Cara Mengatasi Netflix Error di Smart TV (5 Langkah Mudah) - JandelaTV

Cara Mengatasi Netflix Error di Smart TV (5 Langkah Mudah)

Netflix adalah salah satu layanan streaming online populer yang sudah tersedia pada Smart TV Samsung, Sharp, Polytron ataupun Sony. Namun terkadang, aplikasi Netflix error di Smart TV sehingga Anda tidak bisa membukanya, ataupun Netflix yang tiba-tiba crash (macet) tanpa penyebab yang jelas.

Error yang seringkali ditemukan adalah aplikasi Netflix tidak bisa diperbarui, tidak bisa dibuka dan sering macet tiba-tiba ketika memutar film ataupun membuka menu profile. Berikut ini langkah-langkah yang bisa Anda coba untuk mengatasi Netflix tidak berfungsi di Smart TV:

Cara Mengatasi Netflix Error di Smart TV


netflix error di smart tv


1. Mulai Ulang Smart TV


Tidak ada salahnya untuk mencoba cara yang paling mudah terlebih dahulu, yaitu mencabut kabel Smart TV sekitar dua menit kemudian colokan kembali dan buka aplikasi Netflix.

Pada dasarnya langkah yang pertama ini tidak jauh berbeda dengan memulai ulang smartphone, sehingga semua aplikasi yang berjalan dilatar belakang akan berhenti secara otomatis.

Ini juga berlaku jika Android TV Anda sering crash setiap kali membuka Netflix ataupun aplikasi lainnya.

2. Logout dari Akun Netflix


Cara mudah lainnya untuk memperbaiki Netflix yang tidak berfungsi di Smart TV adalah dengan keluar sementara dari akun Netflix Anda dan kemudian login kembali. 

Atau Anda juga bisa mencoba kode konami lama. Caranya, pada layar beranda Netflix, silakan masukan urutan kode berikut: Atas, Atas, Bawah, Bawah, Kiri, Kanan, Kiri, Kanan, Atas, Atas, Atas, Atas.

Selain itu, jika Anda masih bisa membuka menu profile Netflix, Anda bisa menggunakan remote untuk menavigasi kebagian [Options], lalu pilih menu Dapatkan Bantuan atau [Get Help]. Pada menu ini, Anda juga bisa memulai ulang sesi atau menonaktifkan akun Netflix Anda.

3. Install Ulang Netflix


Mencopot lalu memasangnya lagi seringkali berhasil pada smartphone, jadi tidak ada salahnya jika Anda coba untuk memasang ulang aplikasi Netflix di Smart TV.

PENTING: Menginstall ulang Netflix berarti mengembalikan semua pengaturan Netflix seperti semula.

Untuk menghapus Netflix di Smart TV Samsung, caranya adalah sebagai berikut:

  • Tekan tombol [Home] diremote.
  • Kemudian arahkan ke opsi [Apps tab] dan pilih ikon pengaturan (gerigi).
  • Setelah itu, cari Netflix dari daftar aplikasi yang ada dan pilih [Delete].

Sekarang saatnya untuk mengunduh dan memasang ulang Netflix. Setiap merk Smart TV memiliki cara yang sedikit berbeda untuk mengunduh aplikasi, tetapi umumnya sama-sama melalui Playstore. Pastikan Smart TV Anda terhubung ke internet sebelum memasang aplikasi Netflix kembali.

  • Buka aplikasi Playstore di Smart TV.
  • Cari aplikasi Netflix pada kolom pencarian.
  • Kemudian pilih [Install].

Setelah itu, buka aplikasinya dan login menggunakan akun Netflix Anda. Jika sudah tidak ada error lagi, berarti cara ini berhasil.

4. Perbarui Aplikasi Netflix


Tidak jarang penyebab Netflix error di Smart TV adalah karena sudah lama tidak diperbarui. Pembaruan aplikasi biasanya akan menambah fitur baru, meningkatkan performa aplikasi itu sendiri dan memperbaiki bug yang ada pada versi sebelumnya.

Jadi pastikan Anda sudah menggunakan Netflix versi terbaru. Atau Anda juga bisa mengaktifkan fitur pembaruan aplikasi secara otomatis [Auto Update] di Playstore.

Singkatnya, fitur ini akan mendeteksi aplikasi versi terbaru dan mengunduhnya secara otomatis selama Smart TV terhubung ke internet.

Berikut ini cara update aplikasi pada beberapa merk Smart TV, Anda hanya tinggal menyesuaikannya saja:


5. Periksa Pembaruan Firmware TV


Terkadang Netflix error di Smart TV disebabkan karena masalah antara sistem operasi Smart TV dan aplikasi Netflix tidak kompatibel. 

Jika Anda sudah menggunakan Netflix versi terbaru namun error masih belum teratasi, kami sarankan untuk memeriksa pembaruan software Smart TV.

Update firmware pada Smart TV meningkatkan performa TV, memperbaiki bug bahkan pada kasus lain adalah untuk menambahkan aplikasi atau fitur baru pada Smart TV.

Khusus pengguna Smart TV Samsung, silakan ikuti langkah-langkah dibawah ini untuk memeriksa apakah ada software versi terbaru atau tidak:

  • Hubungkan Smart TV ke internet.
  • Tekan tombol [Menu] diremote TV.
  • Kemudian pilih opsi [Support] > [Software Update].
  • Pada menu ini juga, Anda bisa mengaktifkan fitur [Auto Update].
  • Pilih [Update Now].
  • Tunggu proses update sampai selesai. Maka Smart TV akan mati dan menyala secara otomatis. Anda akan melihat notifikasi yang memberitahu bahwa update software berhasil.

Catatan: Tampilan menu mungkin sedikit berbeda tergantung pada merk dan tipe Smart TV Anda. Tetapi biasanya, pembaruan software bisa ditemukan dimenu pengaturan, tepatnya pada bagian [Support/Dukungan].

Kami harap 5 tips diatas bisa membantu Anda untuk mengatasi masalah aplikasi Netflix error di Smart TV Samsung, LG, Panasonic, Polytron, Sharp, Sony atau Android TV lainnya. Jika Ada pertanyaan terkait artikel ini, silakan tanyakan pada kolom komentar dibawah.
Gabung Forum Teknisi Indonesia Sekarang! Klik Tombol "Gabung" untuk saling berbagi pengalaman dengan Teknisi Indonesia.

Belum ada Komentar untuk "Cara Mengatasi Netflix Error di Smart TV (5 Langkah Mudah)"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close