Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Begini Cara Mudah Mematikan Timer AC Panasonic Tanpa Ribet

Masih banyak orang yang tidak mengetahui cara mematikan timer AC Panasonic meskipun mereka dapat mengaktifkan timer AC Panasonic. Salah satu fitur yang paling menarik dalam AC Panasonic memang terdapat pada timer yang lebih memungkinkan para pengguna untuk menentukan kapan AC mati dan menyala secara otomatis. 

Pastinya fitur timer yang ada pada AC Panasonic dapat membantu Anda yang sering sekali lupa mematikan AC. Hal tersebut akan membuat biaya listrik yang disebabkan oleh pengguna AC dapat lebih hemat dan AC akan tetap awet. 

Jika Anda ingin menonaktifkan fitur tersebut dan juga tahu mengatasi berbagai permasalahan yang sering terjadi pada timer AC Panasonic, maka dapat menyimak ulasannya dalam artikel ini.

Cara Mematikan Timer AC Panasonic dengan Remote



cara mematikan timer ac panasonic

1. Siapkan Remote AC

Cara menghilangkan timer AC Panasonic bisa dilakukan dengan menggunakan remote AC, yaitu dengan cara klik tombol [Cancel] yang ada di bagian [Timer]. Lihat indikator waktu yang ada di area off timer dan juga on timer.

2. Cek Bagian Indikator


Amati pada bagian indikator waktu pada area off timer dan on timer di bagian tampilan kontrol hilang. Jika tidak terdapat tulisan yang menunjukkan waktu timer lagi, maka timer tersebut sudah berhasil untuk dimatikan, lampu timer yang ada di AC Panasonic akan mati.

Jika cara mematikan timer AC Panasonic menggunakan remote tersebut tidak berhasil, maka akan ada beberapa permasalahan yang biasanya terjadi, baik itu dalam bagian remote maupun di bagian AC yang lainnya.

Cara Mengatasi Timer AC Panasonic Nyala Sendiri


Selain terkadang kita sering menemukan orang masih kesulitan cara setting timer AC Panasonic sendiri juga ada orang yang kesulitan mengatasi kerusakan AC yang nyala dan mati sendiri. 


Kerusakan yang seperti ini memang sering terjadi terutama pada jenis AC split. Berikut ini adalah penyebabnya dan cara mengatasinya :

1. Timer di Indoor Nyala atau Aktif


Kerusakan satu ini sering sekali terjadi, umumnya para pengguna AC menyalahkan timer tetapi sering lupa untuk menonaktifkannya dan berpikir AC tersebut tidak normal. Cara mengatasinya Anda hanya harus mematikan timer lewat remote AC.

2. Thermise Otomatis AC Tidak Berfungsi


Unit AC Panasonic memang paling sering menghadapi masalah ini, hal ini terjadi karena massa dari thermise otomatis terdapat memang sudah habis. Biasanya akan mengakibatkan AC tidak dapat di remote, AC mati dan nyala sendiri. Cara mengatasinya jauhkan thermise dari evaporator indoor.

3. Switch On Off Indoor Tidak Normal


Biasanya ini sering terjadi pada AC merek lama, switch on off yang tidak dalam keadaan normal juga dapat mengakibatkan AC mati dan hidup sendiri. 

Cara mengatasinya mengganti atau membersihkan swith on off indoor AC Panasonic agar bisa menghidupkan juga mematikan timer AC Panasonic menggunakan remote. Namun, AC tidak dapat hidup atau menyala dengan menggunakan switch on off.

4. Error di Modul


Kerusakan yang satu ini dapat disebabkan karena AC tersebut terkena tegangan yang tinggi maupun voltase listrik yang rendah atau tidak normal yaitu dengan tombol switch on off dengan modul yang terjadi korsleting. Agar dapat mengatasinya coba periksa modul AC dengan memakai tester. 

Jika modul AC tidak normal maka segera perbaiki jalur yang mengalami konsleting tersebut. Namun kerusakan ini jarang sekali terjadi dan agar dapat mencegahnya usahakan menggunakan stabilizer di AC tersebut agar arus listrik yang nantinya masuk ke AC lebih stabil yaitu 220 volt.

