Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Memprogram TV Digital Secara Manual dan Otomatis

Jendelatv.id - Beberapa cara memprogram TV digital dapat dilakukan menggunakan remote TV. Jika Anda mengalami kendala dalam menggunakan TV digital, Anda harus mengetahui langkah yang tepat sebelum scan TV digital di set top box DVB-T2 atau perangkat lainnya.

Scan siaran TV digital juga bisa dilakukan secara otomatis dan manual. Apabila memilih cara otomatis, maka Anda hanya perlu menunggu sampai siaran TV digital dipindai, sedangkan cara manual mengharuskan Anda untuk memasukan kode frekuensi dari masing-masing siaran sebelum memprogramnya.

Cara Memprogram TV Digital Otomatis dan Manual



cara memprogram tv digital

Cara memprogram TV digital tentunya mudah, bagi Anda yang senang menonton TV, Anda bisa menyimak beberapa langkah mudah berikut:

1. Tekan Tombol Menu Remote TV

  • Langkah pertama yang dapat dilakukan adalah tekan tombol [Menu] pada remote TV Anda.
  • Selanjutnya, Anda dapat menggunakan tombol arah untuk menggeser bagian [Saluran].
  • Setelah itu, tekan tombol [Enter] pada remote dan beralih ke menu Saluran.

2. Pilih Opsi Pemindaian Saluran

  • Langkah selanjutnya, gunakan tombol arah pada menu Saluran ke opsi [Pemindaian Saluran].
  • Untuk memilih opsi pemindaian saluran, tekan tombol [Enter].
  • Biasanya tersedia pilihan pemindaian [Otomatis] ataupun [Manual], Anda hanya tinggal menyesuaikannya saja.

3. Pilih Jenis Saluran yang Akan Digunakan

  • Gunakan tombol untuk navigasi opsi Jenis Saluran yang berada di dalam menu.
  • Pilih salah satu opsi Analog, Digital, atau Semua Saluran.
  • Jika sudah memilih antara Digital atau Semua Saluran, selanjutnya tekan Enter.
  • Setelah tahap ini, TV akan memulai proses pemindaian saluran digital.
  • Jika pemindaian telah diproses hingga selesai, keluar dari menu dan mulai menjelajahi channel TV digital yang bisa didapatkan oleh TV Anda.

Penyebab Kenapa Program TV Digital Hilang


1. Colokan yang Kendur


Salah satu penyebab kenapa siaran TV digital hilang ketika memprogram TV digital adalah biasanya karena colokan yang kendur. Oleh sebab itu, pastikan terlebih dahulu apakah konektor antena pada TV terpasang dengan baik. Jika tidak, cabut kabel dari antena dan pasang kembali hingga pas agar menghasilkan sinyal lebih baik.

2. Antena Bergeser


Siaran TV digital yang hilang bisa saja dipengaruhi oleh penangkap sinyal atau antena yang bergeser. Hal ini bisa saja terjadi akibat angin kencang atau hujan. Jika antena tergeser, Anda bisa menggeser antena ke arah pemancar hingga perubahan sinyal tertangkap dengan baik.

3. Menara Pemancar


Beberapa penyebab siaran TV digital yang tidak berfungsi dengan baik bisa saja dipengaruhi oleh permasalahan transmisi sinyal dari pemancar. Hal ini yang diakibatkan juga kekuatan sinyal dari siaran digital ini belum bisa bekerja dengan maksimal. Terkadang lembaga penyiaran TV juga secara sengaja akan mematikan siaran untuk memperbaiki kualitas siaran.

Jika program TV digital kerap tiba-tiba menghilang, Anda bisa menunggu hingga perbaikan selesai. Cara lain juga dapat dilakukan dengan mengubah arah antena ke pemancar lain agar bisa menangkap siaran lebih lengkap.

4. Sinyal Pemancar Lemah


Faktor penyebab lain mengapa memprogram program TV digital kerap hilang bisa saja diakibatkan karena sinyal dari pemancar yang sangat lemah. Walaupun pada aplikasi TV digital sinyal sudah terjangkau, hal ini bisa saja tidak menghasilkan program siaran tampil dengan baik.

Anda bisa melakukan cara untuk meningkatkan sinyal TV Digital dengan menggunakan antena yang berkualitas. Gunakan antena outdoor lalu naikkan ketinggiannya dengan mengarahkan sinyal secara tepat. Anda juga bisa memakai booster TV yang bisa menangkap sinyal dengan peka. Karena biasanya, tuner yang tertanam dalam TV tidak terlalu peka dalam menangkap sinyal.

