Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

4 Cara Mengatasi USB Tidak Terbaca di TV Sharp (Semua Tipe)

Smart TV atau TV LED Sharp sudah dilengkapi dengan built-in Port USB yang bisa Anda gunakan untuk menonton film, mendengarkan musik atau melihat album foto lansung dari flashdisk dan kartu memori. Namun terkadang muncul masalah pada port USB TV Sharp, tepatnya adalah USB tidak terbaca di TV Sharp.

Penyebab USB TV Sharp Tidak Berfungsi


USB Tidak Terbaca di TV Sharp

Kerusakan seperti ini memang seringkali terjadi, penyebabnya kemungkinan karena ada masalah dibagian port USB, baik ada kotoran yang mengganjal, flashdisk yang Anda masukan bermasalah atau ada malfungsi pada software TV karena sudah lama tidak diupdate.

Selain tidak bisa mendeteksi flashdisk, port USB yang rusak juga tidak akan bisa mendeteksi perangkat lain, seperti keyboard, hardisk, mouse dan lain-lain.

Lalu bagaimana cara yang benar untuk memperbaiki kerusakan USB tidak berfungsi di TV Sharp? cara cepat yang bisa Anda lakukan adalah dengan memeriksa port USB itu sendiri, pastikan tidak ada debu atau benda lain didalam port USB. Setelah itu, reset atau perbarui versi software di TV Sharp Anda, kemudian format flashdisk melalui komputer dengan benar.

Cara Mengatasi USB Tidak Terbaca di TV Sharp


Untuk tutorial lengkapnya, langsung saja ikuti beberapa tips dari kami yang mungkin bisa membantu Anda untuk mengatasi USB TV Sharp tidak bisa mendeteksi flashdisk, Keyboard, HDD dan lain-lain:


1. Periksa Kondisi Port USB TV


Langkah awal yang perlu dilakukan adalah dengan memeriksa kondisi fisik lubang USB TV Sharp Anda. Karena ada cukup banyak kasus port USB tidak berfungsi yang ternyata hanya disebabkan karena hal sepele, yaitu ada benda, kotoran, debu menumpuk didalam lubang USB.

Sehingga flashdisk, keyboard, mouse, hardisk tidak akan terbaca walaupun Anda mencobanya berulang kali. Jika memang terlihat banyak kotoran didalam port USB, segera bersihkan menggunakan sikat gigi dengan sedikit cairan tinner agar karat yang menempel didalam port USB bisa sekaligus hilang.

Akan tetapi, jika kondisi lubang USB terlihat masih baik dan bersih namun tetap tidak berfungsi, kemungkinan mainboard TV Sharp Anda rusak dan harus diperbaiki oleh teknisi elektronik langganan Anda. NAMUN, disarankan untuk mengikuti semua langkah ini terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk diservis.

2. Format Flashdisk Melalui Komputer


Sebelum memformat flashdisk, terlebih dahulu Anda harus memastikan bahwa flashdisk ini terbaca di TV, atau komputer lain. Cobalah untuk mencolokkan flashdisk di komputer. Jika flashdisk terbaca namun semua file tidak bisa dibuka (error), berarti Anda harus memformatnya melalui komputer atau laptop.

Tetapi walaupun USB berfungsi dengan baik di komputer atau perangkat lain, Anda tetap harus memformatnya untuk mengubah tipe file USB menjadi FAT32/exFAT. Alasannya karena kebanyakan TV Sharp hanya mendukung USB tipe ini, sedangkan kebanyakan USB menggunakan tipe file NTFS, sehingga menyebabkan USB TV Sharp tidak bisa membaca flashdisk Anda.

Kenapa harus melalui komputer? Alasannya sederhana, karena file manager bawaan di komputer memberikan opsi khusus untuk mengubah tipe flashdisk NTFS menjadi FAT32/exFAT yang didukung oleh kebanyakan merk televisi, termasuk Sharp.

Catatan: Format berarti menghapus semua data didalam flashdisk Anda, jadi disarankan untuk mencadangkan semua data terlebih dahulu sebelum memformatnya.

  • Colokan flashdisk ke port USB yang ada di komputer atau laptop.
  • Pastikan flashdisk sudah terbaca dibagian File Manager > This PC.
  • Klik kanan pada bagian flashdisk lalu klik [Format].
  • Pada bagian File System, ubah menjadi FAT32 (Default).

USB Tidak Terbaca di TV Sharp

  • Terakhir klik [Start] untuk melanjutkan proses format.
  • Setelah format berhasil dan flashdisk benar-benar kosong, Anda harus mengisi file berupa foto/video.
  • Lalu coba colokan flashdisk ke port USB TV Sharp Anda untuk memastikan apakah sudah terbaca atau belum.

