Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

6 Penyebab Kenapa Booster TV Tidak Berfungsi & Cara Mengatasinya

Penyebab kenapa booster TV tidak berfungsi bisa jadi karena ada kerusakan pada komponen didalamnya. Namun selain itu, masih ada lagi kemungkinan lain yang bisa membuat booster TV tidak bisa menangkap sinyal (no signal). Pada artikel ini, kami akan membahas beberapa penyebab beserta cara memperbaikinya.

Biasanya jika booster TV bermasalah ditandai dengan tulisan "tidak ada sinyal" atau hanya ada raster pada layar TV dan tidak ada satu pun siaran yang tersimpan. Anda tidak akan bisa menemukan channel atau siaran selama kerusakan booster TV ini belum diperbaiki.


Penyebab Kenapa Booster TV Tidak Berfungsi


kenapa booster tv tidak berfungsi

Selain karena gangguan sinyal, masih ada lagi alasan kenapa booster antena TV tidak berfungsi. Anda bisa mengetahui beberapa penyebabnya dengan membaca artikel ini sampai selesai.

1. Kabel Putus atau Tidak Tersambung

Alasan kenapa booster TV tidak berfungsi yang pertama adalah disebabkan karena kabel yang putus atau tidak tersambung. Kabel putus ini bisa jadi karena usianya yang sudah terlalu lama atau digigit tikus.

Kabel yang dimaksud disini adalah kabel dari antena ke booster ataupun dari booster ke TV. Jadi langkah pertama yang perlu Anda lakukan adalah memeriksa semua kabel dan memastikan bahwa tidak ada kabel yang terkelupas dan putus.

2. Source dan Input TV Salah


Selain karena ada masalah pada kabel, booster antena TV yang tidak berfungsi juga bisa disebabkan karena source dan input TV salah. Jika TV masuk dalam mode source yang salah, maka mau bagaimanapun TV tersebut tidak akan bisa menangkap sinyal dari booster.

Pastikan source (sumber) TV sudah dalam posisi mode "TV", bukan mode AV, HDMI dan yang lainnya. Untuk mengatur source TV, biasanya Anda hanya perlu menekan tombol "Source" di remote dan memilih mode "TV", lalu klik "OK" untuk menyimpannya.


3. Sakelar Booster TV Dalam Posisi Off


Langkah selanjutnya adalah pastikan bahwa sakelar booster sudah dinyalakan, bisa jadi Anda lupa untuk mengaktifkan sakelar pada booster TV atau ada seseorang yang mematikannya tanpa sepengetahuan Anda.

Ini adalah hal kecil yang seringkali dilupakan banyak orang. Cara untuk mengetahui apakah booster TV  sudah menyala atau belum adalah dengan melihat lampu LEDnya, pastikan lampu led merah/hijau ada booster tersebut sudah menyala.

4. Kerusakan Pada Sakelar Booster Antena


Jika sakelar sudah posisi "ON" namun lampu indikator LED tidak menyala, bisa jadi ini disebabkan karena sakelar tersebut sudah rusak sehingga booster TV tidak berfungsi walaupun posisi sakelar sudah dinyalakan.

Lalu apa penyebab sakelar booster rusak? ada banyak kemungkinannya, seperti terkena air, kaleng penghubung sakelar yang berkarat atau karena terlalu sering dinyalakan dan dimatikan.

Untuk memperbaikinya, Anda perlu memahami sedikit mengenai elektronik atau Anda bisa langsung mengikuti langkah-langkah dibawah ini:

  • Buka box booster TV menggunakan obeng.
  • Lihat fisik sakelarnya, apakah berkarat atau tidak.
  • Jika terlihat banyak karat (korosi), segera bersihkan menggunakan sikat dan cairan tinner.
  • Setelah itu, ukur sakelar tersebut menggunakan multitester untuk memastikan bahwa sakelar pada posisi "ON" sudah tersambung.
  • Atau Anda bisa langsung menggantinya dengan ukuran yang sama.

5. Jack Antena Booster Berkarat



Booster TV sudah menyala namun gambar tidak maksimal? Ini bisa jadi karena jack antena berkarat sehingga tidak terhubung dengan sempurna. Baik itu pada jack dari antena ke booster, atau dari booster ke TV.

Jadi, Anda perlu memeriksa semua jack antena, pastikan tidak ada karat dan kotoran yang dapat menghambat sinyal dari antena/booster ke TV. Bersihkan karat yang menempel dengan sikat dan cairan tinner.

6. Posisi Antena Berubah


Penyebab lain kenapa gambar TV buram padahal booster sudah menyala adalah karena posisi antena yang berubah karena angin, burung atau benda lain. Posisi antena yang berubah dapat mempengaruhi kualitas gambar yang dihasilkan.

Jika menggunakan antena remote, maka Anda hanya perlu memutar antena ke posisi yang paling bagus sambil memperhatikan gambar pada televisi. Jika perlu, kencangkan kembali tiang atau ikatan antena agar tidak mudah bergeser.

Baca juga: Cara Mengatasi TV Tidak Ada Sinyal (No Signal)

Kami harap artikel ini bisa membantu Anda untuk mengetahui penyebab kenapa booster TV tidak berfungsi dan cara memperbaikinya. Jika solusi diatas masih kurang membantu, mohon beritahu kami melalui kolom komentar. Semoga bermanfaat.
Gabung Forum Teknisi Indonesia Sekarang! Klik Tombol "Gabung" untuk saling berbagi pengalaman dengan Teknisi Indonesia.

Posting Komentar untuk "6 Penyebab Kenapa Booster TV Tidak Berfungsi & Cara Mengatasinya"


close