Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Arti Simbol Remote AC LG Paling Lengkap Terbaru 2024

Sebagian besar pengguna baru AC LG biasanya tidak mengetahui fungsi dari setiap simbol pada remote AC. Cukup banyak simbol dengan berbagai fungsi yang berbeda-beda. Jadi, Anda perlu mengetahui arti simbol remote AC LG jika ingin memaksimalkan kinerja AC sesuai dengan kebutuhan. Seperti mengaktifkan pendingan cepat atau mode hangat.

Setiap merk AC LG memiliki bentuk simbol berbeda namun biasanya memiliki fungsi yang sama. Cara paling sederhana untuk mempelajari fungsi dari setiap lambang remote AC LG adalah dengan membaca buku panduan yang tersedia pada paket pembelian. Didalam buku tersebut, berisi informasi lengkap tentang arti simbol remote AC LG lengkap.

Arti Simbol Remote AC LG Terlengkap


arti simbol remote ac lg

Tetapi jika buku panduan tersebut hilang atau rusak, maka pada artikel ini kami akan membantu Anda untuk memahami arti dari setiap simbol yang ada pada remote AC LG. Ini berlaku untuk AC LG lama, baru, AC LG dual inverter dan model lainnya.


1. Lambang Bintang (Mode Malam)


arti simbol remote ac sharp

Pada beberapa model AC LG, terdapat lambang bintang yang menandakan bahwa ini adalah Mode Malam atau mode tidur. Dengan mengaktifkan simbol ini, maka AC akan secara otomatis menaikkan suhu mulai dari 1-2° C setiap 30 menit dengan tujuan agar tidur Anda menjadi lebih nyaman dengan udara sejuk yang terkontrol.

Oleh karena itu, disarankan untuk mengaktifkan mode ini ketika malam hari saja. Namun Anda juga bisa mengaktifkannya pada siang hari, sore, pagi atau sesuai kebutuhan.

2. Lambang Pohon (Mode Ionizer)


arti simbol remote ac sharp

Jika Anda ingin mengurangi partikel debu, bakteri atau partikel berbahaya lainnya di ruangan kamar, maka Mode Ionizer bisa menjadi solusi yang tepat untuk menghasilkan udara yang steril dan bersih. arti simbol remote AC LG mode Ionizer atau antivirus ditandai dengan lambang pohon seperti gambar diatas.

LIHAT JUGA: Cara Setting AC LG Biar Dingin dan Sejuk Maksimal

Cara kerjanya cukup sederhana, ketika mode ini aktif maka AC secara otomatis akan menyebarkan udara dengan ion negatif ke ruangan kamar Anda. Setelah dirasa sudah cukup, Anda bisa menonaktifkan mode ini.

3. Simbol Mode Pembersihkan Otomatis (Automatic Cleaning)


arti lambang remote ac sharp atau 

Ketika mode ini diaktifkan, AC LG Anda otomatis akan melakukan pembersihan internal dan berjalan dalam mode ventilasi, bahkan setelah AC dimatikan. Secara singkat, mode ini berfungsi untuk mengeringkan internal AC dari kelembaban atau membersihkan bagian indoor AC yang biasanya berlangsung sekitar 30 menit.

Menurut kami, sesekali Anda perlu mengaktifkan mode pembersihan internal ini agar AC LG itu tetap bisa menghasilkan udara sejuk yang bersih sehingga sangat baik untuk kesehatan. Apalagi jika Anda bekerja di dalam ruangan AC dalam waktu yang cukup lama.

Ketika mode ini aktif, mungkin ada beberapa mode lain dari AC LG Anda tidak akan berfungsi sementara hingga proses cleaning AC selesai.

4. Fungsi Simbol Mode AI Pada AC LG


arti lambang ac lg

Pada beberapa model AC LG terbaru dilengkapi dengan fungsi kecerdasan buatan (AI) yang ditandai dengan lambang huruf "A" seperti pada gambar diatas. Mode ini berfungsi untuk menyesuaikan tingkat suhu dan kecepatan kipas secara otomatis tergantung pada suhu ruangan.

