4 Cara Membuat Speaker Biasa Menjadi Bass (Terbaru 2022) - JandelaTV

4 Cara Membuat Speaker Biasa Menjadi Bass (Terbaru 2022)

Cara Membuat Speaker Biasa Menjadi Bass - Sudah banyak skema yang bisa memudahkan Anda untuk merakit speaker mini, namun kebanyakan tidak memiliki bass yang kuat. Tetapi Anda masih bisa memodifikasi dan membuat speaker biasa menjadi bass yang lebih mantap dengan menambahkan beberapa komponen pendukung.

Umumnya, speaker biasa memang kurang mampu menghasilkan frekuensi bass yang kuat dibandingkan dengan speaker yang lebih besar. Ada banyak tips yang bisa dicoba untuk menambah bass speaker biasa menjadi lebih maksimal, seperti memodifikasi desain menjadi lebih efektif atau merakit modul dengan benar.



Cara Membuat Speaker Biasa Menjadi Bass


Cara Membuat Speaker Biasa Menjadi Bass

Pada artikel ini, kami akan memberikan beberapa tips sederhana yang sering diterapkan oleh berbagai produsen speaker untuk menghasilkan frekuensi bass yang lebih kuat pada speaker biasa atau mini. Anda bisa mencoba salah satu atau semua tips dibawah ini untuk mendapatkan hasil yang maksimal:

1. Maksimalkan Desain Speaker


cara menambah bass speaker biasa

Ini adalah tips sederhana namun seringkali diabaikan banyak orang. Desain yang tepat ternyata bisa menambah frekuensi bass pada sebuah speaker. Hal ini termasuk ukuran speaker dan output bass.

Umumnya, semakin besar ukuran kotak speaker (diameter speaker) maka akan semakin menghasilkan output bass yang lebih mantap. Sedangkan jika kotak speaker terlalu kecil, maka bass yang dihasilkan tidak akan maksimal.

Jadi jika Anda ingin merakit speaker mini dengan suara berkualitas tinggi, maka perlu memperhatikan ukuran kotak speaker, pastikan Anda membeli kotak dengan ukuran yang lebih besar dan lebih banyak ruang didalamnya agar speaker biasa menjadi bass.

2. Memasang Kit Penambah Bass


cara membuat speaker biasa menjadi bass

Ada banyak kit penguat bass (bass booster) yang bisa ditemukan toko elektronik online ataupun offline, kit atau modul ini bekerja dengan cara meningkatkan gain pada sub-woofer agar semakin kuat efek bassnya dan bisa diatur sesuai kebutuhan.

Anda juga harus memilih merk kit yang tepat agar nantinya speaker yang Anda rakit mampu menghasilkan bass yang bagus. Merk kit penambah bass yang mantap yang bisa dicoba adalah Galaxy IC 4558 . Ini adalah salah satu merk kit bass booster terbaik dengan harga yang cukup terjangkau.

3. Menambah Bass Speaker Biasa dengan Kapasitor


cara membuat speaker biasa menjadi bass

Selain membeli kit bass booster yang sudah jadi, Anda juga bisa membuatnya sendiri dengan beberapa komponen sederhana yang mudah ditemukan, diantaranya adalah kapasitor milar, resistor dan potensio. 

Ada banyak skema turbo bass pasif dengan komponen yang bervariasi, namun sebagai percobaan Anda bisa merakit yang paling sederhana terlebih dahulu, jika ternyata berhasil menambah bass pada speaker biasa, maka Anda bisa membuat rangkaian yang lebih besar lagi.

Untuk tutorial membuat speaker biasa menjadi ngebass dengan kapasitor, Anda bisa langsung menonton video dibawah ini:


4. Penempatan Speaker


Penempatan speaker sangat berpengaruh pada tingkat suara dan bass yang dihasilkan. Anda harus memilih tempat yang cocok untuk speaker agar mampu menghasilkan bass yang mantap dan suara yang jernih.

Baca juga: Kumpulan Skema Amplifier Mini Stereo dan Mono

Itulah artikel singkat yang bisa kami bagikan kali ini mengenai tutorial cara membuat speaker biasa menjadi bass. Beberapa tips diatas sudah terbukti untuk menambah bass pada speaker mini atau biasa. Semoga bermanfaat.
Gabung Forum Teknisi Indonesia Sekarang! Klik Tombol "Gabung" untuk saling berbagi pengalaman dengan Teknisi Indonesia.

Belum ada Komentar untuk "4 Cara Membuat Speaker Biasa Menjadi Bass (Terbaru 2022)"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close