyebab kode error ini. Cobalah untuk memeriksa selang pembuangan air apakah ada kebocoran atau tidak. Sambungan selang ke pipa pembuangan harus benar-benar rapat.

Selain itu, periksa juga filter pembuangan apakah ada kotoran yang menyumbat air dari tabung atau tidak. Dalam beberapa kasus, kode error mesin cuci Samsung LE1 juga bisa disebabkan karena heater yang putus atau ada retakan di tabung mesin cuci.

Arti Kode Error Mesin Cuci Samsung Lainnya


Selain diatas, masih banyak kode kesalahan mesin cuci Samsung lainnya dengan penyebab dan cara mengatasi yang berbeda. Diantaranya adalah sebagai berikut:

Kode ErrorPenyebabSolusi
3E, 3E1, 3E2, 3E3, 3E4, EA, EBMotor bermasalahKode error ini pada mesin cuci Samsung muncul bisa disebabkan karena sirkuit short, kerusakan pada PCB atau konektor motor longgar.
4E2Kesalahan pada temperatur airSuhu air yang dipakai untuk mencuci terlalu panas.
6EPemanas air tidak berfungsiPeriksa resistansi pemanas (water heater). Resistansinya harus sekitar 27Ω.
9E1, 9E2, PH1, PloKerusakan pada bagian powerPeriksa tegangan masuk, periksa sekring, konektor dan filter kebisingan (noise filter).
AE, 13EPCB utama atau Sub PCB bermasalahUntuk mengatasi kode error mesin cuci Samsung ini, Anda bisa memeriksa semua konektor pada PCB utama dan sub PCB.
bE1, 12EBagian tombol power bermasalahTekan dan tahan tombol power kurang lebih 15 detik.
bE2, 14EMasalah pada tombol kontrol mesin cuciTekan dan tahan pada salah satu tombol yang ada (selain tombol power) selama kurang lebih 30 detik.
bE3, 18EKerusakan pada SwitchPeriksa relay, kemungkinan relay bermasalah.
dE2Switch ON/OFF errorPeriksa kondisi Switch ON/OFF. Segera ganti jika switch sudah rusak.
H1Suhu air bermasalah atau temperatur air naik terlalu cepatPeriksa pressure switch dan sensor suhu dan selang.
HE1, E5Pemanas air (water heater) bermasalahPeriksa resistansi pemanas yang seharusnya sekitar ~27Ω.
HE3Steam mesin cuci gagal berfungsiPeriksa fungsi steam dan bagian TCO.
HOTMesin cuci terlalu panasIni bukan termasuk kode error dan tidak ada kerusakan pada mesin cuci Anda.
LE, LE1, E9, 11EKebocoran air (ketinggian air terlalu rendah selama pencucian)Pastikan posisi selang pembuangan tidak lebih rendah dari bawah mesin cuci Samsung Anda.
tE1Kerusakan pada sensor temperatur pemanas airPeriksa hubungan antara sensor ke PCB dan periksa resistansinya, sehuarnys sekitar ~12.8kΩ.
tE2Sensor saluran pulsator (fan housing) rusakPeriksa hubungan antara sensor ke PCB dan periksa resistansinya, sehuarnys sekitar ~12.8kΩ.
tE3Kapasitor pada sensor saluran (duct sensor) rusakPeriksa hubungan antara sensor ke PCB dan periksa resistansinya, sehuarnys sekitar ~12.8kΩ.

Lihat juga daftar kode error untuk mesin cuci merk lain

3 Kerusakan Mesin Cuci Samsung yang Sering Terjadi


Selain ditandai dengan kode error, ada beberapa masalah lain yang mungkin Anda temukan pada mesin Samsung, diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Terdengar Suara Gesekan Selama Pencucian/Pengeringan


kode error mesin cuci samsung top loading
Ilustrasi bearing mesin cuci Samsung

Suara "ciit" pada mesin cuci Samsung ini biasanya disebabkan karena rem yang sudah menipis sehingga menghasilkan suara gesekan yang lebih nyaring dan sering kali terjadi pada mesin cuci yang sudah cukup lama digunakan.

Anda bisa mencoba untuk membersihkan rem dari kotoran, karat atau bisa juga meneteskan sedikit oli agar suara gesekan rem tidak terlalu berisik. Namun tetap disarankan untuk mengganti bearing dan membersihkan permukaan rem dengan cairan tiner.

2. Rem Tidak Berfungsi


kode error mesin cuci samsung front loading
Ilustrasi rem mesin cuci Samsung

Spin atau tabung mesin cuci Samsung akan membutuhkan waktu lebih lama sampai berhenti jika ada masalah pada rem. Penyebab kerusakan ini adalah karena torsi pengereman yang terlalu besar. Sama seperti kasus pertama, Anda bisa memperbaikinya dengan cara mengganti bearing lengkap.

3. Kebocoran Pada Mesin Cuci


kode error mesin cuci samsung e1
Katup karet mesin cuci

Mesin cuci Samsung yang bocor atau tidak bisa menampung air umumnya disebabkan karena ada kotoran, logam atau yang lainnya pada katup karet mesin cuci. Kotoran yang mengganjal katup karet akan menyebabkan air mengalir terus menerus (bocor).

Kumpulan kode error mesin cuci Samsung diatas berlaku hampir untuk setiap tipe mesin cuci Samsung, yang tentunya sudah dilengkapi dengan layar LCD untuk menampilkan kode error. Jika ada pertanyaan terkait topik ini, silakan tinggalkan dikolom komentar.
Gabung Forum Teknisi Indonesia Sekarang! Klik Tombol "Gabung" untuk saling berbagi pengalaman dengan Teknisi Indonesia.

4 komentar untuk "Arti Kode Error Mesin Cuci Samsung dan Cara Mengatasinya"

  1. Kode Ut apa ya maksudnya

    BalasHapus
  2. ada tulisan LEI muncul dilayar

    BalasHapus
  3. Kode error E6 apa ya mesin cuci Samsung front loading

    BalasHapus

close