5. Lambang Nyamuk Pada AC LG


arti simbol remote ac lg dual inverter

Mungkin Anda tidak akan menemukan mode ini pada AC LG tipe lama. Simbol nyamuk seperti gambar diatas berfungsi sebagai pengusir nyamuk. Cara kerjanya yaitu ketika mode ini diaktifkan, maka AC LG Anda secara otomatis akan menghasilkan gelombang frekuensi tinggi.

6. Simbol Mode Senyap AC LG


arti simbol senyap remote ac lg

Fungsi mode AC LG ini adalah mengurangi kebisingan outdoor AC yang disebabkan karena beberapa komponen didalamnya, termasuk suara dari putaran kipas dan kompresor AC.

7. Arti Lambang Tetesan Air atau PO (Mode Dry)


arti lambang remote ac lg

Sesuai dengan gambarnya, ini adalah Mode Dry yang berfungsi untuk mengurangi kelembaban didalam ruangan. Anda bisa mengaktifkannya melalui remote AC LG atau menonaktifkannya dengan cara menekan tombol [Mode].

Untuk lebih jelasnya mengenai arti simbol remote AC LG mode dry dan fungsinya, silakan baca artikel mengenai: Fungsi Mode Dry Pada AC dan Kapan Harus Digunakan.

8. Simbol Indikator Bar (Mode Fan Speed)


arti simbol remote ac lg lengkap

Lambang seperti gambar diatas menandakan mode Fan Speed (kecepatan kipas). Setiap urutan indikator bar yang ada menunjukan tingkat kecepatan kipas AC LG Anda. Jadi singkatnya, ini berfungsi untuk mengatur tingkat kecepatan kipas, biasanya mulai dari 1 hingga 4 bar.

BACA JUGAArti Simbol Remote AC Sharp Terlengkap

Setelah mode ini diaktifkan, maka AC akan memulai menyebarkan udara dingin lebih cepat dari biasanya, ini karena kipas akan berputar dengan cepat (jika Anda mengatur kecepatan maksimal) dan pendinginan ruangan akan lebih lambat jika Anda mengatur tingkat kecepatan kipas paling rendah.

Arti Lambang Pada Remote AC LG Lainnya


Tombol Tampilan Layar Deskripsi
arti simbol remote ac lg hercules arti lambang ac lg joker Simbol remote AC LG ini berfungsi untuk menyalakan atau mematikan AC otomatis sesuai dengan timer yang telah diatur sebelumnya.
SET/CANCEL - Untuk mengatur atau membatalkan setiap fungsi yang ada, termasuk Timer.
arti simbol remote joker ac lg - Untuk membatalkan pengaturan Timer.
arti simbol remote ac lg inverter - Berfungsi untuk menentukan waktu.
*LIGHT OFF - Berfungsi untuk mengatur kecerahan layar pada remote AC LG.
ROOM TEMP Untuk menampilkan tingkat temperatur ruangan.
°C ↔ °F [5 s] simbol ac lg lama Untuk mengganti format antara °C (Celcius) dan °F (Fahrenheit).
*ENERGY SAVING arti mode remote ac lg Berfungsi untuk menghemat listrik dengan cara mengurangi konsumsi daya AC.
*COMFORT AIR arti simbol ac lg dual inverter Simbol ini berfungsi untuk mengatur dan membelokkan arah udara dari AC.
kW [3 s] - Untuk mengatur apakah ingin menampilkan informasi mengenai Energi atau tidak.
*ENERGY CTRL arti lambang pada remote ac lg Arti lambang ini adalah untuk memaksimalkan penghematan dari mode ENERGY SAVING.
*COMFORT SLEEP arti simbol pada remote ac lg Untuk mengaktifkan mode tidur dengan udara yang stabil.
DIAGNOSIS [5 s] - Untuk mendiagnosa jika ada masalah yang mungkin terjadi pada AC LG Anda.

