3 Cara Download dan Install Aplikasi di Smart TV Sharp - JandelaTV

3 Cara Download dan Install Aplikasi di Smart TV Sharp

Cara Download Aplikasi di Smart TV Sharp - Bukan hanya Android saja yang bisa dipasang aplikasi, bahkan sekarang sudah ada banyak Smart TV yang dilengkapi dengan sistem operasi canggih layaknya smartphone. Salah satunya adalah Smart TV Sharp yang cukup memiliki banyak pengguna di Indonesia.

Sharp sudah berhasil memproduksi berbagai barang elektronik, termasuk TV tabung, LED bahkan sekarang sudah tersedia Smart TV atau Android TV Sharp. Smart TV Sharp memungkinkan Anda untuk memasang dan download aplikasi seperti di HP Android melalui tiga layanan berbeda, yaitu AppsNow, Playstore dan VEWD.


Cara Download Aplikasi di Smart TV Sharp


cara download aplikasi di smart tv sharp

Anda bisa download dan install aplikasi di Smart TV Sharp dengan mudah dan tentunya membutuhkan koneksi internet (Wi-Fi). Khusus untuk Smart TV Sharp, Anda bisa menemukan berbagai aplikasi dan mengunduhnya melalui toko aplikasi VEWD, AppsNow atau Google Playstore.

Ketiga layanan ini membantu Anda untuk menambahkan aplikasi ke Smart TV Sharp Aquos, seperti Youtube atau Netflix. Akan tetapi, cara downloadnya sedikit berbeda dari smartphone. Untuk itu, silakan ikuti langkah-langkahnya berikut ini:

Langkah Install Aplikasi di Smart TV Sharp dengan VEWD


VEWD adalah layanan berbasis Cloud yang ada pada Smart TV Sharp dan menyediakan banyak aplikasi, atau bisa dibilang sebagai Appstore. Untuk lebih jelasnya, yuk langsung saja ikuti tutorial dibawah ini:

  1. Siapkan remote Smart TV Sharp Anda.
  2. Tekan tombol [Apps] yang ada diremote TV.
  3. Kemudian, pilih VEWD Apps Store dan tekan tombol [OK] diremote.
  4. Pada bagian atas layar Smart TV, Anda akan melihat menu filter untuk memudahkan Anda jika ingin mengurutkan daftar aplikasi dalam beberapa kategori. Seperti aplikasi Baru, Populer, Musik, Olahraga, Film & Serial, Game, Teknologi dan masih banyak kategori lainnya.
  5. Terakhir, pilih aplikasi yang ingin didownload lalu tekan [OK] diremote untuk menginstallnya, tunggu proses pemasangan aplikasi sampai selesai.

Kelebihan dari layanan VEWD ini adalah tersedia banyak aplikasi dengan berbagai kategori, Anda juga bisa menemukan aplikasi Netflix dan Youtube dengan memilih kategori Populer. Bahkan bisa sekaligus menandai beberapa aplikasi untuk dimasukan ke daftar Favorit.

Baca juga: Kode Remote TV Sharp Tabung & LED

Langkah Install Aplikasi di Smart TV Sharp dengan AppsNow


Mau coba download aplikasi melalui layanan AppsNow? Boleh, Anda hanya perlu mengikuti langkah berikut ini:

  1. Siapkan remote Smart TV Sharp Anda.
  2. Tekan tombol [Apps] diremote TV.
  3. Setelah itu, Anda akan melihat opsi AppsNow, silakan pilih opsi tersebut kemudian tekan tombol [OK] diremote.
  4. Pada bagian atas layar Smart TV, Anda akan melihat menu filter untuk memudahkan Anda jika ingin mengurutkan daftar aplikasi dalam beberapa kategori. Seperti aplikasi Baru, Populer, Musik, Olahraga, Film & Serial, Game, Teknologi dan masih banyak kategori lainnya.
  5. Sekarang, pilih aplikasi yang ada di AppsNow Store yang ingin ditambahkan ke Smart TV Sharp Anda.
  6. Kemudian, tekan tombol [OK] diremote untuk menginstall aplikasinya.

Ketika proses pemasangan aplikasi telah selesai, Anda akan melihat tanda centang (checklist) disudut kiri atas layar Smart TV. Sekarang, aplikasi tersebut sudah benar-benar terpasang dan bisa langsung dibuka.