5. Kondisi Cuaca


Meski ada beberapa jenis sinyal yang tidak akan terpengaruh dengan cuaca, namun banyak saluran TV digital hilang akibat kondisi cuaca terutama saat hujan, badai petir, dan angin. Untuk menghindari kerusakan pada saluran TV, sebaiknya matikan TV sementara hingga hujan reda. Pastikan juga apakah setelah cuaca membaik, posisi antena bergeser atau masih terpasang dengan baik.

6. Kerusakan pada Tuner TV


Salah satu penyebab yang membuat program siaran TV digital menghilang, bisa saja terjadi akibat tuner TV yang bermasalah. Hal ini bisa saja terjadi karena lonjakan tegangan listrik, tersambar petir, atau terkena tetesan air.

Namun, jika kerusakan yang terjadi menunjukkan beberapa ciri-ciri seperti tidak ada tulisan menu, sinyal atau bahkan tidak hidup sama sekali, lebih baik diserahkan pada teknisi servis untuk pengecekan TV digital secara menyeluruh.

Bagaimana Cara Mengatasi Channel Program TV Digital yang Hilang?


1. Ubah Posisi Antena


Cara pertama yang paling umum dilakukan oleh banyak orang adalah mengubah posisi antena agar sinyal tertangkap dengan baik. Cara ini banyak dilakukan saat TV digital tidak menampilkan gambar yang jelas atau tidak muncul sama sekali.

Hal ini bisa terjadi akibat pemasangan posisi antena yang kurang tepat. Selain dipengaruhi oleh faktor cuaca, hal ini bisa juga karena posisi antena bergeser dengan sendirinya akibat burung yang bertengger.

Maka dari itu, Anda dapat mengecek posisi antena secara berkala apakah posisinya berubah atau tidak. Jika berubah, Anda dapat kembali memposisikan antena seperti semula dan mengikatnya dengan tali agar tidak membuat antena sudah bergeser. Langkah pertama ini perlu dilakukan jika terjadi masalah umum mengapa saluran TV digital tidak tertangkap.

2. Memeriksa Kabel Antena


Masalah umum lainnya yang banyak terjadi juga disebabkan oleh kondisi kabel antena dari TV digital yang rusak atau bahkan putus. Meski jarang disadari, cobalah mengecek secara rutin kualitas dari kabel antena yang digunakan.

Beberapa penyebab kabel antena rusak biasanya diakibatkan oleh gigitan hewan seperti tikus. Jika kabel antena yang digunakan mengalami kerusakan atau putus, Anda bisa menggantinya dengan jenis kabel yang sama.

3. Memeriksa Jack Antena


Cara lain untuk mengatasi TV digital yang hilang sinyal adalah dengan memeriksa jack penghubung antena. Jack ini memiliki peranan yang sangat penting dan berfungsi sebagai alat penghubung antena ke tuner. Jika terjadi masalah dengan jack antenan ini, maka akan berakibat TV digital tidak bisa menangkap sinyal dengan baik.

Selain itu, periksa lah apakah jack penghubung antena yang digunakan memiliki kondisi yang baik atau berkarat. Jika berkarat, maka Anda harus membersihkannya dan memastikan jack tetap bersih dari kotoran debu maupun karat agar berfungsi dengan baik.

4. Memeriksa Tuner


Cara selanjutnya adalah memeriksa tuner TV yang digunakan pada saluran TV digital Anda. Sama halnya dengan jack penghubung, Anda juga wajib mengecek tuner TV untuk memastikan tidak ada komponen yang rusak, kotor atau berkarat.

Anda perlu membersihkan tuner TV agar terbebas dari kotoran dan melakukan penyolderan ulang di bagian kaki tuner. Pastikan tegangan tuner telah sesuai dan bekerja dengan baik.

Demikian pembahasan mengenai cara memprogram TV digital hingga cara mengatasi sinyal saluran TV digital yang hilang. Beberapa cara ini bisa Anda lakukan agar sinyal dari saluran TV yang digunakan dapat tertangkap dengan baik. Semoga bermanfaat.

Lihat juga:

Tengku Khamzah Fauzi
Tengku Khamzah Fauzi I'm passionate about Tech, Electronics, How-to-Guides, and I'm thrilled to have you here.
Gabung Forum Teknisi Indonesia Sekarang! Klik Tombol "Gabung" untuk saling berbagi pengalaman dengan Teknisi Indonesia.