Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

3 Cara Beralih ke TV Digital Tanpa Set top Box DVB-T2

Untuk menonton siaran TV digital sebenarnya tidak harus melalui set top box saja, Anda masih bisa beralih ke TV digital tanpa STB selama televisi atau perangkat yang digunakan sudah mendukung DVB-T2 yang merupakan fitur untuk menerima dan menyimpan siaran TV digital tanpa set top box.

Adanya tahap ASO atau Analog Switch Off ini akan dilakukan secara bertahap. Siaran Analog sendiri adalah siaran yang selama ini sudah dinikmati masyarakat selama berpuluh-puluh tahun.

Untuk wilayah yang masuk ke dalam daftar ASO dipastikan tidak bisa menonton siaran Analog. Mereka harus beralih ke siaran televisi Digital. Cara beralih ke TV digital ini tidak perlu membeli tv baru karena YV Anda sebelumnya pun bisa digunakan.

Kalau TV sudah mendukung siaran digital, maka Anda tidak perlu menambahkan antena, karena siaran digital bisa diterima walaupun dengan antena UHF (analog). Namun TV yang tidak bisa beralih harus menggunakan alat penambah atau Set Top Box (STB).

Untuk lebih jelas dan gampangnya simak cara mengetahui cara beralih ke TV digital tanpa STB berikut ini.


1. Pastikan Apakah TV Sudah Digital atau Belum


Langkah pertama yang harus dilakukan saat adanya peralihan ini adalah memastikan apakah TV sudah memiliki Mode Digital atau belum. Bila TV Anda sudah siap untuk digital maka siaran bisa langsung disesuaikan.

Berikut cara untuk melihat TV Anda sudah siap Digital atau belum:
  • Migrasi TV digital ini bisa dilakukan dengan cara melihat bagian TV apakah sudah memiliki stiker digital atau belum. Bila sudah didukung dengan mode digital akan tertera stiker di antaranya. Stiker tersebut memiliki tulisan siap digital dan mendukung siaran langsung.
  • Bila ternyata TV Anda yang ada saat ini tidak memiliki stiker maka TV tersebut adalah TV analog. Lebih baik, kalau Anda ingin membeli TV baru pastikan sudah mendukung sinyal digital.
  • Melakukan pengecekan spesifikasi secara manual. Hal-hal yang harus di cek adalah bagian produk, brosur yang tertera dalam produk, dan menghubungi pihak toko yang menjual produk tersebut.
  • Cobalah untuk memastikannya melalui siaran TV-nya. Bila dalam daftar siaran TV Anda ada sumber siaran digital, lakukan scan secara langsung atau manual. Dengan cepat siaran akan berubah.

2. Menonton Channel TV Digital Tanpa STB dengan Memastikan Apakah TV Masih Analog atau Sudah Digital


Ada cara lain untuk melihat apakah TV yang Anda punya sekarang Analog atau digital. Terkadang stiker bisa saja hilang seiring berjalannya waktu. Untuk memastikan Anda bisa mengecek bagian perangkatnya.


Cara mencari perangkat TV ini harus melalui laman Kominfo. Cobalah untuk memperhatikan cara pengecekan TV analog atau digital berikut:
  • Bukalah laman resmi dari Kominfo [disini] lalu masukan tipe TV Anda pada kolom yang tersedia untuk mengetahui apakah TV Anda sudah mendukung siaran digital atau belum.
  • Lalu lanjutkan pada tahap pemilihan kategori. Bila sudah terbuka pilihlah televisi.
  • Biasanya akan ada sebuah kolom yang harus Anda isi terkait nama merk TV dan tipenya.
  • Bila TV Anda masuk pada siaran TV digital akan tertulis spesifikasi dari merk TV beserta tipenya. Kalau tidak maka layanan tersebut tidak akan tersedia untuk produk dan tipe yang sudah Anda masukan.

Itulah cara beralih ke TV digital Tanpa STB, penggunaan cara tersebut bisa dilakukan dengan mudah. Namun, Anda tidak perlu khawatir bila TV yang Anda miliki hanya menerima siaran Analog. Dengan STB anda bisa menambahkan sinyal digital pada TV tersebut.

3. Cara Pindah TV Analog ke TV Digital Tanpa STB Menggunakan Stick USB Khusus


Jika Anda memilih untuk tidak membeli Set Top Box namun tetap ingin menikmati siaran digital, maka ada alat yang lebih sederhana berbentuk stick USB khusus. Alat ini bisa dibeli melalui toko online. Untuk tutorial lebih lengkapnya, silakan tonton video dibawah ini:


Penjelasan mengenai cara beralih ke TV digital tanpa STB dan juga manfaat yang diperoleh di atas semoga mampu memberikan edukasi untuk para pembaca. Apalagi perubahan ini tidak akan dilakukan serempak hanya akan dimulai pada awal bulan April dengan prediksi selesai pada bulan November 2022. 

Lihat juga:
Tengku Khamzah Fauzi
Tengku Khamzah Fauzi I'm passionate about Tech, Electronics, How-to-Guides, and I'm thrilled to have you here.
Gabung Forum Teknisi Indonesia Sekarang! Klik Tombol "Gabung" untuk saling berbagi pengalaman dengan Teknisi Indonesia.