Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Menambah Satelit Telkom 4 di Matrix Burger, Praktis!

Cara Menambah Satelit Telkom 4 di Matrix Burger. Banyak sekali orang yang sering bertanya-tanya kenapa stasiun TV seperti Indosiar dan SCTV sering hilang.  Cara menambah satelit Telkom 4 ini ternyata bisa untuk dipelajari supaya kedua stasiun televisi tersebut kembali muncul.

Pastinya Anda juga bertanya - tanya mengapa dua stasiun tersebut menghilang, sebenarnya tidak hanya SCTV beserta Indosiar yang menghilang. Banyak stasiun TV yang lainnya tidak dapat muncul, penyebabnya karena satelit Palapa D memang sudah tidak beroperasi. Padahal banyak sekali stasiun TV lokal yang menggunakan satelit tersebut.

Pada saat satelit Palapa D tidak beroperasi, maka stasiun TV akan pindah ke satelit yang lainnya, yaitu satelit Telkom 4. Itulah mengapa penting sekali Anda harus tahu bagaimana caranya untuk menambah satelit Telkom 4 di Matrix Burger yang Anda miliki. 

Cara Menambah Satelit Telkom 4 di Matrix Burger



cara menambahkan satelit telkom 4 di matrix burger

Ada beberapa cara menambah satelit Telkom 4 pada Matrix Burger, berikut ini adalah caranya :

1. Mencari Tombol Menu


Pertama cari remote receiver Anda > klik [menu], nantinya di dalam menu akan ada banyak sekali fitur yang mana Anda juga dapat melakukan setup ulang dan juga menambah satelit Telkom 4.

2. Masuk ke dalam Instalasi


Pada bagian menu, Anda dapat mencari menu instalasi. Nantinya Anda ak menemukan berbagai macam satelit yang memang sudah dapat dideteksi pada receiver Matrix Burger milik Anda. Jika masih belum ada Telkom 4, Anda harus menambahkan.

3. Klik Tombol Tambah


Untuk menambah satelit Telkom 4 di Matrix Burger: klik menu tambah. Biasanya memiliki tombol yang berwarna merah > klik Telkom 4 dan isikan garis dengan 108E > jika sudah klik “OK”.

4. Lakukan Pengaturan


Pada saat Anda sudah selesai menambahkan satelit Telkom 4 di Matrix Burger, maka sudah waktunya Anda melakukan setting. Ini memiliki tujuan untuk receiver dan bisa menangkap sinyal. Ada beberapa hal yang harus Anda isi di bagian setting ini, yaitu :

  • Frekuensi satelit Telkom 4 LNB : 5150
  • 0 : PORT1
  • Transponder 3890 H 6000 / 4175 H 6000
  • 22K : OFF

Fungsi Satelit Telkom 4


Sekitar pada tahun 2017 satelit Telkom 1 mengalami gangguan yang membuat saluran parabola harus pindah sementara ke Telkom 3S. 

Barulah pada bulan Agustus tahun 2018 info pergantian untuk Telkom 1 ke satelit Telkom 4 sudah diluncurkan ke dalam orbit. Hal ini dilakukan agar bisa menggantikan slot yang kosong milik satelit Telkom 1.

Fungsi satelit Telkom 4 itu sendiri adalah untuk kebutuhan melakukan broadcaster TV nasional, misalnya Trans7, ANTV, SCTV, Indosiar, Net TV dll. 

Jika Anda masih bingung untuk melakukan tracking pada satelit Telkom 4, maka kita akan memberikan panduan untuk tracking satelit Telkom 4. 

Sebelum Anda melakukan lock di satelit Telkom 4, agar bisa mendapatkan saluran TV yang ada di parabola lebih baik masuk terlebih dahulu ke dalam frekuensi terkuat milik Telkom 4.

Posisi Satelit Telkom 4


Agar bisa mendapatkan sinyal satelit Telkom 4, Anda harus melakukan tracking satelit terlebih dahulu di parabola dan rubah arah parabola ke dalam posisi 108.8° E. 

Lalu di saat melakukan tracking Telkom 4 yang paling terbaru, agar bisa menemukan saluran TV parabola di dalam satelit Telkom 4 maka harus mengubah arah ke posisi satelit parabola.

