Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

7 Cara Agar TV Jernih Tanpa Booster yang Terbukti Ampuh

Setiap produsen televisi tentunya selalu meningkatkan kenyamaan penggunanya saat menonton TV. Namun terkadang menonton TV bisa terganggu karena adanya garis-garis, bersemut atau suara putus-putus. Lalu bagaimana cara agar TV jernih tanpa booster?

Sudah pernah dengar tentang booster? Membeli booster untuk perangkat tambahan dalam usaha menguatkan sinyal banyak dijadikan pilihan demi mendapatkan siaran TV yang jernih.

Akan tetapi, Anda simpan dulu uang untuk membeli booster tersebut, karena masih ada beberapa tips yang bisa dilakukan untuk membuat TV jernih walaupun tanpa booster. Daripada penasaran, simak ulasan lengkapnya di bawah ini.

Cara Agar TV Jernih Tanpa Booster



cara agar tv jernih tanpa booster

Beberapa tips berikut ini mungkin bisa menjadi solusi bagi Anda yang ingin mengetahui cara agar TV jernih tanpa booster sekalipun.

1. Membersihkan Antena


Seluruh benda yang bersentuhan langsung di udara, tentu tidak membutuhkan waktu lama akan kotor kembali. Nah, begitu juga dengan yang namanya antena. 

Apalagi partikel yang terkandung di dalam udara tidak hanya oksigen, tetapi ada air, debu dan masih banyak lagi. Partikel ikutan yang ada di udara tersebut bisa menyebabkan badan antena menjadi kotor, baik itu antena indoor maupun antena outdoor.

Perlu Anda ketahui, antena sendiri terbuat logam aluminium yang secara otomatis bisa berpotensi mengalami oksidasi atau yang biasa disebut karatan. 

Kotoran yang dimaksud di sini bisa dalam bentuk keran, debu, jamur, lumut yang menutupi seluruh badan antena. Jika kotoran tersebut didiamkan terlalu lama, maka antenna akan sulit untuk mendapatkan sinyal. Para pengguna antena perlu membersihkannya secara berkala.

Namun, cara untuk membersihkan antena karatan bisa dilakukan dengan menggunakan semprotan. Pernah tahu semprotan penghilang karat? Banyak produk semprotan karat yang bisa Anda cari di pasar, sama dengan jenis semprotan untuk rantai sepeda motor dan bisa dicoba untuk membersihkan jack antena juga.

2. Silahkan Cek Kondisi Kabel Antena


Kabel merupakan bagian yang tidak kalah penting bagi antena TV. Tanpa adanya kabel, mustahil sinyal yang ditangkap antena bisa disalurkan dengan efektif ke TV. 

Bahkan kabel dengan kondisi tidak layak pakai sekalipun harus diganti kalau Anda ingin transfer sinyal ke TV berjalan dengan lancar. Sering periksa kondisi kabel yang biasa dipakai, jangan sungkan untuk mengganti kabel yang memang sudah terlihat jelek.

Tanda kabel yang mengalami kerusakan biasanya bagian dalamnya mencuat keluar dari selubung. Kabel yang terputus juga masuk dalam kategori rusak. Anda sebaiknya tidak menyambung bagian kabel yang sudah terputus. 

Mendapa demikian? Karena hal tersebut dapat menyebabkan sinyal TV tidak stabil, jadi lebih baik ganti dengan kabel yang baru. Kondisi luar kabel antena yang terlihat baik, belum tentu isinya juga bagus.

Coba lihat bagian ujungnya, berembun atau tidak. Jika kabel berembun dan ditemukan air, maka bagian dalamnya bisa saja mengalami karatan. Kabel dengan kondisi tersebut perlu diganti supaya sinyal TV bisa mengalir dengan baik. 

Kabel apa yang bagus digunakan? Pilihlah kabel koaksial yang memiliki selubung 3 lapis. Dalam kabel berisi tembaga, isolator dalam, isolator luar dan juga jaket luar PVC. Lapisan kabel tebal akan melindungi bagian dalamnya dari pengaruh lingkungan.

3. Jauhkan Antena Dari Logam


Cara agar TV jernih tanpa booster bisa dilakukan dengan menjauhkan antena dari bahan lain yang mengandung logam. Hal ini dikarenakan bahan logam bisa mengganggu penerimaan sinyal. 

Misalnya Anda memasang antena di luar jendela, sedangkan jendela dilindungi oleh genteng dari bahan seng. Nah seng dari sejenis logam tersebut bisa mengintervensi penangkapan sinyal dari antena. Sebisa mungkin jauhkan antena dari benda logam lainnya tidak lebih dari jarak 2 meter.