CATATAN: Beberapa lambang diatas mungkin tidak semuanya ada pada remote AC LG Anda, karena ada beberapa model AC LG yang memiliki ikon sedikit berbeda. Tekan tombol SET/CANCEL untuk mengoperasikan dan membatalkan opsi yang dipilih.

Cara Mengaktifkan Mode Remote AC LG

Setelah mengetahui fungsi dan arti simbol remote AC LG diatas, sekarang Anda juga harus mengetahui bagaimana cara mengaktifkan mode tersebut. Dibawah ini kami sudah menyediakan langkah-langkah untuk mengaktifkan beberapa mode AC LG:

1. Mode Cool


Mode cool atau ditandai dengan simbol "salju" singkatnya berfungsi untuk memulai pendinginan secara cepat. Berikut ini cara mengaktifkannya:
  • Tekan tombol [Power] untuk menyalakan AC LG Anda.
  • Tekan tombol [MODE] diremote beberapa kali untuk memilih Mode Cool.
  • Terakhir, tekan tombol panah atau panah untuk mengatur temperatur sesuai kebutuhan Anda.

2. Mode Fan Speed


Untuk mengatur tingkat kecepatan kipas AC LG ternyata sangat mudah, hanya dengan beberapa sentuhan saja Anda sudah bisa menyesuaikan kecepatan kipas AC. Berikut ini langkah-langkahnya:
  • Tekan tombol [FAN SPEED] diremote AC beberapa kali untuk menyesuaikan kecepatan kipas.

cara setting remote ac lg
Indikator Bar Fan Speed AC LG

  • Semakin tinggi indikatornya maka akan semakin cepat kecepatan kipas, begitu pun sebaliknya seperti pada gambar diatas. Beberapa model AC LG memiliki icon Fan Speed berbeda, ada yang menggunakan simbol huruf, seperti F1, F2, F3 dan F4.

3. Mode Swing


Seperti yang sudah kami jelaskan diatas, mode ini berfungsi untuk mengubah arah angin dari AC LG Anda, bisa Horizontal, Vertikal atau otomatis. Untuk mengaktifkannya, silakan ikuti tutorial dibawah ini:
  • Tekan tombol [SWING] diremote AC beberapa kali dan pilih arah angin yang diinginkan.
  • Atau Anda bisa memilih simbol remote pada ac lg jet cool untuk menyesuaikan arah angin secara otomatis.
CATATAN:  1. Opsi arah angin Horizontal mungkin tidak tersedia pada beberapa model AC LG. 2. Terlalu sering mengubah arah angin bisa menyebabkan kerusakan pada AC. 3. Ketika Anda me-restart AC, maka pengaturan arah angin tidak akan berubah, yaitu tetap sama seperti yang sudah Anda atur sebelumnya.

4. Mode Energy Saver


Fungsi ini bisa menghemat tagihan listrik bulanan Anda, alasannya karena mode Energy Saver akan mengatur pendingan secara optimal yang secara otomatis menaikkan dan menurunkan temperatur sesuai dengan suhu ruangan. Berikut ini cara mengaktifkannya:
  • Nyalakan AC LG Anda.
  • Tekan tombol [MODE] beberapa kali sampai tampil Mode Pendiginan.
  • Terakhir, tekan tombol [ENERGY SAVER].


Simbol-simbol diatas hanya ada pada AC LG saja, kemungkinan ada perbedaan simbol pada setiap model AC LG lama dan keluaran baru. Jika ada pernyataan mengenai arti simbol remote AC LG, langsung saja tulis dikolom komentar dan kami akan berusaha memberikan jawaban terbaik. Semoga bermanfaat.
Tengku Khamzah Fauzi
Tengku Khamzah Fauzi I'm passionate about Tech, Electronics, How-to-Guides, and I'm thrilled to have you here.
Gabung Forum Teknisi Indonesia Sekarang! Klik Tombol "Gabung" untuk saling berbagi pengalaman dengan Teknisi Indonesia.