Yang awalnya masih berada di satelit Telkom 3S dan juga Palapa maka bisa menukar posisi LNB ke Palapa dan Telkom, lalu geser parabola secara perlahan – lahan sampai mendapatkan sinyal Telkom 4 dengan maksimal.

Cara Tracking Satelit Telkom 4 dan Juga Palapa


Jika Anda memakai 2 LNB maka dapat melakukan perubahan ke dalam posisi parabola agar bisa menemukan siaran TV parabola yang ada di satelit Palapa dan juga Telkom 4. 

Agar bisa tracking satelit Palapa dan Telkom 4 Anda tidak harus melakukan perubahan pada jarak LNB. Jarak dari satelit Telkom 4 dan juga Palapa D hampir setara dengan Palapa dan Telkom 3S.

Itulah sebabnya Anda hanya harus melakukan perubahan settingan di pengaturan receiver dan berikut ini adalah langkahnya :

  • Jika posisi awal LNB 1 Telkom 3S dan LNB 2 Palapa D, maka dalam pengaturan LNB parabola hanya harus tinggal menukarnya ke LNB 1 Palapa D dan LNB 2 Telkom 4.
  • Jangan lupa juga untuk melakukan perubahan pada settingan Diseqc Switch di Telkom 4 22K OFF dan 22k ON Palapa D. Bisa juga sebaliknya sampai mendapatkan sinyal dari satelit parabola.

Tracking Telkom 4 dengan cara menggunakan positioner, untuk Anda yang melakukan pemasangan dengan menggunakan penggerak otomatis atau actuator di parabola, maka agar bisa melakukan pemasangan lock satelit Telkom 4 dapat menggunakan cara yang sangat mudah, sebagai berikut ini :

  • Tambahkan satelit yang baru pada receiver, menyesuaikan dengan info yang diberikan oleh Telkom 4.
  • Masukan bagian frekuensi yang paling kuat dan juga simbol rate satelit Telkom 4, untuk bagian frekuensi terkuat dari satelit Telkom 4 dapat dilihat di daftar frekuensi Telkom 4.
  • Lakukan perubahan arah parabola dengan menggunakan remot, Anda dapat memulai melakukan tracking Telkom 4 dari posisi awalnya yang ada di satelit Palapa, Anda rubah arah ke bagian Barat sampai mendapatkan sinyal dari Telkom 4.
  • Setelah Anda menemukan sinyal Telkom 4, lalu berikutnya tinggal melakukan proses blind scan, agar bisa mendapatkan keseluruhan transponder satelit Telkom 4.

Daftar Transponder untuk Satelit Telkom 4


Setelah kita tahu cara menambah satelit Telkom 4 di Matrix Burger, maka berikutnya Anda harus tahu berbagai daftar transponder untuk satelit Telkom 4, seperti yang ada di bawah ini:

  1. Frekuensi Trans 7 : 3855 H 6000
  2. Frekuensi Trans TV : 3890 H 6000 MPEG – 3 / SD / FTA
  3. Frekuensi ANTV : 3850 H 6000 MPEG 2 / FTA
  4. Frekuensi CNN Indonesia : 3880 H 2250 FTA MPEG – 4 / HD
  5. TVRI Papua : 3967 H 3906
  6. MTA TV : 3897 H 3000 MPEG – 2 / SD / FTA
  7. Frekuensi Temanggung TV : 3971 H 3000
  8. Frekuensi TVRI Jambi : 3933 H 3000 MPEG – 2 / SD / FTA
  9. Frekuensi Hope Channel Indonesia : 3952 H 1700 MPEG – 4 / HD
  10. Verta TV : 3952 H 1700 FTA MPEG – 4 / HD

Lihat juga:

Tengku Khamzah Fauzi
Tengku Khamzah Fauzi I'm passionate about Tech, Electronics, How-to-Guides, and I'm thrilled to have you here.
Gabung Forum Teknisi Indonesia Sekarang! Klik Tombol "Gabung" untuk saling berbagi pengalaman dengan Teknisi Indonesia.