Cara Menyambungkan HP ke TV Polytron (Android & iOS) - JandelaTV

Cara Menyambungkan HP ke TV Polytron (Android & iOS)

Cara menyambungkan HP ke TV Polytron bertujuan untuk memindahkan tampilan layar HP, seperti video, foto atau musik ke layar televisi. Ukuran layar yang berbeda juga bisa membuat Anda menjadi lebih puas ketika menonton film atau serial favorit. Pada TV Polytron, ada berbagai metode yang bisa dicoba untuk menghubungkan HP ke TV Polytron.

Diantaranya adalah dengan kabel dan tanpa kabel, sedangkan cara yang paling sering diterapkan banyak orang adalah tanpa kabel (nirkabel). Namun itu semua tergantung pada HP dan TV Polytron Anda, apakah sudah mendukung penyambungan secara nirkabel atau tidak.

Dalam panduan ini JandelaTV akan membagikan tutorial tentang cara cepat dan mudah untuk menyambungkan HP ke TV Polytron. Baik itu dengan kabel, tanpa kabel atau menggunakan aplikasi pihak ketiga.


Cara Menyambungkan HP ke TV Polytron dengan Aplikasi


cara menyambungkan hp ke tv polytron

Metode pertama adalah dengan menggunakan aplikasi pihak ketiga. Aplikasi ini berfungsi untuk memindahkan tampilan layar HP ke TV Polytron. Namun cara ini hanya bisa dicoba untuk Smart TV Polytron.

Jika memang TV Polytron Anda sudah termasuk Smart TV, langsung saja ikuti langkah dibawah ini untuk memindahkan layar HP ke TV Polytron dengan aplikasi:

  1. Pertama, pastikan HP dan TV sudah terhubung ke jaringan Wi-Fi yang sama.
  2. Buka menu [Input] pada Smart TV Polytron, kemudian aktifkan fitur [Screen Mirroring].
  3. Lalu aktifkan juga fitur Screen Mirroring/Mirracast di HP Anda.
  4. Jika HP Anda belum dilengkapi fitur Screen Mirroring, silakan unduh aplikasi Miracast terlebih dahulu.
  5. Buka aplikasi tersebut, lalu lakukan pencarian perangkat dan pilih Smart TV Polytron Anda dari daftar perangkat yang tersedia.
  6. Selanjutnya ikuti langkah-langkah yang ada sampai HP berhasil terhubung ke Smart TV.

Lalu bagaimana jika TV Polytron saya belum mendukung fitur Screen Mirroring? Tenang saja, masih ada cara lain yang bisa dicoba, yaitu menggunakan alat adaptor khusus yang nantinya dicolokkan ke port HDMI yang ada di TV.

Cara Menyambungkan HP Android & iOS ke TV Polytron Tanpa Kabel (Wireless)



Jika memang TV Polytron Anda belum mendukung fitur screen mirroring, berarti Anda harus menyiapkan adaptor khusus yang nantinya dicolokkan ke Port HDMI di TV. Adaptor ini berfungsi agar TV bisa tersambung dengan HP secara nirkabel.

Ada banyak adaptor atau dongle yang bisa dicoba, yang paling populer adalah Anycast atau ChromeCast. Jika dilihat secara fisik dan fungsinya, kedua dongle ini memang sama, namun memiliki cara setting yang berbeda.

Menggunakan Chromecast


Jika Anda memiliki dongle Chromecast, langsung saja ikuti tutorial dibawah ini untuk setup Chromecast dongle di TV Polytron:

1. Pasang Chromecast ke TV Polyron Anda

cara menyambungkan hp ke tv polytron
Pemasangan dongle Chromecast ke TV (Tomsguide)

Langkah pertama yang perlu dilakukan adalah menyalakan TV lalu colokan Chomecast ke port HDMI yang ada di TV dan colokan kabel power USB di dongle ke port USB yang ada di TV.

2. Masuk ke Mode HDMI

Setelah Chromecast berhasil dipasang, langkah selanjutnya adalah mengganti saluran TV Polytron Anda ke mode HDMI yang sudah terhubung dengan dongle Chromecast.

Caranya adalah tekan tombol [Input] diremote TV, kemudian arahkan ke mode HDMI menggunakan remote TV.