4. Lapisi Antena dengan Aluminium Foil atau Kertas Timah


Sesuai dengan penjelasan sebelumnya, bahwa sinyal antena sensitif dari gangguan bahan logam. Nah, Anda bisa melindungi antena dengan melapisinya kertas timah atau aluminium foil yang bisa memperkuat daya tangkap sinyal. 

Sifat aluminium foil yang konduktif bisa membantu meningkatkan kemampuan antena dalam berinteraksi dengan gelombang elektromagnetik. Aluminium foil juga bisa memblok gangguan pemancar sinyal yang tidak diinginkan.

Antena yang tipis bisa menyebabkan bandwidth-nya menjadi tidak terlalu lebar, sehingga dapat beresonansi hanya dengan satu frekuensi saja. Oleh sebab itu, tidak mengherankan jika akan membuat penerimaan sinyal menjadi kurang bagus dan tidak stabil. 

Anda bisa menambahkan lembaran aluminium foil pada antena tertentu. Upaya ini dilakukan untuk meningkatkan bandwidth, tetapi juga bisa meningkatkan bukaan untuk memungkinkan antena menerima banyak radiasi.

5. Arahkan Antena dengan Pemancar yang Dekat


Cara agar TV jernih tanpa booster selanjutnya yaitu dengan mengarahkan antena pada pemancar terdekat. Oleh sebab itu, Anda disarankan untuk memilih model antena outdoor yang memang lebih baik daripada antena indoor. 

Alasannya sederhana, pada antena outdoor tidak ada elemen penghalang yang bisa menghambat jalannya sinyal. Walaupun begitu, penggunaan antenna outdoor juga belum tentu otomatis membuat TV jernih.

Kemudian arahkan antena pada stasiun pemancar yang paling dekat. Jika Anda belum mengetahuinya, gunakan Google Maps untuk menemukan arah pemancar sebagai patokan.

6. Pasang Antena Lebih Tinggi


Menempatkan antena TV lebih tinggi seringkali membantu untuk meningkatkan kekuatan sinyal yang ditangkap. Jika Anda tinggal didaerah susah sinyal atau jauh dari pemancar sinyal, Anda mungkin bisa memasang antena lebih tinggi lagi.

Ini bisa membantu menghidari antena dari banyak penghalang disekitar, seperti pohon ataupun tembok. Semakin tinggi antena dipasang, maka Anda harus memilih tiang yang lebih kuat juga, karena kemungkinan besar antena akan mudah tertiup angin.

Semakin tinggi posisi antena, maka akan semakin mudah menangkap sinyal. Pemasangan antena yang tinggi juga membutuhkan kabel koaksial yang sangat panjang. Semakin panjang kabel koaksial, daya hantar sinyal akan semakin berkurang.

Pasang antena dengan ketinggian tiang 3-7 meter. Jika ingin memasang lebih dari ketinggian itu, maka gunakan amplifier atau booster. 

7. Memanfaatkan Dua Antena


Pemakaian 2 antena bisa menjadi cara agar TV jernih tanpa booster. Hal ini bisa dilakukan karena tidak semua stasiun TV berada pada lokasi arah yang sama. Mungkin saja stasiun A,B,C lebih tepat mengarah ke barat, sedangkan stasiun D, E, F mengarah ke utara. 

Dengan menggunakan dua antena dalam satu televisi, maka akan membuat semua stasiun TV sangat jernih. Dua antena bisa digabungkan dengan menggunakan alat bernama UHF Digital Antenna Mixer.

Dua kabel pada antena akan dimasukkan ke dalam colokan input tersebut. Alat ini akan langsung meneruskannya dengan menggunakan satu kabel TV. 

Dengan menggunakan alat tersebut, maka pemasangan 2 antena bisa dilakukan dengan arah yang berbeda. Solusi tersebut bisa membuat TV Anda terlihat lebih jernih dengan lebih banyak pilihan stasiun TV.

Nah, itu dia beberapa cara agar TV jernih tanpa booster yang bisa Anda lakukan. Namun jika sudah mencoba semua cara di atas, tapi sinyal TV masih buruk, ada baiknya manfaatkan booster untuk mengatasinya. 

Matikan TV atau kabel listrik lainnya saat dalam kondisi hujan deras disertai petir, karena biasanya akan membuat tegangan antena tidak stabil dan rusak. Selain itu, sambaran petir juga bisa memicu bahaya lainnya yang tidak diinginkan.

Lihat juga:

Gabung Forum Teknisi Indonesia Sekarang! Klik Tombol "Gabung" untuk saling berbagi pengalaman dengan Teknisi Indonesia.

Posting Komentar untuk "7 Cara Agar TV Jernih Tanpa Booster yang Terbukti Ampuh"


close