Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Memprogram TV Parabola yang Tidak Ada Sinyal, Gampang!

TV parabola menggunakan sebuah perangkat yang dapat menghubungkan sinyal dari satelit langsung ke TV, perangkat itu adalah dekoder Digital Video Broadcasting Satellite (DVBS) atau receiver digital. Ketika sinyal tidak sampai ke TV, Anda bisa melakukan cara memprogram TV parabola yang tidak ada sinyal.

Umumnya, terdapat dua bagian pada TV parabola, yaitu TV parabola yang berbayar dan juga TV parabola free to air (FTA). Perbedaan antara keduanya adalah TV parabola FTA memiliki saluran TV yang bisa ditonton tanpa perlu berlangganan terlebih dahulu, jadi sinyal TV dapat ditangkap dengan perangkat dekoder DVBS atau receiver digital.

Sedangkan TV parabola yang berbayar umumnya mengharuskan penggunanya untuk membayar atau berlangganan terlebih dahulu secara berkala, di mana TV berbayar ini biasa juga disebut dengan nama TV digital.

Jika TV parabola yang Anda gunakan mengalami hilang sinyal atau tidak ada sinyal, Anda dapat melakukan beberapa cara mengatasi TV parabola tidak ada sinyal, namun sebelum itu ada baiknya jika Anda mengetahui terlebih dahulu apa saja hal-hal yang dapat menyebabkan TV parabola dapat mengalami kehilangan sinyal.



Penyebab TV Parabola Hilang Sinyal


Ada beberapa hal yang dapat menjadi penyebab dari hilangnya sinyal pada TV parabola yang digunakan, dengan mengetahui beberapa penyebab yang akan dijabarkan ini nantinya dapat membuat Anda lebih mudah untuk melakukan perbaikan.

Ada setidaknya dua kemungkinan yang menjadi penyebab TV parabola mengalami kehilangan sinyal, yaitu adanya masalah pada pemrograman TV, atau terdapat masalah berupa kerusakan pada komponen dari TV parabola. 

Untuk lebih lengkapnya akan dijelaskan di bawah ini agar bisa segera melakukan cara mengatasi TV parabola tidak ada sinyal.

1. Kabel dan Konektor yang Kendur


Jika TV parabola yang digunakan mengalami sinyal yang hilang dan timbul, maka penyebabnya paling sering bisa jadi karena kendurnya kabel beserta konektor. Selain itu, hal ini dapat terjadi juga bisa karena terjadi korosi pada parabola yang digunakan, yaitu tepatnya di konektor LNB.

2. Kesalahan Menginstal Program pada Receiver


Hilangnya sinyal pada TV parabola juga bisa terjadi karena adanya kesalahan penginstalan program pada receiver yang digunakan, yaitu DSEQ antar satelit umumnya suka salah diletakkan. 

Misalnya, ketika Anda memakai DESQ1 harusnya digunakan untuk Palapa, maka peletakannya pada DSEQ2.  Masalah lainnya juga bisa karena Switch yang dalam keadaan setengah mati atau LNB yang tidak lagi bisa berfungsi.

3. Terdapat Kesalahan dalam Memprogram


Kesalahan dalam melakukan pemrograman bisa menyebabkan hanya satu satelit saja yang menyala sehingga memungkinkan beberapa saluran tidak dapat muncul karena tidak adanya sinyal yang masuk. 

Jika hal ini terjadi, umumnya receiver hanya akan menampilkan satu satelit saja, dan kejadian ini biasanya lebih sering dialami oleh pengguna yang menggunakan receiver Hansen dan Venus.

Cara Memprogram TV Parabola yang Tidak Ada Sinyal


cara memprogram tv parabola yang tidak ada sinyal

Pada dasarnya cara memprogram TV parabola yang tidak ada sinyal tidak bisa dilakukan dengan sembarangan karena bisa saja malah membuat TV menjadi rusak. 

Namun, demi menghemat pengeluaran Anda bisa juga mencoba untuk memperbaikinya sendiri dengan catatan perlu tahu bagaimana cara yang benar.

Umumnya, sinyal pada TV parabola yang hilang terjadi lebih sering saat musim hujan apalagi yang disertai dengan angin. 

