Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mendapatkan Kode Clear Temper Untuk Menghilangkan Kata Periksa

Cara Mendapatkan Kode Clear Temper PLN. Saat pertama kali memasang instalasi listrik dirumah, mungkin Anda mengalami kendala dimana lampu meteran menyala dan terlihat ada tulisan 'periksa'. Biasanya tulisan ini muncul karena segel dari meteran tersebut sudah terbuka, sehingga Anda harus memasukan kode temper PLN untuk menghilangkan kata periksa.

Masalah ini memang seringkali terjadi, karena masih banyak orang yang belum mengetahui bahwa segel dari meteran tidak boleh sembarangan dibuka selain oleh pihak PLN. Jika tetap memaksakan untuk mengganti atau memperbaiki meteran yang rusak sendiri, kemungkinan besar akan muncul tulisan "periksa" dan listrik menjadi padam.

Kasus ini biasanya terjadi pada meteran listrik token, dimana kode clear temper tersebut terdiri dari beberapa digit angka dan bisa langsung diinput dengan papan angka yang ada dimeteran. Selama tulisan 'Periksa' masih ada, Anda tidak akan bisa mengisi token listrik.


Apa itu Kode Clear Temper PLN?


kode clear tamper

Clear Tamper atau disingkat CT adalah 20 digit token yang digunakan untuk mengaktifkan ulang meteran prabayar yang sudah terbuka segelnya (tutup terminal). Tanda jika tutup terminal meteran dirumah Anda sudah terbuka adalah terdapat tulisan Periksa pada display meteran.

Kode ini memang dibuat dengan tujuan untuk mempermudah petugas PLN saat mengatasi gangguan pada meteran prabayar, terutama gangguan yang pada saat diluar jam kerja.

Selain itu, kode clear temper PLN juga dibuat dengan tujuan untuk mengurangi kecurangan/pencurian listrik dengan cara memodifikasi bagian dalam meteran listrik. Tamper bisa juga dikatakan sebagai kode keamanan pada meteran listrik prabayar.


Bagaimana Cara Mendapatkan Kode Clear Tamper PLN?


Anda tidak akan bisa menghilangkan kata periksa jika belum mendapatkan kode clear temper PLN yang valid. Kode ini hanya bisa didapatkan langsung dari PLN. Artinya Anda perlu menghubungi pihak PLN melalui telepon atau bisa langsung mendatangi kantor terdekatnya.

Karena ini merupakan kode keamanan, jadi tidak sembarang orang bisa mendapatkannya. Oleh karena itu, jika meteran prabayar Anda terdapat tulisan 'periksa' dan tidak bisa diisi token listrik, kami sarankan untuk menghubungi PLN dan meminta kode clear temper yang nantinya Anda masukan ke meteran.

Anda bisa menghubungi PLN melalui telepon di call center "(kode area) 123". Pastikan sebelum melakukan panggilan, Anda sudah mengisi pulsa terlebih dahulu. Jika sudah tersambung, Anda perlu menjelaskan masalah yang terjadi pada meteran listrik dirumah.

Setelah mendapat kode token yang diberikan PLN, saatnya untuk memasukan kode tersebut ke meteran. Berikut ini caranya:

Cara Memasukan Kode Clear Temper untuk Menghilangkan Kata Periksa


kode clear temper untuk menghilangkan kata periksa

Setelah mendapatkan kode yang valid, segera masukan kode tersebut ke meteran listrik dirumah Anda. Jika masih ragu untuk melakukannya, Anda bisa langsung mengikuti tutorial memasukan kode clear temper PLN yang benar dan mudah:

  1. Pertama, pastikan meteran menyala dan terdapat tulisan 'Periksa'
  2. Setelah itu, masukan satu persatu angka dari kode yang ada.
  3. Jika semua kode token sudah dimasukan, Anda perlu menekan tombol "Enter" atau panah yang ada dimeteran.
  4. Jika berhasil, tulisan 'Periksa' akan hilang dan Anda sudah bisa mengisi token listrik seperti semula.

Solusi Kode Clear Temper Tidak Berfungsi


Ada beberapa orang yang mengeluhkan bahwa kode yang dimasukan tidak berfungsi/salah. Hal ini bukan sepenuhnya karena token tersebut yang bermasalah, bisa jadi disebabkan karena ada salah satu atau beberapa angka yang keliru.

Sebelum komplain ke pihak PLN, ada baiknya untuk memasukan ulang kode temper yang sebelumnya sudah di informasikan oleh pihak PLN, pastikan setiap angka yang dimasukan tidak salah. Karena jika ada satu angka saja yang salah, maka kode tidak akan berfungsi dan tulisan "Periksa" akan tetap ada.

Tetapi jika masih belum bisa juga, Anda harus menghubungi PLN dan menjelaskan permasalahan yang baru saja dialami pada meteran listrik dirumah Anda. Kemungkinan PLN akan memberikan kode baru atau langsung datang ke lokasi untuk pemeriksaan lebih lanjut.

Demikian artikel singkat yang bisa kami bagikan mengenai kode clear temper untuk menghilangkan kata periksa. Kesimpulannya, Anda tidak boleh membuka kotak meteran sendiri, karena didalamnya memang terdapat sensor yang otomatis mengunci meteran tersebut dan akhirnya muncul tulisan periksa.
Gabung Forum Teknisi Indonesia Sekarang! Klik Tombol "Gabung" untuk saling berbagi pengalaman dengan Teknisi Indonesia.

2 komentar untuk "Cara Mendapatkan Kode Clear Temper Untuk Menghilangkan Kata Periksa"

  1. Maaf bos aku baru gabung baimana cara dapat kode meteran di meteran ku muncul tulisan perisa

    BalasHapus

close