Penyebab Timer AC Panasonic Tidak Bisa Dimatikan


Ada beberapa penyebab mengapa timer AC tidak dapat dimatikan, simak ulasan lengkapnya di bawah ini :

1. Baterai Remote AC Sudah Habis


Hal pertama yang menjadi penyebab timer AC tidak dapat dimatikan adalah baterai pada remote AC tersebut sudah habis karena sudah tidak dapat dipakai untuk mengatur timer AC, temperatur suhu, menyalakan dan lain sebagainya. 

Ciri – ciri baterai remote AC sudah mau habis adalah layar pada remote yang mulai redup dan pastikan Anda untuk menggantinya.

2. Sensor Pada AC Bermasalah atau Rusak


Jika sensor pada AC rusak maka tidak dapat digunakan untuk menonaktifkan timer AC Panasonic dengan menggunakan remote.

Biasanya hal ini disebabkan oleh mata di bagian sensor terkena air ketika mencuci AC, mata sensor tertutup dengan cap unit indoor, socket sensor kendor dan sensor lemah karena sudah lama digunakan.

3. IC Control Rusak


IC control mengalami kerusakan dan hanya bisa dilakukan perbaikan oleh teknisi AC agar dapat memperbaikinya. Hal tersebut karena kerusakan yang satu ini merupakan jenis kerusakan yang paling rumit dan tidak dapat diatasi oleh a orang awam saja.

Kenapa Timer AC Panasonic Kedip 2 Kali ?


Jika Anda akan menghidupkan AC Panasonic dengan menggunakan remote tetapi unit tersebut tidak memiliki respon dan hanya terlihat lampu timer AC Panasonic berkedip berarti memang unit AC tersebut sedang mempunyai masalah. 

Jika pada modul indikator ditandai dengan berkedipnya indikator lampu timer ini merupakan sebuah tanda telah terjadi kerusakan sehingga unit terase gagal untuk menjalankan perintah.

Ada beberapa masalah yang terjadi dari pesan error tersebut antara lain adalah :

1. Sensor Suhu Mengalami Kerusakan


Sensor suhu ini berperan sebagai salah satu alat untuk mendeteksi suhu yang terjadi secara aktual dan mengatur kinerja kompresor, apabila pendinginan ruang sudah terpenuhi maka dengan otomatis akan mematikan kinerja kompresor dan sebaliknya. Rusaknya sensor suhu ini ditandai dengan berkedipnya indikator lampu timer.

2. Outdoor Unit yang Bermasalah


Di bagian unit outdoor memiliki kompresor dan juga ada beberapa komponen elektronik pendukungnya, misalnya kapasitor, overload, dan juga kabel – kabel penghubung antara komponen tersebut.

Ini bisa menjadi penyebab aktifnya dengan cara tiba - tiba pada indikator lampu timer. Rusaknya kompresor ini juga merupakan salah satu dari penyebab mengapa lampu timer AC Panasonic sering berkedip sendiri.

3. Tekanan Pada Freon AC yang Kurang


Sama dengan cara mematikan timer AC Panasonic pada sistem unit AC akan ada beberapa brand yang di dalam produknya menggunakan indikasi jika terjadi kurangnya tekanan freon maka dengan otomatis unit AC tidak akan bekerja. 

Apabila nantinya secara kebetulan AC Anda masuk ke dalam salah satu produk tersebut, maka Anda dapat melakukan terlebih dahulu terhadap tekanan freon dengan manifold.

Apabila kurang maka Anda dapat mencari tahu dari penyebab kebocoran dan segera lakukan beberapa langkah perbaikan kepada kebocoran tersebut berdasarkan prosedur yang sudah berlaku.

Itulah cara mematikan timer AC Panasonic dan mengenali berbagai permasalahan yang sering terjadi dalam kerusakan AC sehingga nantinya Anda bisa menanganinya dengan tepat dan segera. Jika solusi diatas masih belum dapat mengatasi permasalahan Anda, maka segera datang ke tempat reparasi AC terdekat.

Lihat juga:

Gabung Forum Teknisi Indonesia Sekarang! Klik Tombol "Gabung" untuk saling berbagi pengalaman dengan Teknisi Indonesia.

Posting Komentar untuk "Begini Cara Mudah Mematikan Timer AC Panasonic Tanpa Ribet"


close