Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Ciri-Ciri Freon Kulkas Habis yang Perlu Diwaspadai

Umumnya ciri-ciri freon kulkas habis atau bocor adalah ditandai dengan pendinginan yang kurang maksimal. Namun selain itu, masih banyak lagi ciri-ciri lain jika terjadi kebocoran pada gas freon kulkas yang perlu Anda diketahui agar tidak menimbulkan masalah yang lebih serius lagi.

Kebocoran freon pada kulkas termasuk kerusakan yang cukup sulit dan mahal untuk diperbaiki, ini biasa terjadi pada kulkas model lama yang masih terdapat bunga es di freezernya. Berbeda dengan kulkas model terbaru yang sudah tidak lagi menggunakan freon sebagai pendingin.

Selain pendinginan yang kurang maksimal, freon kulkas habis juga bisa ditandai dengan beberapa ciri lain. Didalam artikel ini, kami akan membahas ciri-ciri freon kulkas bocor & habis. Apa sajakah itu? yuk simak artikel ini sampai selesai.


5 Ciri-Ciri Freon Kulkas Habis & Bocor



1. Freezer Tidak Membeku


Ciri utama yang bisa menjadi indikator bahwa freon kulkas sudah habis adalah freezer yang tidak mampu lagi melakukan pendinginan. 

Yaps, jika Anda meletakan minuman atau makanan kedalam freezer dalam waktu yang cukup lama namun tidak kunjung membeku, kemungkinan besar freon kulkas bocor atau bahkan sudah habis.

Oleh karena itu, Anda harus lebih berhati-hati ketika membersihkan bunga es di freezer kulkas, disarankan untuk tidak menggunakan benda tajam ketika mengeruk bunga es. Lebih baik di diamkan saja dalam keadaan pintu kulkas terbuka sampai es freezer mencair dengan sendirinya.

2. Timbul Bau Tak Sedap


Selain karena tumpahan makanan didalam kulkas, bau tak sedap juga bisa disebabkan karena freon yang sudah habis. Ketika Anda menyimpan banyak makanan didalam kulkas yang tidak dingin, maka akan menimbulkan bau yang aneh.

Bau ini timbul akibat pendinginan yang kurang sempurna. Jadi, jika didalam kulkas Anda tercium bau yang aneh, bisa jadi freon kulkas Anda habis atau bocor dan harus segera diperbaiki. Karena Jika dibiarkan, maka makanan akan cepat basi dan buah-buahan akan cepat membusuk.

3. Kipas Kulkas Terus Berputar


Ketika suhu kulkas naik, kondensor dan kompresor akan terus berjalan menggunakan freon untuk membuat suhu didalam kulkas tetap terjaga.

Sayangnya, jika gas freon kulkas habis dan mulai menipis maka fan/dinamo kulkas akan terus berputar dalam waktu yang cukup lama karena suhu kulkas menjadi tidak stabil, sedangkan dinamo ini berfungsi untuk menjaga suhu kulkas agar tetap sejuk dan segar.

Jika dinamo atau motor kulkas terus menerus berputar dalam jangka waktu yang cukup lama, maka tidak menutup kemungkinan komponen yang satu ini akan cepat rusak dan terbakar.

4. Tagihan Listrik Meningkat


Jika Anda merasa ada kenaikan tagihan listrik yang tidak wajar, bisa jadi itu adalah salah satu ciri-ciri freon kulkas habis. Seperti yang dikatakan sebelumnya, jika gas freon habis maka dinamo akan terus berputar sehingga akan lebih banyak memakan energi listrik.

Untuk lebih memastikan apakah ini benar-benar disebabkan karena freon kulkas yang bocor atau bukan, cobalah untuk tidak menyalakan kulkas dalam beberapa waktu dan periksa lagi apakah tagihan listrik berkurang atau tidak.

5. Masalah Kesehatan


Kebocoran pada gas freon kulkas tidak boleh dianggap sepele karena bisa menyebabkan masalah kesehatan yang serius. 

Dengan paparan gas freon dalam waktu berkepanjangan, kesehatan Anda mungkin akan mulai terganggu. Seperti merasa sakit kepala, mual atau gejala kesehatan lain yang penyebabnya tidak jelas.

Singkatnya, jika Anda selalu merasa kurang sehat tanpa alasan yang jelas, kami sarankan untuk memeriksa apakah ada kebocoran pada freon kulkas atau tidak, karena zat kimia yang dihasilkan dari freon dapat meracuni makanan yang ada didalam kulkas.

Ada beberapa gejala yang bisa disebabkan karena bahaya freon kulkas bocor, diantaranya adalah: pusing, mual, muntah, batuk, iritasi mata, telinga dan tenggorokan. Gejala-gejala ini bisa jadi karena makanan didalam kulkas sudah terpapar zat kimia dari freon yang bocor.

Nah, demikian artikel singkat yang bisa kami bagikan mengenai ciri-ciri freon kulkas habis. Kesimpulannya, Anda harus segera memperbaiki masalah ini jika menemukan adanya kebocoran freon pada kulkas, karena selain dapat membuat makanan cepat basi, gas freon kulkas yang bocor juga bisa menimbulkan masalah kesehatan.
Gabung Forum Teknisi Indonesia Sekarang! Klik Tombol "Gabung" untuk saling berbagi pengalaman dengan Teknisi Indonesia.

Posting Komentar untuk "5 Ciri-Ciri Freon Kulkas Habis yang Perlu Diwaspadai"


close