Langkah Install Aplikasi di Smart TV Sharp dengan Google Playstore


Menurut kami, ini adalah cara yang paling mudah dibandingkan dengan dua metode diatas. Alasannya karena memang Google Play Store sudah sering digunakan di Android dan pastinya Anda sudah terbiasa download aplikasi melalui layanan Google ini. Berikut tutorial lengkapnya:

  1. Buka aplikasi Playstore yang ada dilayar Beranda Smart TV Sharp Anda.
  2. Lalu pilih opsi "Apps" menggunakan remote Smart TV.
  3. Cari aplikasi yang ingin dipasang, kemudian pilih opsi [Install] dan tekan tombol [OK] diremote TV.
  4. Selanjutnya cari aplikasi yang ingin diinstall dengan menggesernya ke kanan atau kiri.
  5. Setelah menemukan aplikasi yang ingin dipasang, pilih tombol [Install] dan tekan [OK].

Cara Update Aplikasi di Smart TV Sharp


Ada beberapa cara untuk memperbarui aplikasi di Smart TV Sharp, namun cara yang paling mudah adalah update aplikasi melalui Google Playstore. Berikut ini langkah mudah yang bisa kamu coba:

  1. Arahkan kursor ke aplikasi Google Playstore.
  2. Kemudian buka aplikasi tersebut menggunakan remote Smart TV Sharp.
  3. Geser ke kanan atau kiri untuk melanjutkan.
  4. Atau gulir kebawah untuk melihat lebih banyak aplikasi.
  5. Kemudian klik aplikasi yang ingin diperbarui.
  6. Terakhir, klik pada tombol Update untuk memperbarui aplikasi.

Bagaimana Cara Menghapus Aplikasi di Smart TV Sharp?


Selain cara installnya, Anda juga harus mengetahui bagaimana cara uninstall aplikasi di Smart TV Sharp, hal ini penting karena mungkin ada beberapa aplikasi yang jarang digunakan dan memakan banyak ruang penyimpanan, sehingga Anda perlu menghapusnya agar bisa memasang aplikasi yang lain.

  1. Pada layar beranda, pilih Playstore (Jika shortcut tidak ada, pilih ikon [All Apps] kemudian pilih Playstore).
  2. Pilih menu Playstore > My Apps.
  3. Cari & pilih aplikasi yang ingin dihapus, kemudian tap [Uninstall] > [OK].
  4. Sekarang, Anda sudah berhasil menghapus aplikasi di Smart TV Sharp. Mudah bukan?

Baca juga: Cara Reset TV Sharp LED & LCD

Aplikasi yang Wajib Ada di Android TV Sharp


Ada beberapa rekomendasi aplikasi yang perlu Anda pasang, karena aplikasi ini memang sangat berguna, baik itu untuk menonton film, bermain game atau menyimpan berbagai media seperti video, foto dan berkas. Apa saja daftar aplikasinya?

  • Plex - adalah aplikasi streaming video, audio, foto dan Anda bisa menggunakan aplikasi ini untuk mengirim media ke perangkat lain dengan layar yang lebih besar. Jadi, Anda bisa mengirim file dari Android ke Smart TV menggunakan aplikasi ini.
  • Vudu - awalnya, aplikasi ini hanya bisa digunakan di negara amerika saja. Tetapi sekarang, Anda bisa mencari film online secara gratis melalui aplikasi ini.
  • Spotify - Anda bisa menemukan jutaan lagu populer didunia melalui aplikasi streaming musik digital ini, bahkan Anda bisa mencoba layanan premium dari Spotify untuk mendapatkan akses yang lebih luas lagi.
  • Youtube - Aplikasi ini memang sangat populer di Android, iOS, Windows dan Android TV. Tetapi biasanya Youtube sudah menjadi aplikasi default di Smart TV, jadi Anda tidak perlu mengunduhnya lagi.
  • Netflix - Tidak jauh berbeda dengan Youtube, Anda juga bisa menemukan berbagai film baru dan keren di aplikasi Netflix dan Anda bisa streaming film di Smart TV menggunakan aplikasi ini.
  • Playstation Now - Ini adalah layanan berbayar dari Playstation dan berguna untuk menghubungkan PS4, PS5, PC Windows 10 dengan Smart TV Sharp Anda.
  • Amazon Prime Video - Ini adalah layanan baru dari Amazon yang memberikan Anda rekomendasi film terbaru, acara televisi atau konten video.

Demikian artikel singkat yang bisa kami bagikan mengenai cara download aplikasi di Smart TV Sharp beserta cara pasang dan menghapus aplikasinya. Kesimpulannya, Anda bisa memasang aplikasi dengan berbagai cara, tetapi cara yang paling mudah adalah melalui Google Playstore. Semoga bermanfaat.
Gabung Forum Teknisi Indonesia Sekarang! Klik Tombol "Gabung" untuk saling berbagi pengalaman dengan Teknisi Indonesia.

Belum ada Komentar untuk "3 Cara Download dan Install Aplikasi di Smart TV Sharp"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close