3. Download Aplikasi Google Home

cara menyambungkan android ke tv polytron

Aplikasi Google Home ini nantinya digunakan untuk mendeteksi dongle Chromecast yang sebelumnya sudah tersambung ke TV. Anda bisa mengunduh aplikasi Google Home di Playstore (Android) dan di Appstore (iOS).

Setelah itu, buka aplikasi Google Home, klik tanda plus (+) dipojok kiri atas, lalu pilih menu "Siapkan Perangkat" (Set up a device) dan klik menu "Perangkat Baru" (New Device).

Lalu pilih menu My Place > Chromecast > klik Berikutnya dipojok kanan bawah > klik "YA" untuk mengonfirmasi 4 digit kode di layar HP (pastikan kode yang ada dilayar TV dan di HP sama).

Selanjutnya klik Yes > Yes I'am in > Proceed. Kemudian tentukan ruangan TV Polytron Anda, misalnya lampu tengah atau living room, lalu tekan [Next].

4. Hubungkan HP ke Chromecast dengan Jaringan Wi-Fi

cara menyambungkan hp ke tv polytron
Memilih jaringan Wi-Fi/Hotspot di HP (Tomsguide)

Selanjutnya Anda perlu menghubungkan HP ke jaringan Wi-Fi yang sama dengan Chromecast, lalu klik [Next] dan tunggu proses update Chromecast sampai HP berhasil tersambung ke TV Polytron Anda.

Menggunakan Anycast Dongle


Anycast dongle adalah salah satu alat populer dipasaran yang berfungsi untuk melakukan screen mirroring antara HP dan TV LED, Tabung, LCD atau bahkan Smart TV.

Kelebihan dari dongle ini adalah tidak membutuhkan koneksi internet. Jadi Anda bisa menyiapkan sajian multimedia terlebih dahulu. Seperti film favorit, atau album foto sebelum memindahkannya ke layar televisi.

Langkah pemasangan Anycast bisa dikatakan lebih mudah dibandingkan Chromecast, Anda hanya perlu mengikuti beberapa langkah saja sampai HP benar-benar bisa tersambung. 

Dibawah ini, kami sudah menyediakan video tutorial lengkap yang bisa Anda ikuti untuk menyambungkan HP Android atau iOS ke TV Polytron dengan Anycast dongle:


Cara Menyambungkan Layar HP ke TV Polytron dengan Kabel (Wired)


cara menyambungkan hp ke tv polytron tanpa kabel
Ilustasi cara kerja HDMI MHL (mhltech)

Jika kedua cara diatas belum berhasil, Anda masih bisa menghubungkan HP ke TV Polytron dengan kabel. Namun Anda perlu menyiapkan alat HDMI MHL terlebih dahulu yang berfungsi untuk menggabungkan perangkat mobile dengan televisi melalui port HDMI.

Ada banyak tipe HDMI MHL yang bisa Anda temukan, namun cara pemasangannya tidaklah jauh berbeda. Jadi pastikan Anda sudah menyiapkan alat ini sebelum mengikuti langkah pemasangan berikut:

  1. Pertama, colokkan kabel HDMI MHL ke port HDMI yang ada di TV Polytron Anda.
  2. Kemudian colokkan charger ke slot mikro USB yang ada di HDMI MHL.
  3. Lalu ubah saluran TV ke mode HDMI dengan cara tekan tombol [Input] diremot, lalu arahkan ke mode HDMI 1/HDMI 2 sesuai port yang dipilih sebelumnya.
  4. Terakhir, colokkan kabel mikro USB dari HDMI MHL ke HP Android atau iOS.

Catatan: Pastikan TV Polytron dan HP Anda sudah mendukung fitur MHL. Biasanya disamping port HDMI TV ada tulisan "MHL" yang menandakan bahwa TV tersebut sudah mendukung alat ini.

Semua cara menyambungkan HP ke TV Polytron diatas bisa dicoba untuk beberapa model TV Polytron, termasuk tabung u-Slim, LED, LCD, Cinemax Soundbar dan Smart TV Polytron. Khususnya yang sudah dilengkapi dengan port HDMI, USB dan fitur Screen Mirroring.
Gabung Forum Teknisi Indonesia Sekarang! Klik Tombol "Gabung" untuk saling berbagi pengalaman dengan Teknisi Indonesia.

Belum ada Komentar untuk "Cara Menyambungkan HP ke TV Polytron (Android & iOS)"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close