3. Perbarui Firmware TV


TV LED dan Smart TV Sharp menggunakan software yang biasanya akan diupdate secara berkala, baik itu otomatis atau manual melalui pengaturan. Firmware TV yang sudah lama tidak diperbarui bisa menimbulkan masalah-masalah pada TV Anda, termasuk sistem USB yang tidak bisa membaca flashdisk dan perangkat lainnya.

Pastikan TV Sharp Anda sudah terpasang firmware versi terbaru. Periksa juga apakah ada versi baru yang tersedia atau tidak melalui pengaturan TV. Dibawah ini tutorial yang benar untuk memeriksa atau memperbarui software di TV Sharp:

  1. Tekan tombol [Setting] diremote TV.
  2. Scroll kebawah sampai Anda melihat menu [About].
  3. Arahkan sampai ke menu [About] menggunakan tombol panah bawah diremote.
  4. Lalu pilih [System Update] untuk melanjutkan pembaruan software.
  5. Tunggu sampai prosesnya selesai.
  6. Biasanya, TV akan mati dan hidup otomatis setelah firmware berhasil diperbarui.
  7. Coba masukan flashdisk ke TV Sharp Anda untuk memastikan apakah cara ini berhasil atau tidak.


Selain untuk memperbaiki bug (error) pada versi sebelumnya, software TV Sharp versi terbaru juga biasanya dilengkapi dengan 

4. Factory Reset TV Sharp


Berbeda dengan upgrade firmware, factory reset berarti mengatur ulang TV Sharp Anda seperti baru lagi. Semua pengaturan yang sebelumnya sudah Anda custom akan berubah menjadi default (bawaan). Termasuk pengaturan channel, tingkat kontras, warna, kecerahan dan lain sebagainya.

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk reset TV Sharp ke pengaturan pabrik. Baik itu melalui menu pengaturan atau tanpa remot dengan kombinasi tombol fisik yang biasanya ada disamping televisi.

Jika Anda menggunakan TV LED Sharp Aquos atau lainnya, cara termudah untuk factory reset adalah melalui menu pengaturan. Berikut ini langkah yang benar untuk factory reset TV Sharp:

  1. Nyalakan TV Sharp Anda.
  2. Tekan tombol [Menu] diremote, kemudian pilih Setup.
  3. Scroll kebawah sampai ke opsi Reset.
  4. Anda akan disuruh memasukan PIN atau kode sebelum mereset TV.
  5. Masukan kode PIN yang sebelumnya sudah Anda atur, atau jika Anda belum pernah menggunakan PIN, langsung saja masukan angka 1234 yang merupakan PIN default dari TV Sharp.
  6. Tunggu sampai proses reset pabrik selesai.

Cara Memastikan USB TV Sharp Sudah Terbaca atau Belum


Perlu diketahui, ada beberapa tipe TV Sharp yang secara otomatis akan membuka file USB ketika flashdisk dicolokan. Tetapi ada juga model TV Sharp yang tidak mendeteksi USB secara otomatis sehingga Anda harus memeriksanya secara manual.

BACA JUGA: Cara Setting TV Sharp Aquos Terlengkap

Caranya sangat mudah, ini berlaku hampir untuk semua tipe TV Sharp, termasuk Aquos. Dibawah ini adalah langkah untuk memastikan USB TV Sharp sudah terbaca atau belum:

  1. Tekan tombol [Source/Input] diremote TV.
  2. Kemudian akan muncul beberapa Source, seperti HDMI 1, HDMI 2, TV, AV dan lain-lain.
  3. Jika flashdisk Anda terbaca, maka disitu akan ada tulisan USB/Media.
  4. Untuk membukanya, Anda hanya perlu mengarahkan ke opsi USB/Media, lalu tekan [OK] diremote.
  5. Maka semua file yang ada di flashdisk Anda akan terbuka. Mulai dari foto, video, musik dan berkas.

Anda bisa mencoba keempat tips diatas sampai masalah USB tidak terbaca di TV Sharp berhasil diatasi. Tetapi, jika TV Sharp Anda tetap tidak bisa mendeteksi USB walaupun sudah mengikuti semua langkah tadi, kemungkinan memang ada kerusakan dibagian hardware dan kami sarankan untuk membawanya ke teknisi agar tidak salah eksekusi. Semoga bermanfaat.
Gabung Forum Teknisi Indonesia Sekarang! Klik Tombol "Gabung" untuk saling berbagi pengalaman dengan Teknisi Indonesia.

2 komentar untuk "4 Cara Mengatasi USB Tidak Terbaca di TV Sharp (Semua Tipe)"

  1. Flashdisk sy terbaca di TV nya, muncul tulisan USB 2.0 tapi setelah dipilih, isinya tidak terbaca.. Apakah TV tsb khusus USB 3.0 yh?

    BalasHapus

close