Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Samsung Luncurkan Fitur NFT di Smart TV Terbarunya

JendelaTV.com - Menjelang dimulainya CES secara resmi, Samsung hari ini menyatakan visinya untuk smart TV di generasi berikutnya yang akan mencakup segala hal, mulai dari layanan game berbasis cloud, video call sambil menonton TV bahkan hingga NFT. 

Perusahaan mengatakan bahwa Smart TV Samsung terbaru 2022 akan dilengkapi dengan "Smart Hub" baru yang memiliki kemampuan untuk mengalihkan berbagai jenis hiburan, termasuk media, game melalui Gaming Hub baru dan "ambient".

samsung smart tv dilengkapi fitur nft

Untuk para gamers, tambahan yang paling menonjol dari fitur baru ini adalah platform untuk menemukan streaming game, Samsung Gaming Hub, yang disponsori oleh Tizen. 

LIHAT JUGACara Download Mola TV di Smart TV Android dengan Mudah

Layanan ini akan memungkinkan penyedia streaming game untuk menjalankan game mereka langsung ke TV. Hari ini Samsung mengumumkan hubungan kerja dengan Nvidia GeForce NOW, Google Stadia dan Utomik, dan akan ada lebih banyak kemitraan lainnya.

"Lewat hub konsumen TV Samsung dapat dengan mudah menelusuri berbagai judul, mencari game favorit, membelinya bahkan memainkannya.

Pengontrol game juga akan dapat langsung dipasangkan dengan Gaming Hub baru" tegas perusahaan. Pun demikian, pengguna juga dapat dengan mudah mengakses konten di Youtube selama terhubung ke internet.

Gaming Hub baru Samsung akan diluncurkan pada tahun 2022 dan akan tersedia melalui menu navigasi utama di seluruh kategori Gaming, Media, dan Lifestyle.

LIHAT JUGA: Cara Setting Smart TV Samsung Terbaru 2022

Penambahan cloud game ke Smart TV Samsung bukanlah kali pertama untuk Smart TV. Tahun lalu, LG sudah terlebih dahulu menambahkan GeForce NOW dan Google Stadia ke Smart TV WebOS-nya.

Google Stadia kompatibel untuk beberapa merk Smart TV, seperti LG, Hisense, TCL, Philips,dan masih banyak lagi. Tentu, Anda juga dapat mengakses layanan ini melalui perangkat streaming sebagai alternatif

Selain tambahan dukungan untuk gamers, lini baru Smart TV Samsung 2022 akan menggunakan tren yang populer selama satu tahun terakhir, termasuk menonton TV dan film bersama teman serta membeli dan menjual NFT.

Pada awal masa pandemi, banyak orang yang mencari cara baru untuk menghabiskan waktu bersama keluarga selama masa pembatasan Covid-19. Hal ini menyebabkan meningkatnya pengguna layanan dan fitur menonton bersama yang memungkinkan pengguna menikmati hiburan bersama-sama dirumah. 

Kabarnya Hulu, Disney+ dan Amazon Prime Video meluncurkan fitur tontonan bersama yang memungkinkan orang melakukan streaming film kapanpun dan dimanapun. 

Baru-baru ini, Apple juga meluncurkan SharePlay melalui FaceTime, yang juga mendukung Disney+ dan aplikasi streaming lainnya, seperti NBA, Paramount+, Showtime, Apple TV+ atau TikTok.

Samsung mengambil tren ini sebagai gantinya menawarkan aplikasi baru yaitu "Watch Together" yang memungkinkan pengguna untuk video call bersama teman sambil menonton film di Smart TV Samsung.

Tambahan lain yang lebih menarik untuk Smart Hub adalah dukungan untuk NFT. Platform ini akan menawarkan aplikasi yang memungkinkan pengguna untuk menemukan, membeli, dan memperdagangkan NFT mereka pada model Smart TV Samsung MICRO LED, Neo QLED, dan The Frame TV Samsung akhir tahun ini.

Pengguna akan dapat menelusuri, melihat pratinjau, membeli, serta memamerkan karya seni NFT mereka di Smart TV yang ditingkatkan lagi dengan fitur kalibrasi cerdas yang secara otomatis akan menyesuaikan pengaturan tampilan TV agar sesuai dengan rekomendasi pembuat NFT. 

Saat pengguna melihat berbagai NFT, mereka juga dapat melihat riwayat NFT dan metadata blockchain.

LIHAT JUGA: Cara Download Aplikasi di Smart TV Samsung

Ketika ditanya, Samsung tidak dapat memberikan informasi lebih lanjut tentang aplikasi NFT, termasuk siapa mitranya dalam inisiatif ini atau model Smart TV mana yang akan mendukung fitur tersebut. 

Ini membuatnya tampak seolah-olah berita itu diumumkan sebelum semua detailnya diselesaikan. (Juga tidak jelas berapa banyak permintaan di antara konsumen untuk mengakses NFT dari layar TV, dalam hal ini.)

Selain layanan yang ada dalam Smart Hub baru, Smart TV Samsung 2022 akan dilengkapi dengan aksesoris tambahan, termasuk Stand dan Wall Mount yang dapat disesuaikan secara otomatis.

Tentunya ini memungkinkan pengguna untuk memutar layar Smart TV ke arah vertikal. Mode ini akan mendukung fitur andalan dari Samsung sendiri seperti Ambient Mode+ dan Art Mode, serta aplikasi pihak ketiga seperti TikTok.
Tengku Khamzah Fauzi
Tengku Khamzah Fauzi I'm passionate about Tech, Electronics, How-to-Guides, and I'm thrilled to have you here.
Gabung Forum Teknisi Indonesia Sekarang! Klik Tombol "Gabung" untuk saling berbagi pengalaman dengan Teknisi Indonesia.