Tetapi, jika sinyal TV hilang saat tidak sedang musim hujan bisa karena adanya kesalahan pada pemrograman receiver, oleh karena itu sangat disarankan untuk melakukan tracking parabola dengan benar.

1. Terjadi Kesalahan Program


Jika tidak adanya sinyal pada TV parabola Anda karena adanya kesalahan pada program, maka Anda bisa mengatasinya dengan memprogram kembali TV parabola tersebut untuk bisa bekerja kembali dengan normal, sebab dengan memprogram ulang semua saluran yang ada menjadi solusi yang paling tepat.

Tetapi, dalam memprogram TV parabola pada bagian instalasi ini memang membutuhkan beberapa pengetahuan dasar yang lebih spesifik mengenai permasalahannya, sedangkan untuk memprogram parabola pada dasarnya sama saja antara receiver dengan merk yang satu dengan yang lain.

2. Receiver yang Tidak Connect


Receiver memiliki fungsi untuk menangkap siaran yang asalnya dari polaritas sehingga perannya memang cukup penting. Dan jika TV parabola Anda mengalami tidak ada sinyal maka bisa jadi karena polaritas tersebut perlu adanya pergantian.

Dengan catatan Anda harus tahu terlebih dahulu apakah receiver tersebut memang kehilangan fungsi atau hanya salah dalam pemrogramannya saja, ini agar cara mengatasi TV parabola tidak ada sinyal dapat dilakukan dengan baik.

3. LNB dan Switch Mati


Cara memprogram TV parabola tidak ada sinyal juga bisa dilakukan dengan mengencangkan soket kabel pada bagian LNB yang bisa jadi mengalami pengenduran, Anda bisa memeriksa bagian konektor LNB tersebut dan jika penempatannya tidak sesuai maka bisa diubah ke posisi yang benar.

Masalah ini juga dapat terjadi karena adanya kesalahan pada pemrograman untuk bagian satelit atau adanya masalah kerusakan pada bagian switch yang mati, setelah bagian tersebut berhasil dibenarkan Anda bisa mencoba untuk melakukan pemrograman ulang.

4. Periksa Kabel


Tidak adanya sinyal pada TV parabola bisa disebabkan dari kabel, dan permasalahan ini merupakan penyebab yang sering terjadi dari TV parabola yang tidak ada sinyal. Cara memperbaikinya juga mudah, Anda cukup mengecek semua kabel yang ada dari receiver ke parabola apakah ada yang bermasalah atau tidak.

Jika kondisinya masih normal, maka Anda hanya butuh mencoba memprogramnya kembali, tetapi jika tidak normal akan lebih baik untuk mencoba mengganti kabel dengan yang baru dan lakukan pemrograman ulang pada TV parabola.

5. Adanya Perubahan pada Frekuensi


Jika sinyal pada TV parabola hilang atau tidak ada, kesalahan juga bukan semuanya dari komponen atau kesalahan saat memprogram, tetapi juga ada beberapa kesalahan lainya yang dapat membuat sinyal hilang seperti adanya perubahan pada frekuensi atau bahkan bisa tergantinya satelit.

Sebab, saat ini tidak semua saluran yang berada di satelit Palapa D pindah ke Telkom 4, dengan ini, yang sebelumnya receiver channel A berada di satelit Palapa bisa saja menjadi hilang atau tidak ada sinyal sama sekali.

6. Periksa Baut yang Ada pada Parabola


Cara memprogram TV parabola yang tidak ada sinyal yang terakhir adalah dengan mengecek baut yang terpasang di parabola terlebih dahulu, sebab pemasangan baut yang tidak kuat bisa menjadi penyebab dari mudahnya parabola tergeser angin sehingga sinyal menjadi lemah atau hilang. 

Jika terjadi tidak ada sinyal bisa memeriksa baut terlebih dahulu, dan jika kendor maka bisa dikencangkan.

Lihat juga:

Gabung Forum Teknisi Indonesia Sekarang! Klik Tombol "Gabung" untuk saling berbagi pengalaman dengan Teknisi Indonesia.

Posting Komentar untuk "Cara Memprogram TV Parabola yang Tidak Ada Sinyal, Gampang!"


close